Home >> Kendaraan >> Mengenal nomor plat dan kode kendaraan di indonesia

Mengenal nomor plat dan kode kendaraan di indonesia

Mengenal nomor plat nomor kendaraan bermotor dan kode kendaraan bermotor di indonesia. Bagaimana cara mengetahui nomor plat kendaraan kota tertentu di indonesia. Nomor plat kendaraan bermotor sebenarnya berisi kode kode tertentu yang menunjukkan suatu kota atau daerah. Hal ini sangat berguna dan membantu melacak dari mana kendaraan tersebut berasal.

Lebih lengkap lagi bahwa seseorang dapat menemukan pemilik kendaraan hanya dengan melihat nomor plat kendaraan. Hal ini disebabkan karena di dalam nomor plat kendaraan bermotor tersembunyi kode kode tertentu yang hanya dapat diterjemahkan oleh orang orang / lembaga tertentu misalnya pihak kepolisian. Itulah sebabnya mengapa para bapak polisi dapat dengan mudah menemukan tindak kejahatan hanya dengan melihat no kendaraan.

Secara umum kode wilayah di belakang angka terdiri dari dua huruf, namun untuk daerah jakarta dan sekitarnya sudah menggunakan tiga huruf karena adanya kebijakan tertentu ( jumlah kendaraan sudah melebihi ambang batas untuk dua huruf ).

Karena penambahan satu huruf untuk jakarta dan sekitarnya inilah, maka panjang dan lebar no plat kendaraan juga mengalami perubahan. Kalau sebelumnya untuk roda dua ( 250mm x 105 mm ) dan roda empat ( 395mm x 135 mm ), maka sekarang berubah menjadi : untuk roda dua ( 275 mm x 110 mm ) dan roda empat ( 430 mm x 135 mm ).

Dalam setiap nomor plat kendaraan bermotor baik motor maupun mobil terdiri dari dua baris horizontal :

  1. Pada bari pertama ( atas ) yang terdiri dari huruf ( kode wilayah : kota/kabupaten ), angka ( nomor polisi ), huruf ( kode wilayah : kecamatan ), dan huruf terakhir biasanya sebagai pembeda.
  2. Pada baris kedua ( bawah ) yang terdiri dari deretan empat angka ( dua angka – dua angka ) menunjukkan masa berlaku plat no kendaraan. Pada dua angka pertama menunjukkan bulan dan dua angka terakhir sebagai batas tahun.

nomor plat kendaraan

 

Angka bilangan nomor polisi juga dapat dibedakan berdasarkan kategori tertentu, sehingga deretan angka untuk mobil pribadi akan berbeda dengan truk :

Loading...
1 – 2999 & 8000 – 8999 kendaraan berpenumpang
3000 – 6999 * Sepeda motor
7000 – 7999 bus
9000 – 9999 kendaraan beban

ket :

loading...
  • Pada Februari 2010 no kendaraan Jakarta Timur (T) telah habis (6), maka dimulai dengan angka 3.
  • Pada 2011 no kendaraan Jakarta Selatan (S) telah habis untuk (6), maka dimulai dengan angka 3.
  • Pada November 2012 no kendaraan Jakarta Utara (U) telah habis (6), maka dimulai dengan angka 3.

Disamping itu untuk membedakan peruntukannya, maka warna plat kendaraan dibedakan seperti berikut :

WARNA DASAR

WARNA TULISAN

perseorangan dan sewa

hitam

putih

Umum / usaha

kuning

hitam

milik pemerintah

merah

putih

korps diplomatik negara asing

putih/merah

hitam

staf operasional korps diplomatik negara asing *

hitam

putih

kawasan perdagangan bebas

hijau

hitam

ket :

* : Nomor kendaraan terdiri dari lima angka dan diikuti dengan kode negara asal ( dicetak lebihn kecil )

** : Tidak diperbolehkan dimutasi kedaerah lain atau di jual ketempat lain.

Dengan mengetahui arti dari setiap kode pada nomor kendaraan, maka anda juga dapat dengan mudah mengetahui dari mana suatu kendaraan didaftarkan.

Nomor plat mobil maupun motor dapat disesuaikan dengan keinginan pemilik kendaraan yang biasa disebut sebagai nomor plat cantik yang tentunya harus memenuhi beberapa persyaratan tertentu.

Nomor cantik kendaraan ini sering kita lihat pada mobil mobil tertentu yang biasanya mobil mobil kelas mewah. Nomor plat cantik biasanya mampu menerjemahkan siapa pemilik mobil tersebut. Beberapa nomor plat cantik ini, seperti :

nomor plat cantik

 

Kode plat nomor berfungsi untuk menunjukkan tempat atau daerah tertentu tempat tinggal pemilik kendaraan baik itu mobil maupun motor. Dengan melihat kode plat nomor kendaraan maka pihak petugas kepolisian dapat dengan mudah menemukan pemilik asli kendaraan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *