Home >> Perawatan Mobil >> Cara kerja sistem bahan bakar bensin pada kendaraan

Cara kerja sistem bahan bakar bensin pada kendaraan

Bagaimana cara kerja sistem bahan bakar kendaraan bekerja. Pada saat ini jenis bensin maupun solar paling banyak digunakan terutama digunakan untuk kendaraan. Sehingga kedua jenis BBM ini sangat mudah didapatkan. Bensin ( premium ) merupakan salah satu jenis BBM yang paling banyak digunakan pada kendaraan bermotor terutama mobil dan sepeda motor. Jenis bahan bakar lainnya adalah solar. Minyak solar banyak digunakan pada kendaraan besar seperti truk, bus, loader, dan untuk industri. Sedangkan premium didominasi oleh kendaraan kecil ( berpenumpang ) dan sepeda motor.

Cara kerja sistem bahan bakar bensin untuk semua kendaraan hampir sama, baik itu mobil atau sepeda motor, yaitu dengan menggunakan karburator. Karburator berfungsi sebagai media untuk mencampur bensin dan udara yang kemudian dikeluarkan atau disemprotkan dalam bentuk kabut kedalam ruang bakar.

Dengan demikian karburator merupakan komponen vital pada sebuah kendaraan. Jika karburator bermasalah tentu saja akan mengganggu kerja mesin kendaraan. Laju kendaraan akan tersendat, mesin mbrebet, mesin pincang, bahkan kendaraan akan mogok. Demikian juga dengan kerusakan busi yang berfungsi sebagai pemicu / pembakar. Setiap pemakaian 20,000 km sebaiknya diganti yang baru.

Untuk itu perawatan karburator menjadi sangat penting dan harus secara rutin dilakukan. Kebersihan komponen komponen di dalam karburator harus selalu dijaga. Paling tidak setiap ganti olie mesin dibarengi dengan servis karburator.

sistem bahan bakar bensin

Harga karburator mobil dapat mencapai jutaan rupiah tergantung dari jenis mobil anda. Paling tidak setiap enam bulan, dilakukan servis karburator mobil anda. Hal ini disebabkan karena sering mampet karena endapan lumpur halus saat pengisian bahan bakar.

Tentunya perhatian anda sebagai pemilik kendaraan tidak hanya pada karburator saja. Seluruh sistem pada kendaraan harus selalu dijaga dan dipastikan berfungsi dengan baik. Sebab jika salah satu komponen terganggu juga akan mengganggu kerja mesin secara keseluruhan.

Komponen komponen dalam sistem bahan bakar bensin

Tangki bahan bakar

Berfungsi sebagai tempat penampungan sementara sebelum digunakan. Tangki penampungan ada yang terbuat dari logam dan ada pula yang dari plastik ( fiber ). Pada kendaraaan tahun tua kebanyakan tangki BBM menggunakan bahan logam ( plat tipis ) sehingga mudah berkarat, sedang pada kendaraan keluaran sekarang sudah menggunakan bahan plastik ( fiber ).

Sekali waktu anda disarankan untuk menguras tangki BBM terutama yang berbahan logam ( timbul karat ). Setelah beberapa lama pemakaian biasanya terdapat endapan ( kotoran ) di dasar tangki.

Selang ( saluran ) bahan bakar

Saluran bahan bakar berfungsi untuk menyalurkan BBM ke karburator. Secara umum saluran / selang bahan bakar terdiri dari tiga saluran :

Saluran utama : Dari tangki ke karburator.

Saluran penguapan : Sebuah tabung arang adalah bagian dari evaporative emission control (EVAP). Yaitu sistem yang mengontrol penguapan premium yang dirancang untuk menjaga bensin dari menguap ke atmosfer. Sehingga dengan sistem EVAP akan memungkinkan asap mengalir ke dalam tabung yang berisi karbon aktif yang mampu menyerap uap BBM.

Proses ini, ditambah dengan sistem bahan bakar tertutup, dapat membantu memastikan bahwa jumlah minimal uap bahan bakar diperbolehkan untuk mencapai atmosfer.

Saluran balik : berfungsi untuk mengembalikan BBM berlebih dari karburator ke tangki penampungan.

Saringan

Berfungsi untuk menyaring BBM yang menuju karburator. Disarankan setiap 5000 km dilakukan pemeriksaan dan jika sudah sangat kotor sebaiknya diganti yang baru. Jika saringan kotor akan berpengaruh pada supply bahan bakar yang menuju karburator dan tentunya akan berpengaruh pada laju kendaraan anda.

Pompa bahan bakar

Berfungsi untuk memompa bahan bakar menuju karburator. Secara umum pompa BBM pada mobil ada dua jenis yaitu pompa elektrik yang digerakkan oleh arus listrik dan pompa mekanik yang mengikuti putaran mesin kendaraan. Baca juga daftar harga mobil toyota terbaru 2016.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *