Home >> Perawatan Mobil >> Bagaimana cara merawat dan menggunakan kopling mobil

Bagaimana cara merawat dan menggunakan kopling mobil

Bagaimana menggunakan kopling mobil yang benar. Perpindahan gigi kopling yang tidak pas dapat mengakibatkan plat kopling cepat aus. Sehingga kopling mobil memerlukan perawatan secara teratur dan berkala. Berikut cara merawat kopling sehingga plat kopling tidak mudah aus. Kopling mobil berperan untuk menunjang laju dan akselarasi. Tanpa perawatan yang benar maka kopling mobil akan cepat tipis dan aus. Berikut tips cara merawat dan menggunakan plat kopling mobil yang benar, sehingga tarikan mobil anda akan tetap terjaga dengan baik.

Kopling mobil mempunyai peranan dan fungsi yang sangat penting untuk menunjang akselarasi laju mobil anda, untuk itu perawatan dan penggantian plat kopling mobil harus dilakukan secara teratur sesuai dengan usia pemakaian plat kopling yang direkomendasikan pabrikan mobil anda.

Akselarasi kecepatan atau laju mobil sangat tergantung dari performa kampas kopling atau sering disebut sebagai plat kopling. Sehingga keberadaan plat / kampas kopling kendaraan anda harus tetap dijaga dengan baik. Kampas kopling mobil juga cepat rusak ( tipis ) jika cara penggunaannya salah. Kadang keausan kampas kopling ini juga disebabkan cara setelnya yang salah. Sehingga dalam jangka waktu tidak lama anda harus ganti plat kopling kendaraan.

Cara kerja kopling cukup sederhana. Ketika pedal kopling di injak, maka sistem gigi transmisi terbebas dari pengaruh putaran roda gila dan bersamaan dengan itu clutch plate ( plat kopling ) tidak saling bersinggungan, sehingga putaran mesin tidak dapat diteruskan ke sistem gigi transmisi ( putaran roda kendaraan ).

Cara menyetel kopling yang salah, ketika kopling di injak penuh clutch plate masih sedikit bersinggungan, sehingga lama kelamaan akan menipis. Atau ketika kopling dilepas seharusnya plat kopling menempel sempurna.

menggunakan kopling mobil

Cara kerja kopling semua kendaraan sama baik sepeda motor maupun mobil. Hanya cara settingnya yang berbeda karena mempunyai bentuk berlainan. Kalau cara setting kopling sepeda motor memang cukup mudah, tidak demikian dengan mobil yang memerlukan sedikit pengalaman.

Fungsi kopling mobil pada dasarnya hanya menghubungkan putaran mesin dengan putaran roda, sehingga roda ban mobil dapat bergerak. Namun demikian jika plat kopling telah tipis karena aus, maka tarikan maupun laju kendaraan akan sangat berkurang. Keausan plat kopling pada mobil biasanya ditandai dengan bau hangus ketika terjadi kemacetan di tanjakan, karena mobil memerlukan tenaga ekstra saat mulai bergerak maju. Disamping itu akselarasi juga banyak berkurang.

Bagaimana cara merawat plat kopling supaya awet dan tetap eksis. Perawatan plat kopling kendaraan yaitu memastikan kerja kopling secara maksimal dan menggunakan / memindahkan kopling dengan benar.

Cara menggunakan kopling ( memindahkan gigi) kendaraan yang benar :

  1. Pastikan saat star / menghidupkan mobil anda posisi kopling netral.
  2. Tunggu hingga beberapa menit ( oli mesin bekerja melumasi semua komponen ).
  3. Pada saat mulai jalan Injak kopling secara penuh dan pindahkan tuas kopling ke gigi satu. Pastikan anda memindahkan / menggeser tuas kopling dengan lembut ( jangan dipaksa )
  4. Tarik pedal kopling secara perlahan dan dibarengi dengan injakan gas dengan perlahan juga. Jangan sekali kali menarik pedal kopling dengan cepat, karena mobil akan loncat atau mati mendadak.
  5. Setelah kendaraan sedikit bergerak, terus melepas pedal kopling dengan tambahan injakan gas.
  6. Demikian juga ketika akan memindahkan ke gigi 2, 3, dan seterusnya.

Kadang sebagian pengemudi tidak sadar ketika kendaraan sedang melaju dan kaki kiri masih menempel pada pedal kopling. Hal demikian tidak dibenarkan karena dapat mempercepat keausan plat kopling.

Ketika anda sedang berada di tanjakan, maka sebaiknya tidak menggunakan setengah kopling, kecuali hanya sesaat saja, karena jika terlalu lama dengan setengah kopling juga dapat mempercepat tipisnya plat kopling.

Demikian juga ketika anda merasakan bau menyengat yang di akibatkan plat kopling panas, maka sebaiknya meminggirkan mobil anda dan berhenti sesaat untuk beberapa menit supaya plat kopling dingin kembali. Jika anda paksakan justru dapat mempercepat tipisnya plat kopling mobil anda.

Pastikan sistem transmisi mobil anda terbebas dari lumpur maupun air, hal ini dapat mengakibatkan plat kopling lengket. Jika anda tidak memperhatikan cara menggunakan kopling kendaraan dengan benar, maka penggantian kampas kopling anda menjadi semakin cepat.

Harga kampas kopling lumayan mahal, untuk mobil murah semacam xenia 1000 cc saja dapat menghabiskan dana sekitar 800 ribuan. Namun untuk mobil 1300 cc harga plat kopling dapat mencapai 1 jutaan. Pada dasarnya harga plat kopling tergantung dari isi silinder kendaraan.

Cara kerja plat kopling motor hampir mirip dengan cara kerja plat kopling mobil. Pada pemakaian hingga 20 ribuan km biasanya plat kopling motor sudah mulai menipis.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *