Home >> Kendaraan >> Sebaiknya memilih jenis asuransi all risk atau TLO

Sebaiknya memilih jenis asuransi all risk atau TLO

Apa sebaiknya asuransi yang anda ambil, apakah jenis all risk atau anda memilih asuransi jenis TLO. Memilih asuransi kendaraan anda, baik itu mobil atau motor seharusnya disesuaikan dengan penggunaannya, sehingga ketika pengajuan klaim asuransi dapat tepat sasaran. Hal ini sangat penting karena jenis asuransi untuk mobil baru akan berbeda dengan jenis asuransi mobil bekas, demikian juga dengan asuransi untuk sepeda motor.

Ketika akan memilih jenis asuransi mobil, anda sebaiknya mengerti dan memahami untuk apa harus menggunakan jasa perusahaan asuransi untuk mobil anda. Sasaran apa yang ingin anda capai. Saat ini banyak berdiri perusahaan jasa asuransi kendaraan khususnya mobil dan motor, sehingga kemungkinan sedikit bingung memilih perusahaan jasa asuransi mana yang terbaik.

Seiring dengan perkembangan seputar asuransi kendaraan, maka saat ini telah ada beberapa perusahaan asuransi yang memberikan klaim jaminan lebih fleksibel yang disesuaikan dengan keadaan di lapangan seperti ACA Auto Insurance dan Garda Oto Auto Insurance yang dapat mengcover ( menanggung ) kerusakan kendaraan akibat adanya demo, huru hara, banjir, gempa bumi, dan lainnya.

Memilih jenis pertanggungan atau klaim asuransi tentu saja harus disesuaikan dengan daerah tempat tinggal anda, sebab semakin banyak hal hal yang dimasukkan dalam klaim tertanggung tentu semakin besar pula nilai jasa asuransi yang harus anda bayar.

Besarnya dana asuransi mobil anda juga ditentukan oleh jenis asuransi yang anda ambil. Secara umum jenis asuransi all risk lebih mahal dari pada asuransi TLO. Untuk itu sudah saatnya anda memahami perbedaan antara jenis asuransi all risk dan asuransi TLO, salah menentukan jenis asuransi mobil anda, maka kerugian tentu di pihak anda.

klaim asuransi mobil

Secara umum asuransi all risk adalah Jenis asuransi yang mendapatkan penggantian atau perbaikan sebagai akibat dari semua kejadian termasuk di dalamnya : tabrakan, tergores, semua kecelakaan lalu lintas, huru hara, kehilangan akibat pencurian, dan lainnya. Sehingga kendaraan mengalami kerusakan baik sedikit maupun besar akan mendapatkan penggantian atau perbaikan ( jika memungkinkan ). Kesimpulannya mobil anda akan dikembalikan seperti semula.

Sedangkan asuransi TLO atau Total Lost Only merupakan kebalikan dari asuransi all risk, sehingga hanya sebagian kecil klaim yang kemungkinan di kabulkan. Sesuai dengan namanya yang artinya hanya kerusakan total ( besar ) yang mendapat pertanggungan / penggantian. Beberapa klaim asuransi yang biasanya di tolak oleh penanggung ( pihak perusahaan jasa asuransi ), seperti :

  • Kerusakan akibat kecelakaan lalu lintas / tabrakan kurang dari 50%.
  • Akibat bencana alam termasuk banjir, gunung meletus, tanah longsor, dan lainnya.
  • Akibat ulah manusia termasuk demonstrasi, huru hara, perkelahian, dan lainnya.
  • Tidak sesuai / melanggar peraturan lalu lintas meliputi mengemudi tanpa disertai sim yang masih berlaku.
  • Kecelakaan akibat digunakan untuk pertandingan / balap.
  • Pindah pemilik ( pemegang polis ) tanpa pemberitahuan kepada pihak penanggung.

Untuk antisipasi hal hal yang membuat klaim asuransi di tolak oleh pihak penanggung ( pihak asuransi ) maka sebaiknya anda mempelajari dengan teliti persyaratan maupun peraturan yang dikeluarkan pihak jasa asuransi dengan sangat teliti

Ada baiknya anda memilih perusahaan jasa asuransi yang telah mempunyai nama besar atau mudah dalam pencairan klaim. Banyak kok layanan jasa asuransi kendaraan yang baik dan cepat merespon klaim tertanggung.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *