Home >> Perawatan Ban >> Tips perawatan ban mobil dan umur ban

Tips perawatan ban mobil dan umur ban

Pelajari tips perawatan ban mobil, sehingga performa ban mobil anda tetap prima. Dengan perawatan yang benar maka umur ban akan lebih panjang. Kenyataan menunjukkan bahwa jika perawatan ban mobil dilakukan dengan benar maka umur ban atau usia ban kendaraan anda akan lebih lama jika dibandingkan dengan ban kendaraan yang tidak pernah mengalami perawatan. Perawatan ban mobil meliputi beberapa hal seperti : menjaga kebersihannya, menghindari panas matahari secara langsung , dan lainnya.

Bagaimana cara merawat ban mobil dan berapa lama umur ban yang ideal. Maksimalkan pemakaian ban mobil dengan merotasi ban secara teratur. Keberadaan ban khususnya mobil mempunyai peranan yang sangat penting untuk menunjang kenyamanan dan keselamatan berkendara.

Perawatan ban mobil yang salah akan berdampak pada umur ban menjadi lebih singkat. Terlebih pada kondisi jalan sekarang ini, dimana pada musim hujan banyak lobang baru, sehingga penggunaan dan perawatan ban menjadi hal yang harus diperhatikan. Demikian juga dengan usia ban yang terbatas. Dengan demikian diperlukan cara memilih ban terbaik untuk kendaraan anda.

Banyak pendapat dan persepsi yang keliru di tengah masyarakat kita saat ini. Mereka sebagian besar berpendapat bahwa usia ban mobil hanya dilihat dari tebal tipisnya ban. Sebenarnya banyak faktor yang mempengaruhi usia ban kendaraan anda. Memang tidak salah, namun tebal tipisnya kembang ( alur ) hanyalah untuk penggantian ban karena terjadi pengikisan daging ban akibat pemakaian di jalan.

Pada dasarnya semua produk mempunyai masa pakai maksimal. Demikian juga dengan usia ban mobil anda. Selain kondisi ban yang masih layak pakai, pengetahuan dan pelaksanaan rambu rambu lalu lintas juga harus dapat dijalankan dengan penuh tanggung jawab.

Tread Wear Indicator

Pada ban kendaraan khususnya mobil dapat terlihat pada titik Tread Wear Indicator yang biasanya ditunjukkan dengan simbol ( < ) atau tanda panah ( tergantung produk ban ). Sebaiknya jangan menunggu ban hingga gundul, karena dapat berakhibat fatal diperjalanan.

Berapa lama umur ban mobil?

Lalu berapa sebenarnya usia ban. Pada dasarnya usia ban mobil tidak tergantung dari berapa lama ban digunakan, namun lebih tergantung dari usia sebenarnya ban, yaitu dimulai dari tanggal ban tersebut di produksi. Anda dapat melihat tanggal produksi ban yang biasanya terletak pada sisi luar ban ( di sebelah tekstur ban ). Biasanya terdiri dari minggu ( dua angka pertama ) dan tahun pembuatan. Dengan demikian maka disarankan untuk membeli ban dengan tanggal pembuatan paling baru. Mengapa demikian?

Usia ban tidak tergantung dari pemakaian ban, tetapi lamanya ban tersebut. Sehingga meskipun mobil anda menggunakan ban baru dan jarang digunakan. Namun jika usianya mendekati masa akhir ( usia ban umumnya antara 5 hingga 6 tahun ), maka jika umur ban mobil anda sudah melebihi ambang batas, maka sudah tidak layak digunakan.

Anda dapat menghitungnya berapa lama usia ban terpotong hingga anda beli. Berapa lama di gudang pabrik, distributor ban, toko hingga sampai ke tangan anda. Di samping hal hal teknis berikut, maka usia ban juga banyak terpotong oleh perawatan ban yang tidak benar. Bahan kimia, panas matahari, cara menyetir dapat mempercepat usai ban. Dengan demikian usia ban tidak lebih dari 6 tahun saja. Bahkan lebih pendek dari itu.

Untuk mempertahankan kelayakan ban kendaraan anda, maka sebaiknya anda merawat ban dengan benar, seperti :

  • Pastikan anda mempertahankan tekanan angin ban mobil anda. Sesuaikan tekanan angin seperti yang direkomendasikan pabrik. Angin berlebih atau kurang tidak baik untuk ban. Anda dapat mengetahui pada pada stiker yang menempel di bagian dalam pintu kendaraan Anda, atau pada buku petunjuk pemilik kendaraan.
  • Pengecekan tekanan ban sebaiknya dilakukan ketika ban dalam kondisi dingin.
  • Jangan menunggu hingga ban mobil anda gundul. Berkendara dengan alur ban tipis (habis) sangat berbahaya untuk keselamatan anda di jalan raya.
  • Ketika anda mengemudi mobil, sebaiknya menghindari lobang, karena dapat berpengaruh pada struktur ban anda. Mengemudi denganĀ  zig zag dapat mempercepat kerusakan dan usia ban.
  • Pastikan anda menjaga keseimbangan atau balance dari ban mobil secara periodik.
  • Jangan melebihi muatan yang direkomendasikan. Muatan berlebih sangat berbahaya.
loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *