Home >> Perawatan Ban >> Usia ban kendaraan tergantung cara anda merawatnya

Usia ban kendaraan tergantung cara anda merawatnya

Perawatan ban kendaraan akan menentukan berapa lama usia ban. Dengan perawatan yang baik, maka umur ban akan lebih lama dan ban tidak mudah pecah sewaktu digunakan. Di samping itu anda juga harus spooring dan balancing ban juga sebaiknya dilakukan secara teratur. Berikut petunjuk lengkap bagaimana cara merawat ban kendaraan yang benar.

Meskipun tidak secara langsung berhubungan dengan pengendara, ternyata fungsi ban yang sangat penting. Tanpa perawatan yang baik, maka keberadaan ban dapat mengganggu dan membuat tidak nyaman orang yang berada di dalam mobil. Dengan demikian sudah saatnya anda mengetahui dan mengerti tentang cara merawat ban mobil. Selain ban perawatan mesin mobil jangan ditinggalkan.

Perlu diketahui bahwa cara merawat ban mobil tidak hanya didominasi oleh mobil pribadi atau mobil keluarga, namun mobil untuk keperluan angkut barang atau mobil besar juga memerlukan perawatan ban yang maksimal. Sehingga selain dapat memberi kenyamanan saat berkendara juga dapat memperpanjang umur ban.

Pada dasarnya tidak terlalu sulit cara merawat ban segala jenis mobil. Tidak ada perbedaan yang signifikan cara merawat ban, apakah mobil besar ataupun mobil pribadi. Yang diperlukan adalah kesabaran dan disiplin. Dengan perawatan ban yang baik, maka tentu saja sedikit berhemat biaya kendaraan anda. Sebagai pemilik kendaraan sudah tentu anda mesti memperhatikan perawatan kendaraan yang benar, sebab hal ini akan menentukan harga mobil anda jika suatu saat akan dijual kembali.

Tips cara merawat ban

  1. Pastikan anda mengecek dan memperhatikan kondisi ban anda sebelum berangkat. Perhatikan tekanan angin dan sesuaikan dengan rekomendasi produsen mobil anda. Keselamatan anda di perjalanan sangat tergantung pada pengecekan kondisi kendaraan sebelum berangkat.
  2. Pastikan tekanan angin pada semua ban sama. Hal ini bertujuan untuk memberikan daya topang yang sama pada setiap sudut mobil. Jangan memberikan tekanan angin melebihi yang disarankan, karena dapat mempercepat kerusakan kendaraan anda dan membuat tidak nyaman. Tekanan angin yang kurang juga tidak bagus, karena cepat membuat ban panas dan memperberat laju kendaraan anda. Disamping itu juga menambah pemakaian bahan bakar.

truk kelebihan muatan

  1. Melakukan uji spooring dan balancing secara berkala ( antara 5000km hingga 10.000km tergantung jenis dan kondisi kendaraan ) merupakan langkah positif untuk mengetahui keselarasan roda dan putaran roda berputar pada titik yang sama. Dengan demikian keausan ban anda akan mempunyai waktu yang sama. Disarankan ketika mengganti ban mobil dengan empat buah ban sekaligus.
  2. Jangan menunggu ban gundul, disarankan sebelum sampai pada titik Tread Wear Indicator ( TWI ) anda sudah disarankan untuk mengganti ban baru ( empat sekaligus ). TWI adalah batas maksimal penggantian ban baru. Titik TWI biasanya ditunjukkan dengan simbul segitiga pada pinggir ban.
  3. Kemudikan kendaraan anda sesuai dengan peraturan yang berlaku, jangan mengendarai kendaraan dengan zigzag, karena akan mempercepat umur ban dan mengganggu pengendara lain. Sabar ketika melaju di jalan raya adalah kunci keselamatan anda.
  4. Perhatikan kapasitas daya angkut kendaraan anda ( pribadi, truk maupun bus ), jangan melebihi yang disarankan. Kelebihan muatan dapat mengganggu kenyamanan perjalanan dan keselamatan anda dan keselamatan pengendara lain.
  5. Umur ban mobil akan lebih pendek jika terlalu lama terkena panas matahari secara langsung. Ban akan mudah pecah dan retak. Batas pemakaian ban mobil paling tidak 10 tahun semenjak ban tersebut di buat.

Ketika anda mengemudikan truk, sebaiknya tidak melebihi batas muatan yang di ijinkan. Pada sisi bak truk telah ditulis dengan jelas tentang muatan maksimum. Meskipun menguntungkan dari segi bisnis, namun sangat berbahaya dan banyak resiko di jalan. Truk yang kelebihan muatan sangat berbahaya untuk diri sendiri dan pengendara lain. Sehingga sebaiknya anda tidak mengambil resiko ini.

Perhatikan batas muatan maksimal pada kendaraan yang anda gunakan, hal ini untuk kenyamanan dan keamanan dalam berkendara di jalan raya.

loading...