Home >> Kendaraan >> Bagaimana cara kredit mobil baru dan bekas

Bagaimana cara kredit mobil baru dan bekas

Bagaimana sebenarnya cara kredit mobil baru maupun mobil bekas supaya di acc. Apa saja persyaratan dan cara kredit mobil yang benar. Secara umum syarat kredit mobil baru maupun bekas sama. Namun sebaiknya anda memikirkan keuntungan dan kerugian sebelum kredit kendaraan, karena jika anda telat membayar maka anda akan mengalami kerugian cukup besar. Cek daftar harga mobil honda terbaru 2016.

Siapapun dapat mengajukan permohonan untuk membeli kendaraan baru atau bekas dan kemungkinan besar permohonannya dikabulkan, asalkan dapat memenuhi semua persyaratan yang diajukan oleh bank penjamin / leasing. Apa lagi karena banyaknya persaingan maka persyaratan kredit lebih dipermudah. Inilah daftar harga toyota terbaru 2016.

Syarat kredit mobil sebenarnya hanya memerlukan data pribadi seperti KTP dan data penghasilan. Data lainnya biasanya dibantu oleh pihak penjual. Namun sebaiknya memang harus dipikirkan dengan benar, sebab kredit mobil biasanya memerlukan waktu beberapa tahun.

Apa saja persyaratan untuk kredit mobil. Ketika anda memutuskan untuk mengambil atau membeli kendaraan baru maupun bekas secara kredit, maka anda harus mampu dan dapat memenuhi semua persyaratan yang diajukan oleh pihak pemberi kredit. Secara umum semua leasing meminta persyaratan hampir sama, jika ada perbedaan biasanya adalah lamanya jangka waktu pembayaran dan besarnya suku bunga.

Lihat juga daftar harga suzuki ertiga bekas dan toyota kijang kapsul bekas. Berikut persyaratan yang harus dipenuhi jika ingin membeli kendaraan secara kredit.

cara kredit mobil

 

Persyaratan kredit mobil

Mobil baru Mobil bekas
Warga negara Indonesia Indonesia
Uang muka (dp) Minimal 30* Minimal 30*
Lama angsuran 5 tahun** 5 tahun**
Usia saat lunas maksimal 64 tahun maksimal 64 tahun
Usia kendaraan maksimal 14 tahun*** maksimal 14 tahun***

Ket:

* : Pada show room tertentu dapat membantu dp kurang dari 30%

** : Tergantung kebijaksanaan bank/leasing, biasanya tergantung besarnya harga kendaraan.

*** : Tergantung kebijakan bank/leasing

Disamping persyaratan kredit, maka anda juga harus mempersiapkan beberapa dokumen, seperti :

Dokumen Pekerja swasta Prof
Foto copy KTP  √  √  √
Foto copy KK  √  √  √
Slip gaji asli  √ x x
Foto copy ijin praktek x x  √
Copy rekening listrik  √  √  √
Foto copy NPWP  √  √  √
Copy akte nikah  √  √  √
Copy buku tabungan  √  √  √
Foto copy SIUP x  √  √

Ket : Kelengkapan dokumen diperlukan, namun jika ada kekurangan biasanya dapat dibantu.

Cara kredit mobil baru

Sebelum anda memutuskan membeli / kredit mobil baru sebaiknya mempersiapkan segala sesuatunya seperti besarnya dp (uang muka) dan sejumlah persyaratan lainnya. Besarnya uang muka sekitar 30% dari harga jual kendaraan pilihan anda. Jika anda membeli mobil baru secara cash harus hati hati sebelum memberikan uang tanda jadi.

Pada beberapa dealer hanya memberikan waktu pelunasan hanya beberapa hari saja setelah penyerahan uang tanda jadi. Sehingga jangan memberikan uang muka untuk tanda jadi sebelum anda mempunyai gambaran yang jelas dan pasti kapan anda mendapatkan dana untuk pelunasan, sebab jika janji pelunasan anda terlewati, maka kemungkinan besar uang dp anda akan hilang.

Demikian juga ketika anda kredit mobil bekas. Uang dp 30% sesuai peraturan pemerintah akan diterapkan. Namun biasanya show room mobil bekas yang berpengalaman dapat membantu anda dengan membayar dp dibawah 30%.

Hal ini pernah saya alami. Harga mobil 96 juta, seharusnya menyerahkan dp sekitar 30 juta, namun karena keterbatasan dana, maka saya hanya dikenakan dp sebesar 20 juta dengan lama kredit 4 tahun.

Beberapa bank / leasing pemberi kredit juga menerapkan jangka waktu pembayaran kredit berbeda. Untuk harga 100 juta ke bawah biasanya hanya memberikan waktu pengembalian 3 tahun, namun pada beberapa bank/leasing dapat 4 tahun. Sehingga sebaiknya anda mencari show room yang mempunyai kerja sama dengan beberapa bank/ leasing, sehingga dapat membantu anda membayar angsuran sesuai dengan kemampuan.

Simulasi kredit mobil dapat membantu anda untuk mempelajari kemampuan anda dalam membayar besarnya angsuran, sehingga anda tidak kerepotan dalam pembayaran angsuran.

Saat ini anda dapat dengan mudah memperoleh informasi yang sebenarnya tentang besarnya dp, lama angsuran, dan jumlah angsuran. Anda dapat melakukan simulasi kredit mobil, seperti pada website simulasikredit.com, sehingga anda dapat mendapatkan gambaran yang jelas.

Over kredit mobil sebaiknya dihindari karena jelas merugikan anda. Namun karena suatu sebab ( terpaksa ), sehingga anda melakukan over kredit kendaraan anda. Beberapa kerugian ketika anda melakukan over kredit kendaraan :

  • Dana yang sudah masuk ( pembayaran angsuran ) akan hilang, karena pihak pembeli hanya mau meneruskan angsuran.
  • Pemilik kendaraan hanya mendapatkan uang kembali sebesar uang dp kendaraan.
  • Sangat sulit menemukan orang yang mau melanjutkan angsuran mobil anda.

Dengan demikian sebaiknya anda berfikir seribu kali sebelum melakukan over kredit kendaraan anda. Dapatkan harga motor yamaha terbaru update 2016.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *