Home >> Kendaraan >> Bagaimana cara perpanjangan kendaraan yang benar

Bagaimana cara perpanjangan kendaraan yang benar

Cara perpanjangan kendaraan bermotor khususnya mobil dan motor semakin dipermudah. Bahkan perpanjangan kendaraan hanya membutuhkan beberapa menit saja tidak sampai 30 menit sudah kelar. Hal ini merupakan terobosan yang patut di acungin jempol. Berikut cara perpanjangan kendaraan terbaru. Baca daftar harga mobil toyota terbaru 2016. Perpanjangan pajak kendaraan bermotor dihitung berdasarkan besar kecilnya harga kendaraan dan dibayar selama setahun sekali. Setelah lima tahun dilakukan penggantian plat nomor kendaraan. Bagaimana cara melakukan pembayaran saat perpanjangan pajak kendaraan bermotor saat ini.

Pajak kendaraan bermotor harus dibayar oleh wajib pajak sekali dalam setahun. Pembayaran pajak kendaraan ini sering disebut sebagai perpanjangan STNK ( Surat Tanda Nomor Kendaraan ). Sehingga ketika anda melakukan pembayaran pajak untuk sepeda motor atau mobil anda, sebenarnya adalah memperpanjang ijin nomor kendaraan anda. Anda bisa cek list harga motor yamaha terbaru 2016.

Perpanjangan STNK motor maupun STNK mobil melalui proses yang sama, hanya biaya untuk mobil lebih besar dari pada biaya perpanjangan stnk motor. ikuti petunjuk mudah berikut.

Pajak STNK motor ditentukan dari nilai harga dari kendaraan, sehingga semakin mahal harga mobil atau motor maka semakin besar pula nilai pajak yang harus dibayarkan.

Dari pembayaran pajak kendaraan inilah yang nantinya digunakan untuk prasarana jalan dan hal lainnya yang berhubungan dengan kenyamanan dan keamanan kendaraan anda.

Meskipun anda memperpanjang ijin kendaraan setahun sekali, namun plat tanda nomor kendaraan hanya berlaku hingga 5 tahun saja, sehingga setiap lima tahun anda akan dikenakan biaya penggantian plat nomor kendaraan anda yang pembayaran dan pelaksanaannya digabung dengan perpanjangan STNK anda.

perpanjangan stnk

Cek pajak kendaraan anda secara online. Hal ini merupakan terobosan yang cukup menggembirakan, namun hingga saat ini belum semua daerah di Indonesia yang mampu menyediakan fasilitas cek pajak kendaraan online. Baca juga harga mobil honda terbaru OTR jakarta 2016.

Pajak kendaraan online mulai diterapkan di beberapa daerah, namun hanya sebatas informasi tentang besarnya pajak saja. Namun ada beberapa contoh daerah yang telah membuka info tentang besarnya pajak kendaraan yang harus dibayar, seperti : samsat propinsi Jawa Tengah, Samsat Jambi, dan Samsat Lampung.

Kemungkinan daerah lain akan menyusul. Dengan adanya info pajak kendaraan secara online tentu akan mempermudah para wajib pajak untuk mempersiapkan dana yang harus dibayarkan.

Pembayaran pajak stnk mobil maupun motor secara manual dapat dilakukan di kantor SAMSAT setempat. Di beberapa SAMSAT telah mengalami perubahan yang cukup positif, yaitu layanan pembayaran kendaraan bermotor paling lama satu jam.

Apa saja syarat perpanjangan kendaraan saat melakukan perpanjangan STNK. Syarat perpanjangan STNK adalah membawa KTP ( sama dengan nama yang tercantun di STNK), BPKB kendaraan, dan STNK. Untuk lebih jelasnya lihat syarat perpanjangan kendaraan untuk mobil maupun motor :

  1. STNK asli dan foto copy
  2. BPKB asli dan foto copy
  3. KTP asli dan foto copy (nama yang tercantung di KTP harus sama persis dengan yang ada di STNK)
  4. Biaya proses

Perpanjang STNK motor maupun mobil anda sebelum terlambat. Denda pajak kendaraan bermotor diberlakukan jika wajib pajak melakukan pembayaran melebihi tanggal masa berlaku, namun keterlambatan 1 hingga 3 hari belum dikenakan denda.

Bagaimana cara penghitungan besarnya denda. Pada 2014 ini menurut Humas Mabes Polri bahwa besarnya denda keterlambatan pembayaran ditetapkan sebagai berikut :

Besarnya denda PKB sebesar : 25 % per tahun

Besarnya denda SWDKLLJ sebesar : 32.000 (motor ) & 100.000 ( mobil ).

Misalnya pembayaran sepeda motor anda terlambat 3 bulan, maka anda akan dikenakan tambahan biaya sebesar :

(3/12) x (25%) x (biaya PKB) + 32.000

Berita positif datang dari Dinas Pajak dan Pendapatan Daerah DKI Jakarta tentang Penghapusan Sanksi Administrasif Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaran Bermotor.

Sesuai dengan surat keputusan nomor No 265 Tahun 2014. Bahwa pembayaran pajak kendaraan dari tanggal 14 Februari hingga 31 Maret 2014 tidak dikenakan denda akibat keterlambatan ( perpanjangan STNK dan Bea Balik Nama ), sehingga para wajib pajak hanya dikenakan pokoknya saja.

Menurut pengalaman admin bahwa pembayaran pajak kendaraan bermotor sangat mudah dan cepat. Tidak sampai satu jam telah selesai. Dengan demikian sebaiknya anda mulai mencoba untuk melakukan pembayaran sendiri tanpa melibatkan pihak lain.

Tanpa disertai BPKB ( masih kredit / ada di bank ) masih dapat dilakukan dengan mudah, namun tanpa disertai KTP asli biasanya lebih sulit. Baca juga cara kredit honda mobilio 2015.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *