Home >> Perawatan Mobil >> Bagaimana cara perawatan mobil bekas transmisi manual maupun matic

Bagaimana cara perawatan mobil bekas transmisi manual maupun matic

Dengan perawatan yang baik maka mobil anda akan lebih awet dan tetap nyaman. Cara merawat mobil transmisi manual sedikit berbeda dengan mobil matic. Berikut petunjuk mudah cara merawat mobil. Biaya perawatan mesin mobil pada dasarnya tidak jauh berbeda antara mobil baru dengan mobil bekas. Meskipun hanya mobil bekas jika dirawat dengan baik tentunya akan senyaman mobil baru.

Perawatan mobil bekas tentu lebih ribet dari pada perawatan mobil baru. Pelajari cara merawat mobil bekas sistem manual maupun matic. Bagaimana cara merawat mobil bekas supaya performa mesin dan sistem pendukungnya tetap prima. Banyak hal yang dianggap sepele dan tidak masuk dalam agenda perawatan mobil bekas, padahal setiap bagian mobil mempunyai fungsi penting dan seharusnya mendapat porsi perawatan yang sama.

Biaya perawatan mobil antara mobil baru dan mobil bekas relatif sama. Hal ini disebabkan oleh masa penggantian spare part sama persis baik mobil baru maupun mobil bekas pada jenis kendaraan yang sama meskipun beda tahun. Dengan demikian sudah seharusnya pemilik kendaraan khususnya yang telah berumur lebih dari lima tahun lebih memperhatikan prosedur perawatan kendaraan secara teratur. Sedikit anda lengah tentunya pembekakan biaya perawatan sangat mungkin terjadi.

Perawatan mobil matic tidak sama dengan cara merawat mobil transmisi manual, meskipun sebagian besar sama. Seharusnya penggantian oli transmisi mobil matic lebih sering ( lebih cepat ) dari pada penggantian oli transmisi pada mobil manual. Secara umum biaya servis transmisi mobil matic juga lebih mahal dari pada mobil manual. Sistem transmisi pada kendaraan mempunyai fungsi yang sangat penting untuk laju kendaraan.

Banyak hal yang sering dilupakan atau bahkan mungkin kurang paham tentang cara merawat mobil. Sebagian besar pemilik kendaraan hanya fokus dan memperhatikan jadwal penggantian oli mesin kendaraan. Padahal pada kenyataanya mobil menggunakan berbagai macam jenis oli, namun demikian hanya oli mesin yang sering diganti, hal ini tentu saja merupakan langkah yang sangat keliru.

perawatan mobil bekas

Oli transmisi berfungsi untuk menjaga performa gearbox supaya tetap prima. Sebagaimana diketahui bahwa di dalam gearbox terjadi perpindahan energi gerak dari roda gila yang diteruskan ke sistem roda kendaraan. Sistem transmisi merupakan sistem untuk mengatur gigi gigi transmisi ( gear ) sehingga terjadi perpindahan percepatan kendaraan dengan berbagai tingkat kecepatan.

Semakin sering anda memindahkan gigi transmisi ke tingkat percepatan yang lain, maka semakin sering pula timbul pergesekan logam ( gigi gigi roda transmisi ). Setiap pergesekan logam sudah barang tentu terjadi ( menghasilkan ) gram gram halus. Demikian juga perpindahan gigi transmisi pada mobil matic, hanya saja perpindahan gigi mobil matic terjadi secara otomatis, sehingga tidak anda sadari. Namun demikian tetap saja menghasilkan gram gram ( serbuk logam ) setiap terjadi gesekan logam.

Kerusakan gigi transmisi semakin diperparah jika cara anda pindah gigi secara kasar pada transmisi mobil manual, sedangkan pada transmisi matic lebih terjadi karena penggunakan gigi manual yang keliru.

Yang menjadi pertanyaan adalah seberapa sering anda mengganti oli transmisi mobil anda. Sebagian besar pemilik kendaraan sangat jarang mengganti oli transmisi mobilnya dan hanya sedikit sekali yang mengganti oli transmisi secara teratur sesuai prosedur yang direkomendasikan pabrikan mobil. Bahkan hingga saat ini masih ada pemilik kendaraan pribadi yang belum pernah mengganti oli transmisi, suatu kenyataan yang ironis.

Hal lain yang tidak kalah penting adalah oli gardan. Sama seperti oli transmisi, bahwa pemilik mobil juga jarang memperhatikan prosedur penggantian oli gardan, dan bahkan lebih banyak lagi yang tidak tahu tentang oli garda. Sudah menjadi kebiasaan bahwa kita baru menyadarinya setelah terjadi kerusakan pada mobil kesayangan dan tentunya hal itu sudah terlambat.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *