Home >> Perawatan Mobil >> Cara merawat dan membersihkan sarung jok mobil berbahan kulit imitasi

Cara merawat dan membersihkan sarung jok mobil berbahan kulit imitasi

Bagaimana cara merawat sarung jok mobil. Membersihkan sarung jok mobil berbahan kulit imitasi lebih mudah dari pada sarung jok berbahan fabric. Berikut cara merawat dan membersihkan sarung jok mobil yang benar. Bermacam type sarung jok mobil dari kulit imitasi merupakan salah satu jenis sarung jok yang paling banyak digunakan saat ini. Sepintas memang sangat mirip dengan kulit asli. Namun tentu saja sarung jok kulit asli jauh lebih awet dari pada yang imitasi. Meskipun berbahan imitasi kalau dirawat dengan baik dan benar cara perawatannya tentu tidak kalah dengan yang asli.

Bagaimana cara membersihkan sarung jok mobil berbahan imitasi sehingga tampilannya tetap bersih. Jok mobil merupakan tempat pertama yang langsung berhubungan dengan seluruh penumpang mobil, sehingga kebersihan dan tampilan jok mobil tetap harus di jaga sepanjang waktu. Untuk itu ikuti tips tentang merawat dan membersihkan sarung jok mobil / kendaraan yang terbuat dari bahan kulit imitasi. Lihat juga manfaat sarung mobil.

Sebelum anda membersihkan sarung jok mobil anda, alangkah baiknya jika anda mengenali bahan utama pelapis jok kendaraan anda, sehingga anda akan memperoleh hasil yang paling maksimal. Pada tutorial kali ini admin akan memberikan tips seputar perawatan jok mobil yang berbahan kulit imitasi.

Bahan sarung jok kulit imitasi dikenal juga sebagai kulit sintetis merupakan bahan yang berasal dari turunan minyak bumi yang sering disebut plastik, sehingga sifat kulit imitasi hampir mirip dengan sifat plastik. Kelebihan dari bahan sintetis ( plastik ) ini adalah ketahannya yang luar biasa. Namun demikian bahan imitasi tidak tahan terhadap suhu tinggi. Kalau dirawat dengan benar, maka sarung jok mobil berbahan imitasi ini dapat bertahan hingga bertahun tahun.

Yang perlu anda ingat bahwa sebenarnya kulit jok imitasi terdiri dari beberapa lapis. Lapisan paling atas ( luar ) yang dapat memberikan tampilan bagus sebenarnya merupakan bahan yang mudah terkelupas dan mudah koyak, sehingga jika tidak hati hati dan waspada maka sarung jok kulit imitasi anda akan mudah sobek.

jok mobil

 

Sebenarnya membersihkan sarung jok berbahan imitasi ini merupakan bahan sarung jok yang paling mudah dibersihkan jika dibandingkan dengan bahan jok lainnya seperti : jok kulit asli dan jok bahan fabric. Cukup dengan kain lembut basah maka semua kotoran dan debu akan sirna seketika, tetapi jika kotoran tetap membandel, maka biasanya menggunakan sedikit bahan pembersih sudah cukup baik untuk menghilangkan kotoran yang menempel kuat.

Hanya saja perawatan sarung jok berbahan imitasi ini terbilang cukup sulit karena kekuatan bahannya yang rendah, namun demikian jika anda merawatnya dengan benar, maka bahan jok sintetis ini dapat bertahan hingga bertahun tahun. Untuk membantu anda melakukan perawatan pada sarung jok imitasi mobil anda, maka berikut admin berikan tips cara merawat sarung jok imitasi :

1. Hindarkan dari benda benda yang berujung lancip dan tajam, karena bahan ini memang mudah sobek.

2. Hindarkan dari panas tinggi, seperti api, nyala lilin, puntung rokok yang masih menyala, dan lainnya.

3. Jika busa jok sudah mulai kempes, maka segera ganti atau isi kembali.

4. Segera bersihkan tumpahan bahan cair dengan lap kering ( kain yang menyerap ), kemudian ambil lap basah dan keringkan kembali.

5. Semoga bermanfaat.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *