Home >> Harga Tiket >> Tips dan tutorial cara naik pesawat terbang di bandara

Tips dan tutorial cara naik pesawat terbang di bandara

Bagi yang baru pertama kali masuk bandara menuju tempat pemberangkatan pesawat terbang untuk take off atau lepas landas tentunya akan kebingungan karena belum paham tata caranya, Inilah tips lengkap tutorial bagaimana tahap demi tahap cara naik pesawat terbang di bandara dari mulai masuk bandara, take off, hingga landing. Sehingga anda tidak kebingungan harus mulai dari mana, sebab seperti kita tahu bahwa sebagian besar masyarakat kita belum paham tentang cara naik pesawat terbang. Hal ini tentu sangat berguna seiring dengan harga tiket pesawat terbang yang semakin murah dan terjangkau.

Dengan demikian akan semakin banyak masyarakat yang akan mempergunakan jasa pesawat terbang untuk berbagai keperluan terutama saat ada acara acara mendesak yang membutuhkan waktu tempuh singkat. Hal ini terbukti dengan semakin padatnya jalur keberangkatan dan kedatangan pesawat terbang. Apalagi dengan adanya diskon seperti harga promo tiket pesawat yang lebih miring sehingga banyak konsumen yang memanfaatkan kesempatan tiket murah ini.

Seperti diketahui bahwa tata cara membeli tiket pesawat sangat berbeda dengan saat anda membeli tiket bus, dengan demikian untuk memudahkan perjalanan anda maka mesti paham tutorial naik pesawat terbang secara umum. Disamping itu juga saat pembelian tiket pesawat juga mesti tepat waktunya karena bisa jadi anda akan kehabisan tiket. Langkah paling aman adalah booking tiket pesawat beberapa minggu sebelumnya. Apalagi jika anda ingin naik sriwijaya air harus pesan sebelum terlambat, sebagai info bahwa harga promo tiket pesawat khususnya Sriwijaya Air sangat terbatas, jadi siapa cepat dia yang dapat.

Saat ini tiket pesawat sriwijaya dapat dibeli diberbagai mini market seperti alfamart, alfamidi, indomart, dan tempat tempat penjualan khusus lainnya. Keadaan ini tentunya lebih mempermudah cara mendapatkan tiket pesawat, karena tidak harus pergi langsung ke bandara hanya sekedar membeli tiket pesawat terbang. Tentunya hal yang sama jika anda memilih maskapai penerbangan lainnya, paling tidak saat ini pembelian tiket pesawat lebih banyak dilakukan di luar bandara. Apalagi bagi mereka yang mempunyai jalur internet tentunya akan lebih mudah karena penjualan tiket pesawat juga ada di online shop, cukup banyak rekanan bisnis penjualan tiket pesawat terbang lewat situs situs resmi.

Lantas bagaimana langkah langkah cara naik pesawat terbang di bandara keberangkatan. Pada umumnya beberapa saat sebelum lepas landas atau take off, para calon penumpang diwajibkan untuk melalui beberapa tahap yang sesuai dengan standarisasi yang diterapkan oleh bandara setempat, seperti : test X-Ray, check-in, Domestic Departure, penyerahan tanda pengenal, dan lainnya. Hal hal tersebut sebenarnya untuk kenyamanan dan keamanan anda juga. Seperti diketahui bahwa bandara juga merupakan pintu masuk berbagai barang ilegal, sehingga terkadang pengamanan juga sangat ketat, seperti bandara internasional soekarno hatta. Berikut tutorial singkat apa saja yang harus anda kerjakan dan anda jalankan sebelum take off.

naik pesawat terbang

  1. Pastikan anda membawa segala sesuatu atau barang barang bawaan yang penting penting saja, sebab bagaimanapun juga berat barang sangat dibatasi. Pastikan juga anda tidak membawa barang barang terlarang, jangan lupa membawa tiket dan tanda pengenal lainnya. Supaya tidak terburu buru maka pastikan anda telah ada dibandara 1 hingga 2 jam sebelum keberangkatan.
  2. Langkah awal anda tentunya langsung menuju kebagian atau ruang Departure atau Keberangkatan, jika anda akan bepergian ke dalam negeri maka pilih yang bertuliskan “Domestic Departure” atau “Keberangkatan Domestik”, Dan di sana ada petugas yang akan memeriksa tiket anda.
  3. Selanjutnya anda akan diarahkan ke pemeriksaan wajib yakni X-Ray. Disinilah yang perlu anda waspadai karena jika petugas curiga maka anda akan kerepotan di sini. Di ruang khusus pemeriksaan barang bawaan ini semua tidak ada yang bisa lolos termasuk hp maupun sepatu anda. Pendek kata semua barang bawaan akan melalui tes X-Ray secara ketat. Jangan gugup santai aja, kalau memang tidak ada yang salah juga nggak apa apa.
  4. Silahkan langsung menuju ruang “counter check-in”. Di sini bisa menghabiskan beberapa puluh menit karena anda harus mencari maskapai penerbangan yang sesuai dengan yang tertera dalam tiket, kemudian sesuaikan lagi dengan kota tujuan anda. Setelah ketemu, langsung saja tunjukkan tiket dan tanda pengenal diri ( KTP / SIM / ID Card ) kepada petugas di pintu masuk. Jika semuanya cocok dan tidak ada kejanggalan, maka letakkan barang bawaan ke bagasi pesawat dengan menaruhnya di “conveyor belt” atau ban berjalan. Bersamaan dengan itu petugas check-in akan memberikan : nomor bukti bagasi, nomor tempat duduk, dan juga Gerbang/Gate.
  5. Baca lembar Gerbang/Gate baik baik secara teliti karena disitulah anda harus menunggu pesawat yang akan membawa ketempat tujuan. Jangan sampai salah alamat ya. Usahakan anda sampai ke ruang tunggu pemberangkatan ini paling tidak sekitar 30 menit sebelum pesawat berangkat.
  6. Santai saja sambil menunggu kedatangan pesawat terbang yang akan membawa ke tempat tujuan. Setelah ada pengumuman Boarding ( anda dipersilahkan untuk naik ke pesawat terbang ) segeralah untuk naik secara tertib dan tidak perlu terburu buru.
  7. Nah disinilah yang paling asyik karena anda akan bertemu dengan para pramugari pesawat terbang yang cantik cantik untuk membantu anda mencari tempat duduk sesuai dengan tiket.

Bagi pemula tentunya akan sedikit merepotkan karena harus tengok sana sini mencari cari, namun jangan takut karena anda akan dibimbing petugas bandara jika menemui kesulitan. Ketahui juga harga tiket kereta api terbaru

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *