Home >> Perawatan Mobil >> Bagaimana perawatan grand livina

Bagaimana perawatan grand livina

Bagaimana cara perawatan grand livina yang benar?. Pertanyaan ini kemungkinan sering muncul dibenak pemilik grand livina. Hal ini cukup beralasan sebab Grand Livina baru muncul di Indonesia sekitar tahun 2007, sehingga belum banyak memiliki pengalaman dalam hal perawatan mesin grand livina. Lihat daftar harga mobil nissan terbaru 2016. Nissan Grand Livina termasuk jenis mobil MPV ( Multi Purpose Vehicle ). Mobil MPV yaitu sebuah kendaraan untuk keluarga yang berfungsi untuk membawa penumpang dalam jumlah besar dan dilengkapi dengan tempat barang ( bagasi ). Kendaraan produksi pabrik Nissan ini mampu membawa 8 orang dewasa. Mesin mobil nissan tergolong tangguh untuk putaran tinggi karena putaran mesin sangat didukung oleh kompresi yang handal. Sehingga pada jalan macet justru menjadi boros bbm.

Harga baru nissan grand livina berkisar antara 170 hingga 200 jutaan lebih tergantung type, sehingga jauh di atas kendaraan sejenis seperti daihatsu xenia dan tapi hampir seimbang jenis mobil MPV lainnya, salah satunya mobil produk pabrikan toyota yakni  toyota avanza. Harga bekasnyapun masih tergolong tinggi dan cukup stabil.

Secara umum perawatan grand livina hampir sama dengan mobil mobil keluarga jenis lain. Hanya saja karena grand llivina termasuk kendaraan baru yang hadir di Indonesia, sehingga belum banyak bengkel bengkel ( non resmi ) yang mengerti dan memahami cara servis maupun perawatan kendaraan keluaran nissan ini. Dengan demikian bagi mereka yang memiliki mobil grand livina disarankan menggunakan jasa servis resmi khususnya untuk servis mesin maupun tune up.

Mobil nissan grand livina khususnya yang 1500 cc juga terbilang irit bahan bakar. Untuk pemakaian dalam kota per satu liter dapat menempuh 9 km/jam hingga 11 km/jam, sedangkan untuk keluar kota biasanya 15 hingga 17 km/jam perliternya. Hanya saja pada putaran rendah tarikan mesin kurang maksimal dan terasa berat, namun pada putaran tinggi akselarasi sangat bagus dan gesit.

Namun ada beberapa hal yang sering dikeluhkan oleh pemilik mobil nissan grand livina yaitu adanya suara ngelitik yang berasal dari dapur pacu. Timbulnya suara ngelitik grand livina ini disebabkan oleh tingginya kompresi mesin grand livina. Suara ngelitik akan lebih terdengar jika menggunakan BBM non subsidi. Dengan BBM yang beroktan tinggi tentu akan mempercepat pembakaran dan meningkatkan kompresi mesin.

perawatan grand livina

Sehingga untuk menghilangkan suara ngelitik pada grand livina sebaiknya menggunakan premium atau dengan setting ulang waktu pengapiannya. Suara ngelitik juga dapat disebabkan oleh timbulnya kerak di dapur pacu sebagai hasil dari pembakaran.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah seringnya slang plastik minyak kopling bocor. Hal ini kemungkinan terjadi karena tumpahan air aki ( accu ), sehingga jika ingin menambah air aki sebaiknya lepas dulu akinya. Hal ini lebih mudah dan lebih aman. Harga aki grand livina berkisar sekitar 600 ribuan

Perawatan grand livina sebaiknya sesuai dengan buku petunjuk perawatan. Namun jika membeli bekas tentu tidak dilengkapi dengan buku petunjuk perawatan. Untuk membantu anda merawat mobil nissan grand livina sesuai yang direkomendasikan pabrikan mobil, maka pada alinea berikutnya kami tuliskan kembali hal hal penting yang berhubungan dengan perawatan grand livina. Baca juga perawatan daihatsu xenia secara berkala.

Grand livina indonesia dibawah kendali PT Nissan Motor Indonesia telah memberikan arahan tentang pedoman perawatan mobil nissan khususnya nissan grand livina seperti berikut :

Perawatan berkala nissan grand ivina

X 1000km

20

30

40

50

60

bulan

12

18

24

30

36

Minyak rem

Air radiator
Oli mesin

Busi/Spark Plug
Filter udara

Filter oli

X 1000km

70

80

90

100

bulan

42

48

54

60

Minyak rem        √
Air radiator  √
Oli mesin

Busi/Spark Plug  √
Filter udara  √
Filter oli

NB

: ganti

Jika level berkurang maka dapat dilakukan penambahan. Gunakan oli rekomendasi pabrikan nissan yakni Nissan Genuine Oil 5W-30 SN Eco-Fully Synthetic. Baca juga harga mobil nissan grand livina, juke, march terbaru. Bandingkan juga dengan perawatan servis berkala mobil mazda.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *