Home >> Perawatan Mobil >> Awas! kebiasaan cara merawat mobil yang tidak benar

Awas! kebiasaan cara merawat mobil yang tidak benar

Sudah benarkah cara anda merawat mobil. Kebiasaan kebiasaan dalam merawat mobil yang tidak benar justru berakibat pada berkurangnya usia mobil anda. Sudah banyak keluhan tentang hal ini, seperti : cat mobil yang pudar, mesin cepat panas, AC tidak dingin, kaca cepat buram, dan keluhan keluhan para pemilik mobil yang hampir sama yakni kenyamanan saat berkendara sudah banyak berkurang bila dibandingkan saat mobil baru di beli. Salah siapakah ini!. Sebelum menyalahkan yang lain terutama produsen mobil yuk kita lihat bagaimana cara anda merawat mobil kesayangan.

Soal kenyamanan saat berkendara antara mobil baru dengan mobil bekas sudah barang tentu berbeda. Meskipun anda baru saja membeli mobil baru jika tidak di rawat dengan cara yang benar maka baru beberapa bulan saja sudah timbul banyak keluhan umum seperti di atas. Lantas bagaimana cara merawat mesin mobil yang benar. Bagaimana pula cara merawat cat mobil supaya tidak gampang pudar.

Kalau diperhatikan sih cuma beda beda tipis antara perawatan mobil yang benar dan yang salah. Sebab secara umum dampaknya tidak langsung kelihatan. Seperti saat anda mencuci mobil dengan cara apapun hasilnya sama yakni mobil menjadi bersih dan kinclong meskipun caranya “salah”, namun jika kesalahan dalam mencuci mobil ini terjadi terus menerus ( meskipun tidak anda sadari ), maka dalam beberapa bulan saja mobil yang tadinya mempunyai cat bodi yang aduhai ( kilap ) sekarang menjadi lebih buram. Dan untungnya hal ini terjadi tanpa anda sadari juga.

Demikian juga dengan mesin mobil yang dulunya sangat respon sekali akselarasinya, eh sekarang gerakannya kok menjadi lemah gemulai. Ada apa ini sebenarnya. Padahal penggantian suku cadangnya teratur dan barangnya ori semua. Penggantian oli juga teratur dan bahkan ganti sebelum waktunya. Dari pada bingung bingung mencari penyebabnya, yuk kita lihat beberapa petunjuk berikut.

cat mobil kilap
cat mobil terawat

Beberapa kesalahan dalam perawatan mobil

Perawatan AC mobil

Berkendara di iklim tropis seperti di negara kita ini tentunya memiliki mobil dengan hembusan udara AC dingin sangat di perlukan. Tanpa perawatan yang benar tentunya AC mobil anda akan sering bermasalah dan akibat dari semua itu maka hembusan angin yang keluar dari kisi kisi blower AC sudah tidak sedingin dulu lagi, padahal sudah tambah freon segala. Hal ini sudah saya bahas pada artikel sebelumnya, silahkan cek di kebiasaan buruk saat berkendara.

AC mobil anda juga harus mendapatkan perawatan yang benar. Kerusakan sistem AC paling sering terjadi pada magnetic clutch yang mudah jebol karena arang terkikis, sehingga lama kelamaan hembusan angin blower tidak maksimal yang disebabkan berkurangnya putaran kompresor AC. Silahkan pelajari sistem kerja AC mobil sehingga anda lebih paham bagaimana sebaiknya cara merawat komponen dalam sistem AC mobil.

Perawatan Cat mobil

Apapun jenis cat yang digunakan pada mobil anda akan tetap pudar jika salah dalam merawatnya. Perawatan cat bodi mobil biasanya berhubungan erat dengan bagaimana cara anda ketika mencuci mobil. Semua juga tahu bahwa mencuci mobil dengan detergent ( sabun colek ) dapat merusak cat mobil.

Meskipun anda menggunakan shampo mobil mahal sekalipun jika cara mencucinya tidak benar, maka tetap saja tampilan cat mobil anda akan pudar. Penggunaan shampo mobil khusus hanya salah satu dari cara mencuci mobil yang benar, masih ada beberapa petunjuk tentang bagaimana cara mencuci mobil supaya cat tidak pudar. Hal ini telah saya bahas sebelumnya, silahkan membuka kembali di tahapan cara mencuci mobil supaya cat tidak pudar.

Memanaskan mesin mobil

Kita ini sering banget mengikuti kebiasaan kebiasaan yang salah. Sering pula kita dengar para tetangga saat menghidupkan mobil di pagi hari dengan menginjak injak gas supaya mesin mobil cepat panas ( katanya ). Yah memang benar sih mesin mobil jadi cepat panas, malah kelebihan lagi panasnya ( ha ha ha ). Dan baiknya pula anda juga sering mengikuti kebiasaan kebiasaan demikian tanpa mau tahu mana yang benar dan yang salah.

Mobil mobil generasi baru sebenarnya tidak memerlukan pemanasan mesin secara berlebih, bahkan sebelum anda berangkat pergi ke kantor cukup menghidupkan mesin ( ± 5 menit ) tanpa perlu dengan injakan gas segala sudah cukup bagus untuk pelumasan logam logamnya.

Penempatan logam mesin mobil sekarang sangat presisi banget, sehingga jika anda injak gas saat pagi hari yang nota bene logam mesin belum mengalami pelumasan sempurna dan langsung di putar kencang ( injak gas ). Tentunya anda tahu akibatnya. Terjadinya gesekan logam mesin sebelum pelumasan sempurna tentu dapat menghasilkan gram gram halus yang sebenarnya tidak perlu terjadi.

Jarang Spooring dan Balancing

Sudah kebiasaan kita bahwa selama mobil di pakai masih enak tidak pernah terpikirkan dengan perawatan mobil yang namanaya spooring & balancing. Ada saja alasan yang dikemukakan, seperti tidak pernah pergi jauh, setir kemudi masih lurus, setir tidak getar, dan lainnya. Padahal sesuai dengan petunjuk perawatan pabrikan mobil bahwa spooring & balancing sebaiknya dilakukan setiap 10.000 km atau 20.000 km sekali.

Akibat dari tidak pernah melakukan spooring & balancing maka bisa mempercepat keausan kembang ban mobil bahkan membuat konsumsi bahan bakar semakin boros. Memang sih kalau kita mengikuti semua petunjuk arahan pabrikan mobil bisa bisa membuat kantong bolong karena tahu sendiri servis mobil itu muahal banget. namun demikian juga jangan sampai kebablasan alias tidak pernah servis sama sekali dan paling paling hanya ganti oli doang. Tentang spooring & balancing silahkan membaca petunjuknya di kapan seharusnya spooring dan balancing.

Sebenarnya masih cukup banyak sih kebiasaan kebiasaan kita yang salah terutama bagi kawula mudanya yang masih sering merokok di dalam mobil. Namun hanya beberapa hal di atas saja yang paling pokok yang semestinya anda perhatikan supaya mobil anda tetap nyaman dan selalu menjadi pusat perhatian

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *