Home >> Kendaraan >> Mengenal lebih jauh tentang batery, aki basah, kering, dan hybrid

Mengenal lebih jauh tentang batery, aki basah, kering, dan hybrid

Kita mengenal beberapa jenis batery di pasaran. Apa yang di maksud dengan batery, aki basah, aki kering, dan aki hybrid. Apa perbedaan dari setiap jenis aki dan bagaimana cara penggunaannya yang paling baik. Definisi aki / accu. Apa itu accu atau aki (biar mudah pengucapannya ). Accu adalah bejana atau tempat yang berisi bahan kimia dan dapat menyimpan energi listrik. Aki berisi larutan kimia H2SO4. Aki sama dengan batery, hanya berbeda isi dan penggunaannya aja. Secara umum aki lebih awet dari pada batery.

Batery berisi bahan kimia berbentuk bubuk yang berasal dari letusan gunung berapi yang telah melalu proses tertentu. Sedangkan accu atau aki berisi cairan kimia ( H2SO4 ) atau ada juga accu yang berisi cairan kimia yang berbentuk gel.

Secara garis besar batery terdiri dari beberapa komponen ( umumnya tiga komponen ), seperti : seng dengan rumus kimia Zn yang berfungsi sebagai kutub negatif ( katoda ), sebuah batang karbon yang berfungsi sebagai kutub positif ( anoda ), dan pasta sebagai penghantar ( elektrolit ).

Sedangkan accu terdiri dari cell cell yang tersusun sejajar. Cell cell anoda terbuat dari elektrode Pb dan cell cell katoda terdiri dari PbO2. Jumlah cell menentukan nilai kelistrikan dari sebuah accu. 1 cell = 2 volt. Jadi jika sebuah aki mempunyai 6 cell berarti aki tersebut mempunyai voltase sebesar 12 volt. Batery dan accu ( aki ) sama sama dapat menyimpan energi listrik. Kalau accu dapat diisi ulang kembali (  recharge ), sedangkan batery ada yang dapat diisi kembali dan ada yang sekali pakai.

Jika digunakan untuk mobil sebaiknya menggunakan aki yang masih bagus, apa lagi ketika akan menempuh jarak jauh seperti mudik lebaran. Aki yang tidak dapat menyimpan energi listrik lebih dari tiga hari sebaiknya anda ganti dengan yang baru. pada dasarnya jika aki sudah mulai lemah harus diganti yang baru. Memang ada beberapa cara untuk membuat aki bagus kembali, tetapi hal ini tidak bertahan lama dan akan menyusahkan jika digunakan untuk mobil. Kalau tidak tunggu waktu anda mendorong kendaraan anda, karena aki tidak kuat untuk star up kendaraan anda.

jenis aki

Pada dasarnya kerusakan aki tidak dapat diperbaiki kembali, sehingga anda harus mengganti aki yang baru. Harga aki berkisar antara ratusan hingga jutaan rupiah. Beberapa tips memperbaiki aki yang telah rusak terbukti tidak dapat membuat aki berfungsi secara maksimal, sehingga untuk kendaraan mobil tetap harus mengganti dengan yang baru.

Loading...

Jenis aki

Secara umum accu / aki mempunyai tiga jenis yaitu :

loading...
  • aki basah
  • aki kering
  • aki hybrid

Aki basah dapat dikenali dengan adanya tutup yang berada di atasnya yang berguna untuk menambah air accu ( air suling ). Penambahan air suling setelah air zuur ( air aki ) berada pada level low atau di bawahnya ( garis bawah ). Pengurangan cairan dalam air aki basah disebabkan oleh penguapan sebagai akibat dari pemakaian. Accu basah memerlukan perawatan yang kontinyu.

Aki kering dapat dikenali dari bentuknya yang simple dan praktis tanpa lobang pengisian. Aki kering disebut juga sebagai aki maintenance free (MF) yang berarti bebas perawatan. Banyak anggapan bahwa aki jenis ini kering ( sesuai dengan namanya ), namun sebenarnya aki kering tetap menggunakan media. Aki kering tidak berisi H2SO4 tetapi berisi gel, sehingga jenis aki kering mempunyai penguapan yang sangat sedikit sekali ( seperti hampir tidak ada penguapan ), sehingga praktis tidak memerlukan penambahan ( gel ).

Sepintas aki hybrid sama dengan aki basah, namun jika diamati lebih jelas ternyata material yang digunakan lebih bagus karena telah dilapisi dengan lapisan anti penguapan, sehingga penguapan aki hybrid lebih sedikit jika dibandingkan dengan aki basah. Sehingga penambahan air suling menjadi lebih lama.

Dari ketiga jenis aki tersebut yang paling murah adalah aki basah, lebih mahal sedikit adalah aki hybrid, dan yang paling mahal aki kering.

Namun dari segi perawatan ternyata aki kering nyaris tanpa perawatan. Aki basah lebih ribet karena sering menambah air suling, dan aki hybryd lebih jarang menambah air suling.

Kelebihan dan kekurangan semua jenis aki

Aki basah merupakan aki yang harganya paling murah. Sebenarnya perawatan aki basah tidak terlalu sulit. Aki basah hanya memerlukan kontrol level air aki saja, tidak lebih dari itu. Namun jika sampai kekeringan sudah pasti akan cepat rusak.

Perawatan aki hybrid lebih mudah dari aki basah, namun harganya sedikit lebih mahal. Aki kering meskipun mempunyai perawatan paling mudah, namun kekurangan dari aki kering adalah dapat mati sewaktu waktu tanpa gejala apapun. Sehingga untuk mobil sebaiknya menggunakan aki basah atau aki hybrid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *