Home >> Kendaraan >> Mengenal cara kerja sistem transmisi mobil manual

Mengenal cara kerja sistem transmisi mobil manual

Bagaimana cara kerja sistem transmisi mobil. Transmisi berarti perpindahan. Sistem transmisi mobil adalah suatu sistem yang berfungsi untuk mempermudah pemindahan gigi percepatan yang diteruskan ke AS roda. Dalam pelaksanaannya pemindahan gigi percepatan dibantu oleh kopling. Kopling pada kendaraan ( mobil maupun motor ) berfungsi untuk mempermudah pemindahan gigi yang diteruskan ke putaran mesin yang pada akhirnya memutar roda penggerak.

Pada awalnya sistem transmisi pada kendaraan khususnya mobil hanya mengenal sistem transmisi manual. Seiring dengan perkembangan teknologi maka sekarang telah dikenal sistem transmisi matic. Sehingga sekarang kita mengenal dua sistem transmisi pada mobil yaitu transmisi mobil manual dan transmisi mobil matic.

Demikian juga dengan sistem bahan bakar kendaraan. Pada awalnya menggunakan sistem karburator, tapi seiring dengan perkembangan teknologi mulai diterapkan sistem injeksi yang ternyata lebih irit dan praktis. Dengan demikian sistem pencampuran bahan bakar pada kendaraan baru sudah beralih ke sistem injeksi. Namun sistem karburator hanya diterapkan pada kendaraan model lama, salah satunya adalah toyota kijang grand extra.

Sistem transmisi mobil manual

Meskipun sedikit merepotkan tetapi mobil manual mempunyai perawatan lebih mudah dari pada mobil matic. Ketika mengalami kerusakanpun biaya servis mobil transmisi manual juga lebih murah, sehingga hingga saat ini permintaan mobil manual masih terhitung lebih tinggi dari mobil matic. Namun sistem bahan bakar tidak lagi menggunakan sistem karburator, tetapi sudah menggunakan sistem injeksi sehingga laju kendaraan menjadi lebih stabil dan pemakaian bahan bakar juga lebih irit.

Namun apakah anda dapat membayangkan bagaimana sebenarnya perpindahan gigi percepatan pada sebuah kendaraan. Tenaga ( putaran ) datang dari engine yang kemudian memutar gear warna merah. Pada posisi netral gigi gigi warna hijau, merah, dan biru bergerak konstan. Gigi ungu dan tuas difenrensial diam. Setelah pengemudi memasukkan gigi 1 ( satu ) misalnya, maka gear warna ungu akan menempel pada roda gigi warna biru ( no 1 ) maka tuas diferensial akan bergerak dan hasilnya kendaraan akan bergerak maju. Demikian seterusnya untuk perpindahan gigi 2, 3, dan seterusnya maupun gigi mundur.

gigi transmisi mobil manual

Loading...

Pemindahan dari gigi rendah ke gigi lebih tinggi sebaiknya dilakukan setelah mesin sedikit bergetar. Pada saat itu kecepatan putaran engine mencapai putaran maksimal. Pemakaian bahan bakar paling irit yaitu ketika pengemudi dalam kecepatan tinggi dan menggunakan gigi paling besar ( gigi 4 ).

loading...

Sistem transmisi mobil matic

Sistem transmisi pada mobil matic mempunyai cara kerja yang berbeda dengan mobil manual. Penggunaan bahan bakar juga lebih boros. Namun meskipun demikian pengguna mobil manual secara perlahan namun pasti mulai beralih ke mobil matic. Karena meskipun boros bahan bakar dan biaya servis lebih mahal, namun mobil matic seakan memanjakan para pengemudi.

Dengan menggunakan mobil matic, anda akan lebih mudah menaklukkan tanjakan. Demikian juga untuk jalan jalan di ibu kota yang selalu macet. Pokoknya dengan mobil matic tidak akan membuat kaki pegal pegal.Pada dasarnya mobil transmisi matic dikendalikan oleh : Torque converter, Planetary gear unit, dan Hydraulic control unit. Tiga sistem inilah yang bertanggung jawab terhadap pergerakan roda mobil matic.

Ketika mengendarai mobil matic biar tambah nyaman, sebaiknya pindahkan gigi ke posisi D3 untuk semua medan jalan. Jangan menggunakan yang lain jika anda tidak paham cara penggunaannya, sebab justru timbul masalah atau kerusakan pada sistem transmisi kendaraan anda. Cek list daftar harga mobil honda terbaru 2016.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *