Home >> Perawatan Ban >> Kapan seharusnya spooring dan balancing ban mobil dilakukan

Kapan seharusnya spooring dan balancing ban mobil dilakukan

advertisements

Kapan seharusnya spooring dan balancing ban mobil dilakukan. Seperti diketahui bahwa adanya gangguan pada spooring dan balancing sangat mempengaruhi kualitas utaran ban. Spooring dan balancing ban mobil biasanya dilakukan saat anda mengganti ban mobil. Namun bisa saja roda ban mobil anda mengalami masalah. Lantas kapan sebaiknya pemeriksaan spooring  dan balancing pada mobil.

Sebelum membahas tentang spooring dan balancing mobil, maka terlebih dahulu membahas pengertian tentang spooring dan balancing. Sehingga tidak salah dalam mengartikan spooring maupun balancing. Berapa biaya atau harga spooring balancing. Dan kapan sebaiknya anda melakukan spooring balancing mobil. Apalagi jika mobil anda dari tahun tua seperti mobil kijang bekas misalnya, maka harus melakukan spooring balancing secara teratur.

Bengkel spooring balancing biasanya menjadi satu dengan toko penjual ban mobil. Dimana jasa spooring balancing biasanya satu paket dengan penjualan ban mobil. Spooring mobil sangat berguna untuk kenyamanan saat berkendara.

Apa itu spooring : Spooring dapat diartikan sebagai pelurusan, sehingga jika diterapkan pada mobil berarti usaha untuk meluruskan kembali kedudukan keempat roda mobil sesuai dengan kriteria dan type ban mobil. Sedangkan balancing berarti keseimbangan. Sehingga balancing mobil berarti usaha untuk menyeimbangkan putaran keempat roda mobil.

Bagi sebagian orang kemungkinan tidak tahu kapan sebaiknya melakukan tindakan spooring maupun balancing kendaraan mereka. Pada hakekatnya spooring dan balancing membuat fungsi dan kedudukan roda menjadi seimbang dan lurus, sehingga laju kendaraan menjadi stabil, tidak bergetar, dan mudah dikendarai.

spooring dan balancing

 

Namun kadang anda sering salah mengartikan tentang keadaan dan gejala ketidakberesan pada kendaraan ( mobil ), sehingga anda sering salah sasaran dan akibatnya keluhan kendaraan anda tidak hilang. Sudah semestinya mulai sekarang anda belajar menerjemahkan gejala kerusakan mobil anda. Sehingga biaya atau dana yang anda keluarkan tidak terbuang dengan sia sia.

Gejala gejala kendaraan yang timbul sehingga memerlukan spooring adalah sebagai berikut :

1. Alur ban atau kembang ban kedua roda depan mobil anda tidak sama tebal atau pengikisan permukaan ban tidak rata ( tipis di salah satu pinggirnya ). Hal ini dapat terjadi pada salah satu roda atau kedua duanya.

2. Kembang ban pada salah satu roda belakang terjadi pengikisan tidak seimbang. Biasanya pada salah satu ban telah gundul tetapi ban yang lain masih bagus.

3. Ketika mobil parkir ditempat yang datar, maka ada roda yang berdiri miring, namun sebelumnya pastikan tekanan angin pada roda belakang sama dan demikian juga tekanan angin pada roda depan.

4. Ketika roda belakang anda tidak lurus dengan roda depan pada posisi lurus ke depan. Anda dapat melihatnya dari sekitar tiga meter dari belakang. Atau anda dapat menggunakan seutas tali.

5. Ketika roda belakang anda telah bergeser dari tempatnya semula baik kekiri maupun kekanan.

Gejala kerusakan pada spooring ban mobil biasanya dapat dikenali dengan mudah. Ketika anda sedang melaju di jalanan lurus dan rata seperti di jalan bebas hambatan coba anda cek dengan melepas kemudi sebentar, namun sebaiknya tidak dengan kecepatan tinggi karena sangat berbahaya. Dengan kecepatan sekitar 40 km/jam sudah cukup dan anda dapat melakukan spooring roda mobil anda. Ketika anda telah lepas kemudi maka laju mobil anda akan berbelok kekiri atau kekanan.

Demikian juga dengan balancing kendaraan anda. Kapan sebaiknya anda servis untuk melakukan balancing. Gejala kerusakan balancing roda lebih mudah dikenali dari pada kerusakan spooring mobil. Ketika roda tidak balanc maka biasanya timbul gejala yang khas yaitu tangkai kemudi ( stir ) mobil anda bergetar. Getaran kemudi semakin terasa seiring dengan tambahnya kecepatan mobil anda. Bahkan jika sudah parah maka seluruh bodi mobil anda juga kut bergetar.

Banyak penyebab kerusakan spooring dan balancing kendaraan, sehingga disarankan untuk membawa kendaraan anda ke bengkel khusus spooring balancing mobil. Atau anda dapat membawa ke bengkel resmi kendaraan anda.

Berapa biaya untuk spooring dan balancing. Besarnya uang jasa biasanya tidak mahal dan tidak sampai ratusan ribu. Perhitungan biaya servis biasanya dihitung per roda ( ban ) dan tergantung type kendaraan anda. Namun sebaiknya anda mempersiapkan dana untuk penggantian spare part. Sebaiknya anda menanyakan dahulu berapa perkiraan biaya spooring balancing mobil anda dan apa saja spare part yang harus diganti. Baca juga cara perawatan daihatsu xenia.

Harga spooring balancing hanya berkisar antara 200 hingga 400 ribu rupiah jika dilakukan sekaligus. Harga spooring balancing mobil disarankan dilakukan sekaligus karena lebih murah. Namun jika anda hanya spooring keempat ban hanya dikenakan biaya sekitar 200 ribuan. Dan balancing ban biasanya berbarengan dengan penggantian ban baru dengan biaya sekitar 30 ribuan per ban.

Disamping melakukan spooring dan balancing ban secara teratur. Untuk menjaga kestabilan kembang ban atau supaya pengikisan ban merata, maka anda sebaiknya melakukan rotasi ban mobil anda secara teratur.

loading...

Leave a Reply