Home >> Perawatan Mobil >> Bagaimana cara perawatan mobil daihatsu xenia secara berkala

Bagaimana cara perawatan mobil daihatsu xenia secara berkala

Saat membeli mobil daihatsu xenia baru secara cash maupun kredit biasanya memperoleh buku petunjuk service kendaraan. Jadwal perawatan berkala ini dapat dijadikan pedoman / petunjuk bagi pemilik mobil baru khususnya daihatsu xenia. Namun bagaimana jika anda membeli mobil bekas / second. Tentu saja anda tidak dilengkapi dengan petunjuk buku service. Padahal service secara berkala juga sangat penting meskipun hanya mobil bekas.

Untuk membantu pemilik daihatsu xenia yang kebetulan tidak mempunyai buku pedoman perawatan secara berkala daihatsu xenia, maka pada review kali ini admin akan memberikan data lengkap cara perawatan daihatsu xenia secara berkala hingga pemakaian 100.000 km. Semoga buku petunjuk perawatan ini bermanfaat khususnya pemilik xenia bekas. Melakukan perawatan mobil bisa dibilang wajib dilakukan oleh semua pemilik kendaraan. Dengan perawatan yang benar maka performa dan kenyamanan mobil anda akan tetap terjaga dengan baik.

Meskipun telah melakukan perawatan maupun service secara berkala, bukan berarti kendaraan anda akan terbebas dari kerusakan. Namanya juga mesin suatu saat tentu mengalami kerusakan. Namun demikian jika kendaraan di service secara rutin, maka akan terhindar dari kerusakan parah, karena jika terdapat gejala kurang beres pada kendaraan akan cepat terdeteksi. Apalagi jika akan pergi jauh pulang kampung.

Pada saat lebaran masyarakat kita mempunyai tradisi pulang mudik. Seperti diketahui bahwa perjalanan saat pulang mudik ini selalu mengalami kemacetan panjang dan bahkan waktu perjalanan bisa ditempuh hingga 2 atau 3 kali waktu perjalanan normal. Dengan demikian mobil anda harus siap menghadapi segala kondisi jalan, baik kemacetan panjang yang membuat mobil panas dalam jangka waktu lama. maupun berhenti dengan mesin hidup yang lama. Untuk mencegah segala kemungkinan di perjalanan, maka sebelum berangkat sebaiknya memeriksa beberapa komponen berikut, seperti :

 Ketinggian (level) oli mesin
 Air pendingin mesin ( radiator ) dan air cadangan
 Level minyak rem
 Level air washer
 Kerenggangan Drive belt
 Level zat cair baterai
 Tekanan dan kembang ban
 Kebocoran oli dan lainnya
 Semua Lampu-lampu penunjuk
 Kehandalan dan fungsi rem

perawatan daihatsu xenia

Tentu saja perawatan mobil tidak hanya terbatas pada mesin dan aksesoris internal yang berhubungan dengan sistem saja. Namun bisa juga dengan menambah berbagai macam aksesoris tambahan yang mungkin diperlukan. Seperti halnya pelindung bagian depan mobil khususnya radiator yang terletak paling depan. Sebagaimana diketahui bahwa fungsi radiator mobil sangat penting. Untuk itu bisa saja mobil xenia anda diberi pengaman tambahan yang sesuai. Sehingga justru bisa menambah atampilan menjadi lebih sportif. Seperti halnya dengan pemasangan tanduk di bagian depan mobil. Anda bisa dengan mudah beli tanduk xenia di pasaran online. Soal cara pasang tanduk depan xenia cukup mudah karena plug and play. Nah berikut data perawatan xenia secara berkala yang mesti anda jalani.

Perawatan dan penggantian berkala baihatsu xenia

pedoman perawatan xenia

Ket :

  • √ = Ganti
  • Service dilakukan menurut pemakaian ( km ) atau perhitungan bulan, mana yang tercapai lebih dahulu.

Selain penggantian secara rutin menurut tabel diatas, maka komponen lainnya tetap dilakukan pemeriksaan secara rutin. Baterai mempunyai fungsi sangat penting pada sebuah kendaraan, namun demikian kita tidak dapat menduga umur baterai. Periksa ketinggian larutan dalam baterai dan segera tambah jika berkurang.

Pada saat berkendara sebagai pengemudi sebaiknya menciptakan rasa aman dan nyaman selama diperjalanan seperti waktu mudik lebaran misalnya. Jika anda sedang dalam tahap belajar mengemudi mobil, ikuti petunjuk cara belajar mengemudi mobil dengan cepat. Mobil honda mobilio putih sedang naik daun lihat cara kredit honda mobilio. Warna mobil putih merupakan pilihan banyak orang saat ini.

Loading...

Leave a Reply