Home >> Kendaraan >> Apa saja persyaratan pengajuan klaim asuransi mobil dan motor

Apa saja persyaratan pengajuan klaim asuransi mobil dan motor

Apa saja sih persyaratan klaim asuransi kendaraan. kalau pengin aman, maka mobil maupun motor anda sebaiknya ikut asuransi. Apa saja sih persyaratannya, pelajari selengkapnya di sini. Pahami persyaratan apa saja sebelum anda mengajukan klaim asuransi kendaraan baik itu mobil ataupun motor. Prosedur klaim asuransi harus benar benar anda pahami karena biasanya tata cara klaim asuransi masih kurang dipahami oleh sebagian besar tertanggung.

Klaim asuransi kendaraan bermotor berlaku saat kendaraan anda mengalami masalah, seperti tabrakan, kehilangan, tergores, pecah ban, dan lainnya. Namun biasanya setiap jenis asuransi mobil mempunyai nilai pertanggungan yang berbeda. Untuk itu pastikan anda memilih salah satu jenis asuransi yang paling sesuai dengan kebutuhan anda.

Di samping itu setiap perusahaan jasa asuransi juga memiliki prosedur klaim yang berbeda, sehingga pahami betul sebelum anda mendaftarkan kendaraan anda, hal ini untuk memudahkan klaim kendaraan anda nantinya.

Namun untuk klaim asuransi motor biasanya hanya ditanggung jika terjadi kehilangan saja, namun demikian tidak tertutup kemungkinan juga atas kerusakan kendaraan seperti tabrakan dan lainnya. Untuk hal demikian tentu anda harus mengajukan asuransi motor secara khusus.

Secara umum pendaftaran asuransi kendaraan baik itu mobil maupun motor sangat mudah. Anda hanya perlu menyerahkan foto copy STNK kendaraan dan foto copy KTP anda. Setelah itu anda berkewajiban untuk melunasi besarnya biaya sesuai dengan jenis asuransi yang anda ambil. Anda juga harus menyetujui semua persyaratan yang diajukan pihak jasa asuransi. Dengan demkian pilihlah asuransi mobil terbaik.

asuransi tabrakan mobil

Ada beberapa hal penting mengenahi klaim asuransi ini. Bahwa anda telah mempunyai bayangan yang jelas tentang apa saja yang dapat ditanggung ( pengajuan klaim ) pihak penanggung ( pihak jasa asurasi ) jika terjadi masalah pada mobil anda. Jangan sampai terjadi pengajuan klaim anda ditolak karena tidak sesuai dengan jenis asuransi yang anda ambil.

Sebagai contoh saat terjadi tabrakan dan mobil anda penyok, maka langkah anda selanjutnya tentu mengajukan klaim asuransi untuk perbaikan mobil sehingga kembali seperti semula. Namun ternyata klaim asuransi kendaraan anda ditolak mentah mentah oleh pihak jasa asuransi.

Pihak perusahaan asuransi dengan tegas menolak klaim anda karena mobil penyok tidak ditanggung kecuali kerusakan di atas 50%. Jika sebelumnya anda memilih asuransi all risk tentu mobil anda akan ditanggung, tetapi jika anda memilih asuransi TLO sudah barang tentu akan di tolak.

Hal inilah mengapa memahami dan mempelajari setiap jenis asuransi kendaraan menjadi sangat penting. Contoh kasus di atas sangat sering terjadi akibat dari kurang sosialisasi dari pihak jasa asuransi dan juga akibat tertanggung ( pemilik mobil ) tidak paham tentang seluk beluk klaim asuransi.

Tidak kalah pentingnya adalah saat anda akan melakukan pengajuan klaim asuransi, maka anda diharuskan untuk memenuhi semua persyaratan pengajuan klaim asuransi kendaraan khususnya untuk klaim mobil dan motor. Berikut semua persyaratan saat anda mengajukan klaim asuransi.

Prosedur pengajuan klaim asuransi kendaraan

Yang pertama harus anda lakukan tentunya mendatangi perusahaan jasa asuransi tempat mobil anda di asuransikan dan jangan lupa membawa semua bukti bukti yang diperlukan, seperti :

  • surat dari kepolisian sebagai penguat bukti.
  • mobil anda ( foto kerusakan jika kendaraan tidak dapat jalan ).
  • Foto copy polis asuransi mobil, foto copy SIM, foto copy STNK, dan surat penting lainnya yang diperlukan.
  • Jika anda menabrak, maka bawa juga : pernyataan tuntutan ganti rugi dari pihak ketiga.

Tuntutan klaim asuransi atau pembayaran ganti rugi anda terhadap pihak ketiga ( mobil yang anda tabrak ) akan ditolak jika ternyata mobil yang anda tabrak tidak mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku, seperti tidak punya SIM, mobil tidak dilengkapi dengan surat surat yang sah, pengemudi di bawah umur, mengemudi saat mabuk, dan lainnya. Singkat kata antara penabrak dan yang ditabrak harus dapat memenuhi persyaratan laik jalan kendaraan. Tanpa itu semua maka kemungkinan klaim akan ditolak.

Jika bukti bukti yang anda bawa telah lengkap dan disetujui maka anda akan mengisi formulir pengajuan klaim asuransi. Baca juga daftar harga mobil toyota terbaru.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *