Home >> Perawatan Mobil >> Bagaimana cara menambah fungsi ac pada mobil

Bagaimana cara menambah fungsi ac pada mobil

Berbagai cara dapat dilakukan untuk menambah fungsi ac pada mobil anda. Bagaimana cara mudah dan aman sehingga fungsi ac mobil anda dapat bertambah baik. Meskipun tanpa biaya anda masih dapat menambah dinginnya ruangan dashboard mobil anda. Berikut admin tunjukkan cara menjaga dinginnya ruang dashboard mobil. Pada kenyataannya banyak terjadi masalah pada sistem ac mobil. Masalah paling umum adalah kurang dinginnya ac mobil yang disebabkan oleh berbagai persoalan yang berkaitan dengan cara kerja ac yang kurang maksimal. Namun sebagian besar pemilik kendaraan sering sekali salah perkiraan, sehingga cara penanganannya juga sering keliru.

Di samping itu meskipun sistem ac normal, namun tetap saja ruang dashboard kurang dingin. Hal ini terjadi pada mobil mobil yang masih menggunakan sistem ac single blower. Sebagai contoh mobil xenia LI yang masih menggunakan ac single blower dengan ruang kabin yang cukup luas, sehingga dinginnya udara ac tidak sampai ke bagian belakang ( kursi belakang ).

Meskipun anda dapat menambah atau merubah sistem ac menjadi doble blower, tentu saja anda harus mengeluarkan biaya lumayan besar karena harus mengganti kompresor ac yang lebh besar. Disamping itu merubah sistem ac mobil dari single blower menjadi doble blower bukan berarti tanpa masalah. Hal ini berkaitan dengan performa mesin mobil. Jika dipaksakan akan mengakibatkan performa mesin mobil menurun dan tarikan menjadi berat. Karena bagaimanapun juga pabrikan mobil telah menyesuaikan sistem ac dengan performa kendaraan.

Ada tips mudah bagaimana cara menjaga saluran outlet kompresor ac tetap dingin sepanjang jalur sistem ac. Sebagaimana diketahui bahwa sebagian besar sistem ac terletak di kap mesin depan kendaraan, di mana ruangan dalam kap mesin depan tentunya sangat panas karena adanya pembakaran dalam ruang bakar saat mesin hidup, sehingga udara panas yang ditimbulkan juga berpengaruh pada sistem ac kendaraan.

Untuk menjaga saluran udara dingin yang keluar dari outlet kompresor ac, tentunya anda dapat membungkus saluran sistem ac, sehingga udara dingin tetap terjaga dengan baik dan tidak berkurang akibat panas mesin. Seperti anda lihat pada gambar berikut.

sistem saluran ac

Untuk menjaga fungsi kondensator ac tetap dalam keadaan prima, maka disarankan membersihkan kisi kisi kondensator ac secara teratur. Paling tidak sebulan sekali anda harus membersihkan kisi kisi kondensator ac mobil anda.

Cukup dengan semprotan angin bertekanan dan kemudian dengan semprotan air bersih, maka kisi kisi kondensator akan tetap bersih, sehingga dapat berfungsi dengan baik. Dengan demikian sistem ac mobil anda akan tetap berfungsi dengan baik meskipun hanya menggunakan single blower.

Disamping itu anda juga tetap harus tetap menjaga sistem pendingin mesin selalu dalam keadaan baik dan berfungsi normal. Jangan lupa selalu bersihkan kisi kisi radiator secara berkala. Pada kenyataannya kisi kisi radiator maupun kisi kisi kondensator selalu tertutup oleh debu debu halus, dan hal ini sangat mengganggu fungsi kerjanya spare tersebut.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *