Home >> Kendaraan >> Mengenal seluk beluk asuransi mobil all risk dan TLO

Mengenal seluk beluk asuransi mobil all risk dan TLO

Yuk belajar memahami seluk beluk tentang apa itu asuransi mobil all risk maupun jenis asuransi mobil TLO karena kedua jenis asuransi mobil tersebut sangat jauh berbeda pada nilai premi maupun hak pertanggungannya. Bagi pemilik kendaraan khususnya mobil pribadi sudah saatnya mengerti. Pada dasarnya semua perusahaan jasa asuransi kendaraan menawarkan jenis asuransi all risk dan TLO ini.

Secara umum asuransi all risk berfungsi untuk mengembalikan keadaan kendaraan seperti sebelumnya dan asuransi TLO hanya memberikan hak pertanggungan sebagian saja. Hal mana tentunya harus berdasarkan kesepakatan antara pihak penanggung ( perusahaan jasa asuransi ) dan pihak tertanggung ( pemilik kendaraan ). Pemerintah telah mengatur dalam undang undang yang dikeluarkan oleh menteri keuangan NOMOR 01/PMK.010/2011 tentang “PERUBAHAN ATAS PERATURAN MENTERI KEUANGAN
NOMOR 74/PMK.010/2007 TENTANG PENYELENGGARAAN PERTANGGUNGAN
ASURANSI PADA LINI USAHA ASURANSI KENDARAAN BERMOTOR
.

Pada prinsipnya peraturan menteri tersebut di buat dan ditetapkan untuk mengatur besarnya tarif premi referensi, biaya dan cadangan premi terkait dengan usaha asuransi kendaraan bermotor. Seperti yang kita tahu bahwa sebenarnya pengguna atau konsumen dari kedua jenis asuransi kendaraan ini jauh berbeda. Hal mana disesuaikan dengan kebutuhan mobil maupun keinginan dari pemilik kendaraan sendiri. Pada dasarnya setiap pemilik kendaraan bebas memilih jenis asuransi yang di inginkan baik itu asuransi all risk atau TLO. Pemilik kendaraan juga tidak diwajibkan untuk memilih asuransi apapun.

Saat anda membeli mobil atau motor baru dengan cash ( tunai ) maka anda biasanya akan disarankan atau diarahkan untuk memilih jenis asuransi untuk kendaraan baru anda, hal ini semata mata untuk tindakan preventif yang kemungkinan terjadi pada kendaraan anda. Dan biaya harus anda bayar secara cash.

Hal berbeda jika anda membeli mobil dengan sistem angsuran ( kredit ), maka jika anda membeli secara kredit mobil baru di wajibkan memilih jenis asuransi all risk. Dan jika anda kredit mobil bekas, maka anda disarankan untuk memilih jenis asuransi TLO, meskipun anda juga tidak dilarang jika menginginkan asuransi all risk. Biaya premi biasanya ditambahkan atau dimasukkan ke dalam harga mobil.

asuransi all risk

Bagaimana sebaiknya anda memilih jenis asuransi untuk kendaraan anda. Tentu hal pertama yang harus anda pikirkan adalah untuk apa nantinya mobil anda akan digunakan. Hal ini sangat penting sebab akan berguna jika suatu saat kendaraan anda mengalami masalah yang berkenaan dengan polis asuransi.

Sebagai contoh jika anda menggunakan mobil untuk bekerja setiap hari dan selalu melewati daerah daerah yang sering digunakan untuk berdemo atau sering terjadi huru hara atau sering terjadi bencana atau daerah rawan kecelakaan lalu lintas, dan lainya maka disarankan anda memilih jenis asuransi all risk.

Namun jika anda tinggal di kampung atau kota kecil yang sepi dan jarang sekali terjadi hal hal yang berkenaan dengan bencana alam atau akibat ulah manusia, maka lebih baik mengambil asuransi TLO. Baca juga daftar harga mobil toyota terbaru.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *