Home >> Kendaraan >> Tips cara membeli dan memilih mobil bekas atau second

Tips cara membeli dan memilih mobil bekas atau second

Bagaimana cara memilih maupun membeli mobil bekas, berikut tips singkat cara membeli mobil bekas atau second sehingga anda benar benar mendapatkan mobil bekas yang bagus dan sesuai harganya. Membeli mobil bekas dapat dibilang gampang gampang susah. Jika tidak teliti kemungkinan anda akan terjebak dan menderita kerugian. Jika anda seorang yang awam dengan mobil, maka tentu saja akan kesulitan ketika membeli mobil bekas. Ketika seseorang akan membeli mobil second, maka diperlukan sedikit pengetahuan tentang mobil. Bagaimana cara menawar mobil yang benar.

Beli mobil bekas mengandung banyak resiko. Tanpa didasari dengan pengetahuan tentang mobil, maka sebaiknya anda didampingi oleh kenalan anda yang lebih paham soal kendaraan saat memilih mobil bekas. Sehingga dapat memberikan masukan tentang kendaraan pilihan anda.

Bagaimana cara membeli mobil bekas? Ikuti tips tentang memilih dan membeli mobil bekas berikut ( pada halaman terakhir ). Cara membeli mobil bekas tentu berbeda dengan membeli mobil baru. Namun menggunakan mobil bekaspun tetap seperti mengendarai kendaraan baru jika anda mengerti cara memilih kendaraan.

Pada jaman sekarang banyak kita jumpai showroom showroom yang menawarkan mobil bekas. Bahkan sudah banyak berdiri bursa mobil bekas yang dikelola lebih modern. Dari kendaraan tahun tua hingga kendaraan yang baru dipakai beberapa bulan dapat anda jumpai pada tempat tempat perdagangan kendaraan second. Memilih mobil bekas dapat dibilang gampang gampang susah, sebab memerlukan ketelitian saat memeriksa mesin maupun bodi mobil.

Saran saya sesuaikan dana anda dengan mobil pilihan anda. Jangan menuruti keinginan hati, karena anda akan kerepotan dikemudian hari. Meskipun anda awam tentang mobil, dengan mengikuti beberapa tips berikut mudah mudahan dapat membantu anda ketika akan membeli mobil bekas dan semoga dapat membantu.

jual beli mobil bekas

Tips membeli mobil bekas

  1. Tentukan mobil keinginan anda. Ada baiknya jenis mobil disesuaikan dengan kebutuhan anda. Jika untuk keluarga sebaiknya memilih daihatsu xenia dan sejenisnya.
  2. Sesuaikan tahun keluaran mobil dengan kemampuan anda menyediakan dana. Namun jika anda akan membelinya dengan kredit, maka pastikan besarnya angsuran ditambah kebutuhan harian anda tercukupi.
  3. Anda dapat memperoleh informasi harga mobil pada koran ibu kota ( post kota ) atau dengan menggunakan jasa internet. Besarnya harga dapat anda jadikan patokan dan perbandingan. Biasanya besarnya harga tersebut merupakan harga tertinggi dengan kondisi kendaraan masih bagus tanpa cacat. Sehingga nantinya anda dapat melakukan penawaran dengan lebih mudah. Harga mobil tidak hanya ditentukan oleh tahun pembuatan, namun juga ditentukan oleh kondisi kendaraan.
  4. Selanjutnya anda menuju showroom mobil dan mencari kendaraan kebutuhan anda.

Memilih dan membeli mobil memerlukan ketelitian secara menyeluruh mulai dari bodi hingga mesin, sehingga anda juga harus memperhatikan dengan detil dan waspada. Jangan terburu buru menawar jika anda belum yakin dengan mobil yang anda hadapi. Ikuti petunjuk singkat berikut!

Tips memilih mobil bekas

  1. Membeli mobil di showroom lebih terjamin dari pada mendatangi pemilik mobil di rumah rumah. Paling tidak surat surat lengkap dan dapat dipercaya. Ada baiknya anda cek fisik sebelum melakukan transaksi.
  2. Sebelum mobil dihidupkan lebih baik anda memperhatikan :

Bodi mobil :

  • perhatikan cat mobil dan teliti warna cat dengan seksama. Anda dapat ketok dengan telunjuk anda untuk memastikan bebas dempul. Lihat dari arah samping untuk cek kelurusan bodi mobil.
  • Lihat mobil dari arah belakang, samping, maupun depan. Pastikan kondisi bodi mobil tidak miring.
  • Perhatikan pintu pintu dan pastikan pintu dapat terbuka dan tertutup dengan mulus. Perhatikan ketika pintu dibuka dan pastikan tetap pada garis lurus dan tidak turun.
  • Perhatikan kondisi keempat ban dan tanyakan ban serep. Pastikan kembang ( alur ) ban masih bagus. Harga ban lumayan mahal.
  • Perhatikan kaca depan, belakang, maupun kaca samping apakah telah dilengkapi dengan tambahan kaca film. Pastikan wiver masih lengkap.
  • Sedikit jongkok untuk memeriksa bagian bawah mobil. Pastikan kaki kaki bagus dan waspada terhadap bekas tambalan ( telah di las ulang ).
  • Perhatikan tampilan dan bahan bak / box ( kendaraan truk ). Jika bahan bak kayu maka pastikan bak masih kokoh dan kayu tidak lapuk. Namun jika bak dari bahan logam ( box ), maka perhatikan tidak ada keropos dan karat.

Bagian dalam mobil

  • teliti keaslian bagian dalam mobil termasuk kursi jok, tape mobil ( audio ). Beberapa pedagang kadang mengganti jok dengan baru ( seperti baru ) dengan plastik masih menempel pada jok padahal usia kendaraan sudah puluhan tahun.
  • Periksa bagian dashboard mobil, apakah ada yang pecah atau retak.
  • Perhatikan bagian atap dan karpet.
  • Selanjutnya anda dapat duduk dibelakang kemudi ( jangan mainkan stir ). Mencoba masukkan semua gigi porsneleng terutama gigi untuk mundur dan pastikan tidak terdengar suara krek. Perpindahan gigi porsneleng harus mulus.
  • Injak pedal gas, rem, maupun kopling. Dan pastikan injakan kopling tidak keras.
  • Perhatikan kerapihan kabel kabel sambungan.

Cek ketika mesin hidup

  • Ketika kunci diputar kearah ON mobil harus langsung hidup. Fanbelt yang kurang baik akan mengeluarkan bunyi berdecit.
  • Perhatikan dengan seksama suara mesin, anda dapat membuka kap depan.
  • Putar kemudi kekanan dan kekiri, perhatikan speling stir jangan terlalu jauh.
  • Hidupkan : lampu lampu, tape mobil, sistem AC, Sen, klakson dan lainnya dan pastikan semua dalam kondisi bagus.
  • Cobalah untuk test drive. Tetapi jika anda belum dapat mengemudi, sebaiknya anda meminta tolong pada pemilik atau siapa saja dan saya sarankan duduk di jok paling belakang. Usahakan mobil melewati polisi tidur untuk cek kondisi shockbreaker.

Setelah anda cek seluruh kondisi mobil tentunya anda dapat menentukan harga mobil pilihan anda. Pastikan harga mobil seken pilihan anda tidak jauh berbeda dengan perkiraan anda. Setelah anda cocok maka lakukan penawaran. Lantas bagaimana cara menawar mobil? Baca juga tempat membeli motor bekas murah.

Jika seluruh kondisi kendaraan bagus maka tawarlah sesuai harga pasaran mobil tersebut. Namun jika masih memerlukan biaya lanjutan, maka kurangi harga tawaran anda dengan perkiraan biaya untuk perbaikan. Ada baiknya anda juga cek aki mobil, coba amati kapan pembelian aki mobil tersebut. Keputusan ada di tangan anda. Selamat berburu mobil bekas.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *