Home >> Kualitas Ban >> Ban isi nitrogen lebih awet dari pada angin kompresor

Ban isi nitrogen lebih awet dari pada angin kompresor

Ban isi nitrogen mempunyai banyak kelebihan dari pada ban yang di isi angin biasa ( kompresor ). Sehingga bagi pemilik kendaraan bermotor baik mobil maupun motor disarankan menggunakan nitrogen untuk ban kendaraan mereka. Hal ini didasarkan pada angin ban nitrogen lebih memberikan nilai positif dari pada angin biasa, berikut penjelasannya!

Sesuai dengan sifat nitrogen yang dingin dan berlawanan dengan sifat ban ( karet ) yang mudah panas. Sehingga penggunaan nitrogen pada ban akan dapat menghambat aliran panas yang ditimbulkan oleh putaran ( gesekan ) ban kendaraan. Dengan demikian ban kendaraan tidak akan cepat panas jika di isi dengan nitrogen. Maka ban kendaraan anda akan lebih awet, pelajari bagaimana cara membeli ban yang sesuai dengan kendaraan anda.

Hal ini tentu saja sangat bermanfaat ketika kendaraan anda melaju dengan kecepatan tinggi. Semakin cepat laju kendaraan anda tentu semakin panas suhu ban kendaraan. Hal ini tentunya sangat berbahaya karena dapat mengakibatkan pecah ban. Lebih beresiko jika ternyata kembang ban kendaraan sudah tipis. Itulah sebabnya kenapa sering kita mendengar peristiwa pecah ban saat kendaraan melaju di jalan bebas hambatan ( jalan berbayar ). Resiko pecah ban tentunya dapat diminimalisir dengan ban isi nitrogen.

Namun demikian ternyata biaya isi nitrogen juga tidak dapat dibilang murah. Hal ini jauh berbeda dengan biaya ban isi angin biasa. Namun demikian besarnya biaya tidak seberapa jika dibandingkan dengan keselamatan anda saat berkendara. Lihat fungsi ban kendaraan.

Angin ban nitrogen ini dapat menjaga temperatur ban tetap dingin, sehingga mobil anda akan terhindar dari panas ban secara berlebihan. Penting untuk diketahui bahwa banyak kasus pecah ban yang sebagian disebabkan oleh tingginya panas ban saat melaju dalam kecepatan tinggi. Untuk lebih memberikan penjelasan tentang manfaat dan kelebihan ban yang di isi nitrogen, maka berikut admin paparkan berbagai kelebihan ban isi nitrogen :

Ban isi nitrogen

  • Ban kendaraan tidak cepat panas
  • Tekanan ban lebih awet dan tahan lama, hal ini didasarkan pada molekul nitrogen yang lebih besar dari pada molekul udara.
  • Ban nitrogen terbebas dari uap air, sehingga bahan logam pada ban ( kawat ban ) tidak mudah berkarat, sehingga performa ban akan lebih stabil. Dengan demikian usia ban akan lebih awet dan tahan lama.
  • Berat molekul nitrogen lebih ringan dari pada molekul angin biasa, sehingga berat ban lebih ringan.
  • Ban yang di isi nitrogen lebih elastis dan lentur, sehingga kendaraan akan lebih nyaman.
  • Molekul nitrogen yang lebih besar sehingga dapat menutup pori pori karet ban.

Namun demikian bukan berarti ban yang telah di isi nitrogen tidak akan mengalami penurunan isi ( kempes ). Sesuai dengan sifatnya maka jika udara luar ban lebih dingin maka akan terjadi penurunan tekanan ban.

Loading...

Dengan demikian jika memungkinkan sebaiknya kendaraan tidak berada di lantai yang dingin dalam jangka waktu yang cukup lama. Hal demikian juga dialami oleh ban isi angin biasa.

loading...

Leave a Reply