Home >> Kendaraan >> Kerusakan busi mengakibatkan pembakaran diruang bakar tidak sempurna

Kerusakan busi mengakibatkan pembakaran diruang bakar tidak sempurna

Busi merupakan salah satu komponen kendaraan yang sangat penting khususnya kendaraan yang menggunakan karburator. Namun untuk kendaraan generasi sekarang sebagian besar sudah menggunakan teknologi terbaru ( sistem injeksi ) dan tidak menggunakan karburator lagi sehingga tidak memerlukan busi.

Busi berfungsi sebagai pembakar bahan bakar ( premium ) di ruang bakar. Sehingga jika busi tidak bekerja dengan sempurna tentu akan berpengaruh pada pembakaran bahan bakar dan hal ini akan berakibat langsung pada kendaraan anda. Saat ini banyak kita jumpai jenis busi, seperti : busi iridium, busi racing, busi ngk, busi denso, dan lainnya. Tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan kendaraan anda.

Meskipun fungsi busi sangat vital, namun secara umum harga busi tidak terlalu mahal. Harga busi mobil hanya berkisar antara sepuluh hingga dua puluh ribu. Namun harga busi ada yang sampai ratusan ribu rupiah. Jika motor hanya menggunakan satu busi, namun pada mobil dapat menggunakan tiga hingga empat busi.

Khusus pada mobil maka semua busi harus mempunyai jenis dan type yang sama. Disamping itu juga harus mempunyai kinerja sama bagus. Sebab jika tidak demikian, maka laju kendaraan akan tidak stabil dan pincang bahkan kemungkinan mogok.

Bagi anda yang masih menggunakan kendaraan keluaran lama atau yang masih menggunakan sistem karburator, maka sebaiknya memperhatikan hal hal yang berhubungan dengan sistem pembakaran kendaraan anda terutama busi.

jenis busi

 

Meskipun salah satu busi mobil anda mati, biasanya kendaraan masih dapat hidup, namun tentu saja tidak sempurna dan bunyi mesin pincang. Hal ini sangat mengganggu laju kendaraan anda. Untuk itu sebaiknya anda sedikit mempunyai pengetahuan tentang masalah masalah yang timbul.

Dengan demikian anda cepat dapat mendeteksi kerusakan kendaraan anda sejak dini dan cepat memperbaikinya. Hal ini untuk menjaga supaya kendaraan tidak mogok ditengah jalan. Banyak kerusakan kendaraan yang diakibatkan oleh tidak berfungsinya busi atau diakibatkan oleh mutu busi yang kurang bagus.

Kenali kerusakan kendaraan anda sebelum terlambat dan bertambah parah. Kerusakan kendaraan berarti pengeluaran dana. Pada banyak kasus kerusakan kendaraan akibat pemiliknya yang tidak peka terhadap gejala gejala yang timbul sejak dini.

Kerusakan busi juga dapat mengakibatkan pemborosan bahan bakar kendaraan anda, tarikan berat dan mesin kendaraan cepat panas. Bahkan kendaraan anda akan susah hidup karena busi tidak dapat membakar bahan bakar.

Secara umum jika busi mulai tidak sempurna akan menimbulkan gejala gejala awal atau tanda tanda awal yang dapat anda ketahui ketika mobil hidup, baik ketika mobil sedang jalan maupun ketika mobil sedang berhenti ( langsam ).

Beberapa gejala dan kerusakan busi pada mobil

1. Saat kendaraan langsam ( idle ) :

  • Bunyi mesin mbrebet dan pincang.
  • Ketika dihidupkan agak lama biasanya akan mati pada gas nol.
  • Sangat sulit menentukan atau menyetel secara stasioner.
  • Ketika mesin dapat hidup, biasanya putaran mesin kendaraan pincang.

2. Saat kendaraan digunakan jalan :

  • Akselarasi lambat dan tidak spontan.
  • Laju kendaraan terasa sangat berat meskipun gas ditambah.
  • Kecepatan kendaraan tidak sebanding dengan injakan gas.
  • Tenaga sangat kurang.

Tidak kalah pentingnya dari busi adalah kondisi kabel busi. Kabel busi yang lama digunakan biasanya keras dan kemungkinan juga pecah pecah. Hal ini akan mengganggu aliran listrik yang menuju busi. Sebaiknya ganti dengan kabel baru. Kabel busi yang bocor akan mengakibatkan pengapian berkurang dan berakibat sama dengan kerusakan busi.

Busi juga mempunyai masa pakai, sehingga setelah melewati masa pakai sebaiknya busi ganti yang baru. Masa pakai busi biasanya selama setahun atau setelah kendaraan menempuh 20,000 km mana yang tercapai lebih dulu. Setiap lima ratus km sebaiknya periksa dan bersihkan. Periksa juga kerenggangan busi dan stel kembali sesuai rekomendasi.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *