Home >> Harga Motor >> Petunjuk singkat cara membeli motor bekas

Petunjuk singkat cara membeli motor bekas

Tidak gampang membeli motor bekas jika anda belum paham cara membeli motor bekas yang benar, sebab jika salah memilih anda akan menderita kerugian cukup besar karena harus mengeluarkan biaya tambahan untuk memperbaikinya. Memang banyak sih motor bekas harga murah namun jangan sampai tertipu harga dan penampilan fisiknya saja. Berikut saya tunjukkan tips mudah cara membeli sepeda motor bekas yang benar supaya anda mendapatkan motor sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda. Selain mendapatkan motor bekas dengan tampilan dan performa mesin prima juga harganya masih di bawah pasaran.

Saat ini lumayan banyak para pedagang motor bekas, bahkan di setiap sudut jalan sering kita lihat motor motor bekas berjejer siap melayani pembelian baik itu secara cash maupun secara kredit. Kalau dilihat tampilannya sih sebagian besar motor bekas tersebut memang oke dan kinclong, tapi harganya wow rata rata diatas harga pasaran. itulah sekilas tentang jual beli motor bekas. Secara umum para pedagang mokas ini membeli serendah rendahnya dan menjual setinggi tingginya. Pada dasarnya ada beberapa tempat penjualan sepeda motor bekas.

Lantas apa harus mencari motor bekas yang di pajang oleh para pedagang mokas tersebut. Tunggu dulu, memang sih tampilannya oke, namun kalau di teliti lebih dalam ternyata motor motor bekas tersebut ternyata kondisinya tidak oke semua. Jadi jika anda tidak mau repot ya membeli mokas di pedagang, selain mudah juga kelengkapan surat suratnya lebih terjamin, namun ya itu tadi kalau motornya masih original harganya tentu selangit.

Kalau anda mau sedikit repot ada baiknya mendatangi tempat lelang motor bekas yang sekarang banyak jumlahnya dan hampir tiap minggu digelar lelang. Tapi ya itu tadi anda harus membekali diri dengan pengetahuan tentang mesin dan suku cadang sepeda motor. Lho memang kenapa kan cuma tinggal beli. Sebagai tambahan bahwa motor motor yang dijual di tempat lelang merupakan motor motor tarikan akibat kredit macet. Semua juga tahu akan hal itu.

cara membeli motor bekas
cara membeli motor

Ok tunggu dulu, sudah rahasia umum bahwa sebagian motor motor tarikan ini kadang pemilik sebelumnya sedikit nakal dengan mengganti sebagian suku cadang atau yang lainnya dengan yang lebih ( kualitas ) jelek. Kalau hanya penggantian fisiknya sih kelihatan, namun bagaimana kalau jeroannya. Disinilah kejelian, ketelitian dan pengetahuan tentang motor amat sangat diperlukan.

Tempat penjualan motor lainnya yakni di masyarakat yang kebetulan ingin menjual motornya karena butuh dana segar atau akan mengganti motornya. Kalau anda membeli motor di masyarakat sebenarnya mempunyai peluang besar untuk mendapatkan motor bagus dan motor harga murah. namun tetap saja mempunyai kendala dan lagi lagi pengetahuan anda akan sepeda motor juga diperlukan dan jangan lupa membeli motor di rumah rumah mempunyai peluang besar mendapatkan motor aspal ( asli tapi palsu ) terutama surat suratnya.

Kesimpulannya : Dimanapun anda akan membeli sepeda motor bekas, maka di sana terdapat sejumlah masalah yang harus anda hadapi ( pedagang / tempat lelang / penduduk ). Namun jika anda membekali diri tentang pengetahuan mesin dan jeli akan surat surat motor tentu semua itu tidak akan menjadikan masalah yang cukup berarti. Dimanapun anda akan membeli motor bekas tidak masalah.

Tips singkat cara membeli motor bekas

Ada beberapa petunjuk sehingga anda mendapatkan motor bekas murah dan dengan performa mesin standar serta original :

  • Siapkan budget ( dana ) sesuai dengan sepeda motor bekas yang anda inginkan.
  • Pilih tempat penjualan motor bekas ( pedagang, tempat lelang, rumah rumah warga ).
  • Jika anda memilih membeli langsung dari pemakai, maka perhatikan surat suratnya dan pastikan keasliannya ( dapat melakukan cek fisik di SAMSAT jika meragukan, jika harga sudah clear namun jangan dilunasi sebelum mendapatkan kepastian surat surat asli ).
  • Pastikan anda melihat langsung motor yang akan anda beli dan jangan percaya apapun keterangan sang penjual sebelum anda mencobanya sendiri.
  • Cobalah untuk menghidupkan motor dengan stater elektrik ( pedal engkol ) dengan sekali star hidup. Hidupkan motor dengan langsam ( jangan di geber ). Pastikan motor hidup stabil saat stasioner.
  • Mintalah ijin untuk test drive, perhatikan keseimbangan stang stirnya dan lainnya.
  • Amati dengan teliti tampilan motor ( cat, peleg, kembang ban, rantai, accu, dan lainnya ).
  • Raba dan amati bagian bawah mesin, apakah ada rembesan olie.
  • Sekarang anda sudah mengerti dan mengamati sendiri seluruh keadaan motor yang akan anda beli dan mulailah melakukan penawaran.

Bagaimana cara penawaran motor bekas yang benar. Sebelum anda melakukan penawaran harga motor bekas, maka pastikan dahulu berapa harga pasaran motor tersebut. Sebelumnya anda sudah mengamati dengan teliti baik itu mesin maupun tampilan motor incaran anda. Maka harga penawaran anda seharusnya :

Harga motor bekas = harga pasaran – harga perbaikan

Dengan harga penawaran yang benar maka anda tidak akan merugi karena harus melakukan perbaikan sebab sudah anda perhitungkan sebelumnya. Demikian tips singkat cara membeli motor bekas yang benar dan tidak merugi karena perbaikan setelah melakukan pembelian.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *