Home >> Kendaraan >> Proses dan biaya balik nama mobil dan motor

Proses dan biaya balik nama mobil dan motor

Bagaimana proses balik nama motor atau mobil. Berapa besarnya biaya balik nama mobil maupun motor. Ikuti petunjuk singkat tentang proses maupun biaya saat balik nama kendaraan. Sebenarnya pemerintah mempermudah cara balik nama sebuah kendaraan bermotor. Namun sebagian besar pemilik kendaraan tidak mengetahuinya. Atau bahkan mungkin malas mengerjakannya karena telah ada biro jasa yang siap setiap saat.

Memang sih uang jasa yang dipatok biro jasa terbilang kecil, sehingga banyak diantara pemilik kendaraan bermotor menggunakan biro jasa yang banyak tersebar di setiap daerah. Apa benar mengurus balik nama kendaraan berbelit belit. Secara umum proses ganti nama pemili kendaraan mudah dan praktis. Bahkan proses perpanjangan STNK hanya membutuhkan waktu sekitar 1/2 hingga 1 jam, dari penyerahan berkas hingga pengambilan STNK baru. Memang tidak dapat dibantah saat anda mengurus ada saja orang yang menawarkan jasa seakan proses berbelit, namun mereka juga tidak memaksa.

Secara umum proses saat balik nama kendaraan ada 2 macam. Yang pertama balik nama pada satu daerah ( masih di area samsat yang sama ) dan yang kedua balik nama ke lain daerah.

Pada panduan gambar di atas adalah proses tata cara balik nama untuk satu daerah samsat. BPKB harus menunggu beberapa bulan karena harus mendapat pengesahan dari POLDA setempat.

Jika proses penggantian nama pemilik melibatkan dua daerah samsat dan berbeda propinsi, maka diperlukan prosedur cabut berkas yang biasanya melibatkan POLDA setempat.

Secara umum prosedur proses balik nama mobil maupun motor sama, perbedaan hanya terletak pada besarnya dana saja. Berikut proses singkat balik nama kendaraan seperti mobil maupun motor secara umum :

Adapun syarat mutasi kendaraan adalah sebagai berikut :

  • BPKB asli
  • STNK asli
  • Cek Fisik Kendaraan ( bisa dilakukan di kantor samsat terdekat )
  • Kwitansi Jual Beli ( sah jika bermeterai 6000 )
  • KTP asli pemilik yang baru

PROSES BALIK NAMA MOBIL & MOTOR

Jika mutasi oleh badan hukum ditambah dengan :

  • Salinan akte pendirian dan 1 lembar foto copy
  • keterangan domisili
  • surat kuasa bermaterai cukup dan di ditanda tangani oleh pimpinan ( dibubuhi cap / stempel asli )

Jika mutasi dilakukan oleh intansi pemerintah :

  • Surat tugas asli yang ditanda tangani oleh pimpinan + stempel instansi.

Bagaimana prosedur cabut berkas atau mutasi kendaraan ke lain daerah. Secara umum proses cabut berkas / mutasi adalah sebagai berikut :

cara mutasi & cabut berkas kendaraan

Proses mutasi biasanya tidak dapat selesai dalam satu hari karena karena melibatkan beberapa instansi terkait ( POLDA & SAMSAT ).

Tata Cara Mutasi mobil maupun motor :1. Pergi ke Samsat (sesuai alamat STNK saat ini).2. Menuju ke Loket Mutasi (penyerahan BPKB+KTP pemilik baru).3. Cek Fisik.4. Kembali ke bagian mutasi (menyerahkan Foto copy BPKB, STNK, dan KTP rangkap 2).

5. Menuju ke bagian Fiskal ( bayar biaya )

6. Kembali lagi ke bagian Mutasi (membayar biaya pencabutan berkas).

7. Menunggu Berkas keluar (dan mendapat surat jalan sementara).

8. Setelah Berkas keluar, Lapor ke samsat daerah tujuan. (langsung menuju ke bagian mutasi).

9. Cek Fisik kembali.

10. Cross Cek ke POLDA setempat. (bila mutasi beda propinsi).

11. Kembali ke samsat daerah tujuan (penyerahan berkas dan mendapat surat jalan sementara).

12. Menunggu STNK + Plat Nomor kendaraan baru setelah membayar biaya pajak, stnk, plat nomor, dan biaya perubahan nama BPKB.

13. Menunggu BPKB yang di-update (beberapa bulan).

15. Mengambil BPKB dengan nama pemilik baru.

16. Selesai.

Baca juga cara perpanjangan pajak kendaraan motor maupun mobil.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *