Home >> Perawatan Mobil >> Bagaimana cara membersihkan jamur kaca mobil

Bagaimana cara membersihkan jamur kaca mobil

Banyak pemilik mobil tidak mengerti cara membersihkan jamur kaca mobil, padahal menghilangkan jamur kaca mobil cukup mudah. Harga pembersih jamur kaca mobil juga cukup murah. Cairan pembersih jamur pada kaca mobil banyak di jual di toko toko penjual spare part mobil atau anda dapat membelinya di super market.

Bagaimana sih cara membersihkan jamur pada kaca mobil. Anda hanya memerlukan obat pembersih jamur pada kaca mobil dan lap lembut ( majun ) maka jamur di kaca mobil anda akan hilang seketika. Paling tidak hingga bulan kaca mobil anda akan terbebas dari jamur kaca. Berikut petunjuk lengkap cara menghilangkan jamur pada kaca mobil. Teliti kaca mobil anda apakah berjamur. Ikuti langkah mudah membersihkan jamur kaca mobil dengan cepat. Jamur kaca timbul karena hujan dan panas. Jamur kaca juga dapat berkembang biak pada mobil yang tertutup sarung mobil dalam waktu cukup lama.

Jamur kaca mobil sangat mengganggu pandangan anda saat mengemudi. Bagaimana cara mudah membersihkan jamur kaca pada mobil. Baca petunjuk cara membersihkan kaca mobil dari gangguan jamur. Jamur kaca cepat berkembang pada musim hujan.

Kebersihan kaca mobil terganggu oleh tumbuhnya jamur khususnya pada musim hujan. Bagaimana cara membersihkan kaca mobil yang diakibatkan oleh jamur. Jamur kaca mobil dapat merusak tampilan kaca mobil anda, di samping itu jamur kaca mobil juga menghalangi pandangan anda saat berkendara. Saat ini banyak di jual pembersih jamur kaca mobil. Harga jamur kaca mobil tidak terlalu mahal hanya beberapa puluh ribu saja.

Kaca mobil mempunyai fungsi yang sangat penting bagi seorang pengemudi. Sehingga menjaga kebersihan kaca mobil dari pengaruh jamur kaca harus secara rutin dilakukan. Keamanan dan kenyamanan saat berkendara juga sangat tergantung dari kondisi kaca mobil anda. Ikuti petunjuk cara membersihkan dan merawat kaca mobil dengan benar.

Kebersihan kaca mobil dapat membantu penglihatan anda saat mengemudi dan sangat berbahaya mengemudi dengan kondisi kaca mobil buram karena tertutup jamur kaca, sehingga menghalangi penglihatan anda terhadap kondisi jalan di depan anda.

jamur kaca mobil

Harga kaca mobil ini lumayan mahal, sehingga sebaiknya anda merawatnya dengan teratur dan teliti. Penggunaan kaca mobil dalam kendaraan ada dua macam. Pertama kaca mobil untuk samping dan belakang dan kedua kaca mobil untuk bagian depan.

Menurut jenisnya kaca mobil dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu :

  1. Kaca mobil jenis lamisafe (LAMINATED GLASS) : Kaca jenis lamisafe di pasang pada kaca depan. Jenis kaca mobil ini pada bagian tengahnya dilapisi oleh lembaran film yang berfungsi untuk menghalau sinar ultra violet dari pancaran sinar  matahari. Lembaran film ini juga difungsikan untuk mencegah kaca berhamburan ketika terjadi benturan. Sehingga ketika ada tusukan benda tumpul maupun benda tajam, kaca depan mobil tidak langsung pecah berhamburan, tetapi hanya timbul retakan saja, karena pecahan kaca masih menempel pada lapisan film.
  2. Kaca mobil jenis temperlite (TEMPERRED GLAS). Kaca jenis TEMPERRED GLAS ini di pasang pada bagian belakang dan samping mobil. Jenis kaca mobil ini jika terjadi benturan akan pecah berhamburan berbentuk kristal ( tidak tajam ). Pembuatan kaca jenis ini yaitu dengan pemanasan hingga sekitar 650°C dan langsung didinginkan secara mendadak.

Penggunaan kaca mobil pada dasarnya mengacu pada keselamatan saat berkendara, sehingga dibuat sedemikian rupa sehingga saat terjadi kecelakaan, maka penumpang mobil tidak cidera akibat pecahan kaca. Namun demikian masih kita temukan pada beberapa kendaraan khususnya kendaraan transportasi yang menggunakan jenis kaca biasanya pada armadanya. Hal ini sangat disayangkan karena dapat melukai penumpangnya saat terjadi kecelakaan, hanya karena mencari harga murah.

Jamur kaca mobil mudah terbentuk saat musim hujan. Sehingga menghilangkan jamur kaca secepatnya sebelum menempel terlalu lama pada kaca mobil anda merupakan tindakan yang bijaksana. Jamur kaca jika dibiarkan terlalu lama dapat merusak lapisan, kaca mobil anda dan akan sulit dibersihkan (terdeformasi).

Bagaimana cara membersihkan jamur kaca. Saat ini telah banyak di jual pembersih jamur kaca dan cara menggunakannya sangat mudah. Membersihkan jamur kaca mobil tidak memerlukan keahlian khusus, sehingga anda dapat membersihkan kaca mobil anda yang berjamur.

Harga obat jamur kaca cukup murah. Anda dapat membelinya di tempat aksesoris mobil atau di toko toko biasa. Kadang juga ada yang menawarkan obat jamur kaca dari rumah ke rumah. Namun biasanya harga yang ditawarkan penjual keliling jamur kaca bisa 2 hingga 3 kali lipat dari harga aslinya. Harga obat jamur kaca hanya 30 hingga 50 ribuan saja.

Berikut cara mudah membersihkan jamur kaca :

  1. Saya anggap anda telah memiliki obat jamur kaca.
  2. Parkir mobil anda di tempat teduh dan terbebas dari pancaran sinar matahari.
  3. Sediakan lap, selang air, dan sedikit busa.
  4. Oleskan obat jamur kaca dengan menggunakan busa ( sebaiknya anda menggunakan sarung tangan karet ) dengan merata. Namun jika anda menggunakan merek GLASSMEAR anda dapat langsung memoleskannya karena sudah dilengkapi dengan busa di bagian ujungnya.
  5. Setelah merata langsung bilas dengan air bersih.
  6. Jangan biarkan obat jamur kaca mengering pada kaca mobil anda karena dapat merusak lapisan kaca mobil dan akan sulit dibersihkan.
  7. Terakhir teruskan dengan mencuci mobil anda secara keseluruhan.

Dengan cairan pembersih kaca, maka tampilan kaca mobil anda akan selalu kinclong dan terbebas dari tumbuhnya jamur yang menghalangi pandangan saat mengemudi. Paling tidak 6 bulan sekali anda membersihkan jamur kaca. Baca juga cara belajar mengemudi dengan cepat.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *