Home >> Perawatan Mobil >> Bagaimana cara merawat mika headlamp mobil supaya tidak baret

Bagaimana cara merawat mika headlamp mobil supaya tidak baret

Mika headlamp mobil sering terlihat baret baret karena tidak pernah dirawat. Dengan merawat mika lampu headlamp dengan benar, maka cahaya lampu mobil tetap focus dan tidak buyar. Bagaimana cara merawat mika lampu headlamp mobil. Lampu headlamp pada sebuah kendaraan mempunyai fungsi yang sangat penting. Apakah pada sepeda motor ataupun pada mobil.

Karena lampu headlamp berfungsi sebagai penerangan di malam hari. Meskipun bohlamp masih bagus dan mempunyai nyala terang, namun ternyata cahaya yang dihasilkan kurang terang dan cenderung redup. Hal ini biasanya disebabkan oleh kerusakan pada mika headlamp. Pelajari penyebab lampu headlamp berembun.

Pada kendaraan yang telah berusia lebih dari lima tahun biasanya mika lampu headlamp mulai berwarna kekuningan. Dan jika tidak dirawat dengan benar, maka mika lampu headlamp juga akan tergores lembut sehingga akan memecahkan pancaran cahaya dari lampu kendaraan, sehingga cahaya yang dihasilkan tidak focus dan terpecah. Meskipun usia mobil anda masih terbilang baru, jika salah perawatan maka mika lampu headlamp mobil anda juga akan cepat tergores.

Dengan demikian merawat mika lampu mobil anda menjadi sangat penting dan hal ini membutuhkan perhatian tersendiri dari anda. Cara merawat mika headlamp mobil atau motor anda sebenarnya tidak terlalu sulit, bahkan dapat dibilang sangat mudah jika belum terlanjur buram dan berubah warna. Hanya saja memerlukan disiplin dan kesabaran anda. Merawat mika lampu kendaraan anda hanya membutuhkan bahan yang mudah didapat, anda hanya memerlukan air bersih dan lap lembut saja.

Bagaimana cara merawat mika lampu headlamp kendaraan supaya tetap bening dan tidak berubah warna. Warna kekuning-kuningan pada mika lampu kendaraan disebabkan oleh paparan sinar matahari secara langsung dalam waktu yang cukup lama. Dan sebenarnya hal ini tentu saja tidak dapat anda cegah, karena kendaraan memang digunakan di jalanan, sehingga mau tidak mau tentu terkena paparan sinar matahari. Hanya saja jika anda merawatnya dengan benar tentu dapat mencegahnya. Berikut beberapa tips sederhana tentang cara mencegah warna kuning pada mika lampu kendaraan :

mika headlamp

  • Ketika anda berkendara di siang hari dan kebetulan cuaca sedang panas, maka sebaiknya olesi kaca / mika kendaraan dengan cairan anti UV. Namun kemungkinan anda agak sulit mendapatkannya dan sebagai gantinya anda dapat mengoleskan WAX khusus untuk mika dengan tipis dan merata.
  • Hujan dapat menimbulkan banyak kotoran menempel pada kendaraan anda, termasuk mika headlamp. Langkah paling baik adalah cepat membersihkannya sebelum kotoran dan pasir yang menempel kering dan keras. Namun sebaiknya anda tidak langsung menggunakan lap karena hal ini dapat menimbulkan goresan pada kendaraan anda termasuk mika headlamp.
  • Ketika anda akan mencuci kendaraan, sebaiknya basahi semua bodi kendaraan beberapa kali. Hal ini berguna untuk melembekkan kotoran yang menempel. Kemudian gunakan lap lembut ( telapak tangan anda ) disertai aliran air bersih. Dan pastikan anda tidak menggosoknya kecuali dengan sangat lembut dan tanpa tekanan. Terakhir anda cuci kembali dengan menggunakan shampo khusus.

Warna kekuningan pada kaca / mika lampu mobil juga dapat disebabkan oleh penggunaan bohlamp ( headlight ) yang tidak standar. Sudah menjadi kebiasaan ketika seorang pemilik kendaraan mengganti bohlamp lampu kendaraan, sudah pasti menggantinya dengan spec yang lebih besar untuk mendapatkan cahaya atau sorotan lebih terang.

Namun di sisi lain bahwa lampu dengan spec melebihi standar juga menghasilkan panas lebih besar, sehingga akan mempercepat bagian di sekitar bohlamp menguning termasuk mika headlamp. Padahal penyebab berkurangnya cahaya lampu kendaraan bisa jadi bukan dari bohlamp melainkan dari tampilan mika headlamp yang menguning.

Namun bagaimana membersihkan tampilan mika headlamp yang terlanjur buram dan berwarna kekuningan. Untuk hal ini anda dapat menggunakan WAX khusus untuk bahan mika maupun plastik sedangkan yang berbahan kaca dapat menggunakan cairan khusus pembersih kaca yang dapat anda beli di toko asesori kendaraan. Baca info harga mobil honda terbaru update 2016.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *