Home >> Perawatan Mobil >> Cara memilih jenis jok kulit mobil yang benar

Cara memilih jenis jok kulit mobil yang benar

Bagaimana cara memilih jok kulit mobil. Saat ini tersedia berbagai macam bahan dan juga berbagai  jenis jok kulit mobil. Setiap bahan jok sarung mobil ini mempunyai kelebihan dan kekurangan masing masing, sehingga ketika memilih sarung jok kulit untuk mobil anda sebaiknya disesuaikan dengan peruntukannya dan jangan lupa untuk memilih bahan sarung jok mobil yang bagus. Ikuti tips memilih sarung jok mobil yang benar. Biasanya bawaan pabrikan menggunakan bahan jok mobil mbtech.

Besarnya Harga sarung jok mobil tergantung dari bahan kulit jok yang digunakan. Sebenarnya jenis bahan dan merek sarung jok cukup banyak, namun bahan sarung jok yang paling banyak di gunakan saat ini adalah sarung jok kulit bahan mbtech dan force / ferary. Sedangkan sarung jok bahan fabric biasanya bawaan asli pabrikan mobil. Sarung jok mobil bawaan aslinya biasanya model standar. Harga bahan jok mobil juga bervariasi tergantung dari kualitasnya.

Saat ini modifikasi pelapis jok kendaraan banyak dilakukan, terutama oleh mereka yang menginginkan perubahan suasana interior. Model sarung jok kombinasi menjadi daya tarik tersendiri. Selain lebih tampak sportif dan trendy juga tampil lebih gaya sehingga berkesan eksklusif. namun demikian pastikan anda memilih bahan jok mobil yang tidak panas.

Sebenarnya masih ada bahan sarung jok mobil yang mulai banyak di tinggalkan yakni sarung jok bahan beludru. Jok bahan beludru memerlukan perawatan khusus dan kemungkinan juga sedikit merepotkan. Itulah sebabnya mengapa jok bahan beludru ini kurang peminat. Cara membersihkan sarung jok beludru memerlukan trik khusus.

Sarung jok kulit sendiri terdiri dari dua macam, yakni bahan kulit imitasi dan bahan kulit asli. Dari segi harga sangat jauh berbeda. Namun demikian sarung jok kulit asli yang berkualitas rendah biasanya menimbulkan bau kurang sedap. Lantas bagaimana cara membersihkan sarung jok kulit imitasi. Perlu di ingat bahwa sarung kulit imitasi ini mudah robek oleh benda benda tajam.

Cara pemasangan sarung jok kulit mobil sendiri menganut 2 sistem pemasangan, yakni pemasangan secara semi permanen dan pemasangan permanen. Untuk hasil maksimal tentu pemasangan permanen lebih bagus dan sempurna. Cara pasang sarung jok permanen dengan menggunakan mesin khusus yakni Mesin double stitch, sehingga hasilnya lebih presisi, tidak kendor, dan lebih kencang. Pemasangan sarung jok secara permanen ini biasanya dengan membuka kulit jok aslinya.

jok kulit mobil

Namun jika sarung jok mobil anda masih bagus dan hanya ganti tampilan saja, maka sebaiknya pasang sarung kulit jok dengan semi permanen, meskipun hasilnya kurang sempurna namun sudah dapat merubah tampilan jok mobil anda. Hanya saja biasanya jenis pesangan semi permanen ini masih meninggalkan gelembung gelembung terutama pada lekukan lekukan jok.

Berbagai model sarung jok kombinasi ini paling banyak di gunakan oleh mobil type sport dan mereka yang berjiwa muda. Tampilan kombinasi warna jok seharusnya diselaraskan dengan interior kendaraan dan mengikuti desain interior mobil saat ini. Kombinasi dua warna jok dengan tampilan terang sedang naik daun saat ini.

Menurut bentuk dan model sarung jok serta warna sarung jok mobil yang bagus, saat ini dikenal beberapa model tampilan sarung jok seperti : model polos monotone, model polos kombinasi peforated, model two tone/dual tone, model tampilan kulit kerut, model sofa wajik berkancing, model contrast stitching, model diamond, dan lainnya. Saat ini ada berbagai macam merk sarung jok mobil yang bagus, seperti sarung jok mobil MBTech, Autoleder Dakota, Star Hides, Mastrotto, dan lainnya.

Ada cukup banyak merk sarung jok mobil terbaik dengan bahan kulit asli maupun yang imitasi. Untuk membuat suasana ruang kabin mobil lebih tampak ekslusif, maka biasanya tampilan warna sarung jok diselaraskan dengan bagian interior kendaraan yang lain, seperti dashboard, setir, list pintu, dan lainnya. Jangan lupa karpet juga sebaiknya mengikuti trend warna jok anda.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *