Home >> Kualitas Ban >> Tips cara membeli ban yang sesuai untuk kendaraan

Tips cara membeli ban yang sesuai untuk kendaraan

Berikut petunjuk lengkap bagaimana cara membeli ban dapat digunakan secara sempurna. Dengan memilih ban yang benar dan sesuai untuk kendaraan anda, maka pemakaian ban menjadi lebih awet. Baik buruknya kualitas ban dapat menentukan keselamatan di perjalanan, sehingga menggunakan dan membeli ban yang sesuai dengan jenis kendaraan anda sangat disarankan.

Ikuti beberapa tips dan cara membeli ban berkualitas yang cocok untuk kendaraan anda. Dengan semakin naiknya harga ban mobil tentu harus di ikuti dengan kualitas ban yang baik, sehingga membeli ban mobil berkualitas akan dapat membantu usia ban mobil anda. Dengan demikian sudah seharusnya anda mengerti cara membeli ban maupun saat memilih ban kendaraan anda. Kualitas ban kendaraan yang baik akan mempunyai kontribusi terhadap keselamatan anda saat di perjalanan.

Pada kenyataannya kenyamanan berkendara juga dapat ditentukan oleh baik buruknya kualitas ban dan kondisi kembang ban. Penentuan jenis ban yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan anda harus tetap diperhatikan. Hal ini berkaitan dengan keamanan anda ketika sedang melaju di jalan raya maupun jalan bebas hambatan.

Produsen kendaraan bermotor ( khususnya mobil ) telah memperhitungkan hal ini, namun pada kenyataannya banyak pemilik kendaraan yang dengan sengaja mengganti ukuran maupun jenis / type ban kendaraan mereka, tanpa memperhitungkan keselamatan dan kenyamanan di jalan. Sebenarnya tidak ada larangan, namun sebaiknya memperhitungkan kebaikan dan keburukannya atau anda dapat meminta masukan dari ahlinya.

Berapa harga ban kendaraan anda. Secara umum harga ban setiap merek pada jenis dan ukuran sama tidak jauh berbeda. Namun sebagian besar memilih ban dengan merek terkenal, padahal pada kenyataannya bahan dasar ban juga sama.

Besar kecilnya harga ban ditentukan oleh besar kecilnya ukuran ban, sehingga semakin besar dan lebar suatu produk ban tentu mempunyai harga ban lebih besar pula. Justru yang terpenting adalah kualitas atau mutu ban.

ukuran ban

Cara menyesuaikan ban yang tepat

Pada kendaraan jenis mobil, keseragaman dan kesamaan ban sangat penting, termasuk kondisi ban serep kendaraan anda. Meskipun hanya ban cadangan, namun harus mempunyai kondisi yang sama dengan yang lainnya, sehingga jika terjadi penggantian di tengah jalan kondisi laju mobil anda akan tetap stabil.

Ketika anda memilih jenis ban, maka anda harus mempertimbangkan kondisi jalan yang sering anda lewati. Meskipun hal ini sering diabaikan. Kondisi ban jalan yang halus dengan kondisi jalan rusak tentu memerlukan jenis ban ( kembang ) ban yang berbeda.

Setiap jenis kendaraan biasanya mempunyai type dan ukuran ban yang berbeda. Hal ini biasanya dapat anda lihat pada buku pedoman kendaraan anda. Atau anda dapat melihatnya di dashboard mobil anda. Jika anda menginginkan untuk merubah ukuran ban, pelajari ukuran ban yang sesuai dengan kendaraan anda. Maka sebaiknya tetap memperhatikan faktor kenyamanan dan keamanan ketika melaju di jalan raya.

Kebanyakan dari kita sering mengikuti trend yang sedang hangat. Namun penggantian ukuran ban biasanya masih dapat dibenarkan untuk mobil jenis keluarga. Tetapi untuk mobil niaga ( truk dan bus ) tidak disarankan. Karena kedua jenis mobil ini lebih di prioritaskan untuk kekuatan, keselamatan dan keawetan masa pakai ban, hal ini biasanya lebih ditujukan untuk tujuan bisnis, sehingga harus diperhitungkan dari segi pengeluaran biaya pembelian ban.

Bagaimana cara membeli ban

Ban dengan merek terkenal mempunyai masa pakai lama dan kualitas prima adalah anggapan yang keliru. Karena sebenarnya kualitas ban tidak ditentukan oleh merek ban, namun lebih ditentukan oleh kualitas maupun bahan dasar ketika ban tersebut diproduksi. Sehingga meskipun merek baru, tidak berarti kualitas jelek.

Beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika membeli ban baru adalah :

  • Merek ban tidak begitu menentukan, sehingga anda bebas memilih merek ban untuk kendaraan anda.
  • Harga biasanya menentukan kualitas ban, namun harga tinggi tidak selalu diikuti oleh kualitas bagus.
  • Perhatikan tanggal produksi yang tertera pada lingkaran ban. Pilihlah ban yang paling baru diproduksi. Umur ban ditentukan mulai dari tanggal produksi. Sehingga memilih ban yang telah lama diproduksi berarti semakin sedikit masa pakai ban yang tersisa.
  • Pilih alur ban yang sesuai dengan penggunaan kendaraan anda.
loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *