Home >> Perawatan Mobil >> Bagaimana cara mengatasi overheat mesin mobil di tengah jalan

Bagaimana cara mengatasi overheat mesin mobil di tengah jalan

Bagaimana cara mengatasi mesin mobil overheat di perjalanan. Berbagai masalah dapat menyebabkan mesin mobil anda mengalami overheating saat melaju di perjalanan. Namun demikian banyak diantara pemilik mobil yang masih kebingungan saat panas mesin mengalami kenaikan secara dratis. Berikut tips dan cara mengatasi mesin mobil mogok karena overheat.

Banyak penyebab terjadinya overheating pada kendaraan, namun yang paling umum disebabkan oleh berkurangnya air radiator mobil. Meskipun sebenarnya kurangnya air radiator mobil merupakan sebuah akibat dari sistem yang terganggu. Oleh sebab itu mencari biang keladi dari oveheating kendaraan merupakan langkah bijaksana dari pada hanya menambah air radiator saat mobil mengalami oveheat.

Penyebab overheat dapat bermacam macam, sehingga anda harus dapat berfikir cepat dan segera mengambil tindakan pencegahan maupun penyelamatan sehingga masalah overheating mobil anda tidak terus berlanjut.

Secara umum penyebab overheat pada mobil dapat disebabkan oleh beberapa keterangan berikut :

Terjadinya overheating ini disebabkan oleh kurangnya perawatan dan perhatian anda terhadap kinerja mesin mobil anda, hal ini meliputi :

Sirkulasi air radiator terhambat : Meskipun anda sudah menggunakan cairan radiator yang paling bagus ( sesuai dengan kriteria air radiator ), namun bagaimanapun juga tetap menimbulkan residu ( kerak ) jika digunakan dalam jangka waktu cukup lama. Residu akibat pemanasan mesin ini akan menjadi penghambat dan mengakibatkan tidak lancarnya sirkulasi air radiator.

Suara mesin ngelitik / engine knocking : Penyetelan waktu pengapian yang tidak tepat atau penggunaan BBM yang tidak sesuai dengan performa mesin mobil. Dapat menyebabkan pembakaran tidak sempurna sehingga mengakibatkan suara mesin ngelitik. Hal demikian dapat mempercepat panasnya mesin mobil.

Tinggi level oli mesin berkurang : Meskipun jarang terjadi, namun saat melakukan perjalanan jauh, sebaiknya anda cek level oli mesin. Kurangnya oli mesin dapat mengakibatkan panas cepat meningkat.

Putaran kipas radiator berkurang : Pada mobil mobil keluaran lama biasanya putaran kipas radiator mengikuti putaran mesin, sehingga saat mobil berhenti karena jalan macet, maka air radiator akan cepat panas dan hal ini dapat mengakibatkan overheating. Meskipun pada mobil mobil keluaran terbaru telah menggunakan dinamo motor untuk memutar kipas pendingin pada radiator, tentunya tidak akan terbebas dari masalah overheating yang disebabkan oleh radiator jika dinamo motor telah melemah.

overheat mesin mobil

 

Penyebab overheat sebenarnya tidak terlalu rumit dan masalah mesin mobil overheat sebenarnya terjadi karena panas air radiator meningkat secara tidak wajar. Untuk mengatasi mesin overheat juga tidak sulit. Berikut tips cara mencegah terjadinya overheat pada mobil.

  • Cek ketinggian air radiator saat akan melakukan perjalanan jauh ( pulang mudik ).
  • Ganti air radiator dengan water coolant secara berkala, biasanya setiap 20.000 km pemakaian.
  • Ganti selang pendingin radiator jika sudah mulai kelihatan retak. Selang yang sudah berumur dapat menimbulkan kebocoran setiap saat.
  • Untuk membatu proses pendinginan sebaiknya anda membersihkan radiator secara berkala.

Saat menempuh perjalanan jauh luangkan waktu untuk melihat jarum penunjuk panas mesin, sehingga perubahan panas cepat terdeteksi.

Terjadinya mesin overheat sering terjadi khususnya saat musim kemarau yang panas terik, di samping itu banyaknya debu yang beterbangan juga ikut menyebabkan panas radiator meningkat. Lihat daftar harga radiator mobil. Dengan demikian anda sebagai pemilik mobil sudah seharusnya membersihkan debu yang menempel pada kisi kisi radiator paling tidak sebulan sekali.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *