Home >> Perawatan Ban >> 6 fungsi utama ban kendaraan

6 fungsi utama ban kendaraan

Apa saja sebenarnya fungsi utama ban kendaraan. Secara umum setiap komponen kendaraan mempunyai fungsi yang sangat penting. Mesin merupakan salah satu komponen yang sangat vital, sehingga untuk mencegah dari kerusakan sebaiknya anda mulai belajar cara merawat mesin mobil. Ban juga berfungsi menjaga kestabilan dan kenyamanan kendaraan anda.

Pastikan bahwa tekanan ban sesuai dengan yang direkomendasikan. Kondisi ban yang terlalu keras dan terlalu lembek juga tidak baik untuk kendaraan anda. Jika ban kendaraan anda kurang angin, maka dapat mempengaruhi laju kendaraan. Kecepatan mobil akan sangat berkurang, ban akan cepat panas dan hal itu berarti ban cepat gundul dan akibatnya penggunaan bahan bakar akan boros.

Demikian juga jika anda mengisi angin terlalu berlebihan. Selain tidak nyaman digunakan juga sangat beresiko untuk menempuh perjalanan jauh, karena dapat pecah ban saat kecepatan tinggi karena ban memanas.

Demikian juga komponen komponen yang lain, seperti : ban, accu, dan yang lainnya. Namun pada tulisan kali ini “Harga Mobil dan Motor” akan membahas tentang fungsi utama ban. Dengan demikian dapat berguna untuk pembaca sehingga penggunaan ban kendaraan anda menjadi lebih awet. Beberapa fungsi utama ban mobil seperti berikut:

  1. Penopang berat kendaraan.
  2. Menjaga kestabilan laju kendaraan.
  3. Pengontrol traksi dan pengereman.
  4. Sebagai pengontrol sistem suspensi.
  5. Pengontrol arah kendaraan.
  6. Ban berfungsi untuk meredam getaran.

Mengingat pentingnya fungsi ban untuk keselamatan kendaraan, maka sudah sepantasnya untuk setiap pengemudi memperhatikan kondisi ban sebelum menjalankan kendaraannya. Disamping fungsi utama ban diatas, maka setiap pengemudi juga harus selalu memperhatikan tekanan angin dan kedalaman tapak ban.

fungsi ban

Selain karena usia pemakaian ban, ada beberapa hal yang dapat menunjang untuk memperpanjang masa pakai ban. Dengan perawatan ban yang baik dan mencapai sasaran maka penggantian ban kendaraan anda menjadi lebih lama. Beberapa hal berikut juga dapat memperpanjang usia ban, seperti :

Tutup pentil : berguna untuk menjaga tekanan angin dalam ban.

Muatan kendaraan : Perhatikan muatan kendaraan anda, pastikan bahwa muatan ( barang ) tidak melebihi yang dianjurkan.

Spooring dan Balancing : Sebaiknya cek kendaraan anda secara berkala. Hal ini berguna untuk menjaga keseimbangan bagian kaki-kaki kendaraan, sehingga ban berfungsi semakin maksimal dan tentu akan memperpanjang usia kendaraan dan ban anda.

Type ban : Sesuaikan tapak ban anda dengan rute yang sering dilalui. Secara umum tapak ( alur / kembang ) ban dapat dikategorikan menjadi 4 :

  • Type lug : Digunakan untuk medan jalan kasar dan naik turun ( perbukitan ).
  • Type rib : Sesuai untuk jalan beraspal. Ban dengan tapak type rib akan membuat laju kendaraan stabil dan tidak mudah tergelincir.
  • Type block : Sesuai untuk jalan licin ( pasir ).
  • Type composite : Sesuai untuk semua medan jalan.

Dengan menyesuaikan rute perjalanan yang sering dilalui dengan pemilihan alur ban yang tepat, maka laju kendaraan anda akan lebih stabil dan tidak mudah tergelincir maupun slip ditengah perjalanan. Sehingga keselamatan anda akan lebih terjamin dan anda juga akan cepat sampai tujuan. Baca juga harga mobil mazda terbaru update 2016.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *