Home >> Perawatan Mobil >> Apa tanda tanda dan gejala plat kopling mobil tipis

Apa tanda tanda dan gejala plat kopling mobil tipis

Secara umum plat kopling mobil tipis biasanya mempunyai tanda tanda maupun gejala gejala khusus, sehingga sebelum benar benar habis sebaiknya melakukan penggantian secepatnya. Pelajari lebih lanjut kerusakan dan gejala umum yang terjadi pada kampas kopling mobil anda. Kampas kopling pada kendaraan khususnya mobil dan sepeda motor berfungsi sebagai penerus ( penghubung ) dan pemisah antara energi putar ( dapur pacu ) dengan putaran mesin ( gearbox ) yang diteruskan ke bagian putaran akhir yakni sistem roda kendaraan. Sehingga jika kerja plat kopling ini berkurang akan berdampak langsung pada akselarasi kendaraan.

Kerja kampas kopling pada mobil maupun motor dapat dipengaruhi oleh ketebalan plat kopling maupun cara setel ( settingnya ). Sehingga jika salah setting akan berdampak pada kurangnya akselarasi / tarikan kendaraan, disamping itu juga mempercepat tipisnya kampas kopling.

Kerenggangan plat kopling memang harus pas sehingga perlu dikerjakan oleh mereka yang berpengalaman. Dengan demikian sebaiknya percayakan penggantian plat kopling kendaraan anda pada bengkel bengkel resmi sesuai dengan kendaraan anda atau pada bengkel bengkel yang telah mempunyai reputasi yang baik.

Sistem kopling sebenarnya hanya berfungsi sebagai penyambung dan pemisah energi putaran kruk as / crank saft dengan putaran roda gila yang diteruskan ke poros roda. Cara kerja kopling pada mobil terjadi di dalam sistem transmisi. Perpindahan gigi transmisi mobil manual dipermudah dengan adanya tuas porsneleng.

Karena pentingnya fungsi dan kerja plat kopling ini, maka anda sebagai pemilik kendaraan sudah seharusnya mengetahui dan memperhatikan gejala yang timbul berhubungan dengan sistem kopling pada mobil anda. Namun demikian tidak hanya pada mobil, tetapi pada kendaraan roda dua juga mempunyai gejala umum sama.

plat kopling mobil

Berbagai tanda tanda maupun gejala gejala umum ketika kampas kopling mobil mulai tipis, maka biasanya menunjukkan hal hal seperti berikut :

  1. Akselarasi atau tarikan mobil sangat berkurang.
  2. Pemakaian bahan bakar boros, berbeda dengan biasanya.
  3. Sering mengeluarkan bau seperti terbakar khususnya saat macet di perjalanan.
  4. Ketika pindah / oper gigi porsneleng sering loss / slip.

Pemborosan bahan bakar disebabkan karena injakan pedal gas semakin dalam tetapi kecepatan mobil justru berkurang. Sebagai contoh misalnya pada hari hari sebelumnya ketika gigi porsneleng 5 dan putaran mesin 3000 rpm menghasilkan laju mobil 80 km/jam, namun ketika plat kopling tipis, saat gigi porsneleng 5 dan putaran mesin 3000 rpm cuma menghasilkan kecepatan 70 km/jam pada posisi jalan yang sama ( datar ).

Tipisnya ketebalan plat kopling biasanya dibarengi dengan keausan dekrup matahari. Gejala umum kerusakan dekrup matahari ini di tandai dengan bergetarnya tuas porsneleng baik pada idle maupun pada saat mobil melaju. Disamping itu juga perpindahan gigi porsneleng tidak mulus dan kadang tersendat. Sehingga jika anda mengganti kopling mobil sebaiknya sekalian ganti dekrup matahari juga. Untuk itu sebaiknya anda mempelajari cara merawat kopling mobil.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *