Home >> Harga Mobil >> Apakah pajak dan harga kendaraan bermotor akan naik pada awal tahun

Apakah pajak dan harga kendaraan bermotor akan naik pada awal tahun

Biaya Pajak kendaraan bermotor diprediksi akan naik pada awal tahun 2014. Kenaikan harga akan mengarah ke berbagai sektor terutama sektor angkutan, harga kendaraan, pajak kendaraan bermotor dan sektor sektor lain. Kenaikan berbagai kebutuhan ini biasa terjadi setiap awal tahun. Salah satu pemicunya adalah adanya kenaikan upah buruh setiap awal tahun. Sehingga untuk menutup cost upah buruh, maka semua perusahaan tentu akan menaikkan harga produknya. Dan pada akhirnya akan terjadi kenaikan di segala bidang, termasuk kebutuhan pokok.

Pada kesempatan kali ini “Berita Otomotif Online” hanya akan membahas kenaikan harga yang berhubungan dengan kendaraan. Rupanya rencana kenaikan tidak hanya terjadi pada harga kendaraan baru, harga kendaraan bekas juga diperkirakan akan mengalami kenaikan antara 1 hingga 5 jutaan. Menurut perhitungan jika terjadi kenaikan harga kendaraan baru pasti akan diikuti oleh kenaikan harga kendaraan bekas.

Melemahnya nilai rupiah terhadap dolar juga menjadi pemicu kenaikan harga kendaraan. Diperkirakan nilai rupiah akan tembus hingga diatas 12 ribu/dolar amerika pada awal kwartal pertama, sehingga harga barang impor juga tentu naik. Keadaan ini diperparah dengan rencana pemerintah menaikkan pajak kendaraan bermotor.

Pada awal tahun 2014 ini beberapa ATPM ( agen tunggal pemegang merek ) sudah mulai merencanakan untuk menaikkan harga kendaraan bermotor produk mereka. Namun mereka (ATPM ) menjamin bahwa kenaikkan harga kendaraan baru tidak akan melemahkan daya beli masyarakat terhadap kendaraan, sehingga mereka tetap yakin target penjualan akan tercapai.

pajak kendaraan bermotor

 

Kenaikan harga kendaraan baru cukup bervariasi dan tergantung dari type maupun jenis kendaraan. Berikut beberapa ATPM yang berencana menaikkan harga kendaraan produk mereka, seperti :

ATPM

Rencana kenaikkan harga kendaraan

Toyota Astra Motor

3 juta hingga 4 juta

Astra Daihatsu Motor

4 juta hingga 7 juta

Suzuki Indomobil

1,5 juta hingga 3 juta

Honda Prospect Motor

2% hingga 5% (bertahap)

Diperkirakan harga kendaraan baru akan mengalami kenaikan. Besarnya bervariasi tergantung type maupun jenis kendaraan. Kenaikan harga kendaraan baru ini merupakan penyesuaian harga karena ada kenaikan biaya PBBNKB (Pajak Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor ) dan melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar amerika. Type dan merek kendaraan yang diperkirakan mengalami kenaikan harga adalah:

Perkiraan harga kendaraan yang mengalami kenaikan

Merek Model Perkiraan naik
Daihatsu Xenia 1,75 juta hingga 2 jutaan
Terios 1,75 juta hingga 2 jutaan
Daihatsu Luxio 1,5 juta hingga 4 jutaan
Gran Max pick-up 1 jutaan
Gran Max minibus 1,5 jutaan
Suzuki 1,5 juta hingga 3 jutaan
Toyota Belum ditentukan
Honda Belum ditentukan
KIA Belum ditentukan

Sementara itu kenaikan pajak progresif kendaraan bermotor diperkirakan bakal mengalami kenaikan cukup signifikan. Kenaikan pajak progresif kendaraan ini diperkirakan mencapai 100%. Kenaikan pajak progresif yang cukup tinggi ini diperkirakan untuk pertambahan mobil baru di ibu kota.

Pajak progresif adalah suatu jenis pungutan ( pajak ) yang dikenakan untuk mereka yang mempunyai kendaraan pribadi lebih dari satu dengan ketentuan nama dan alamat sama. Semakin banyak kendaraan yang dimilliki oleh seseorang, maka besarnya pajak progresif juga semakin bertambah. Untuk menghindari pajak progresif biasanya menggunakan nama berbeda meskipun dengan alamat sama.

Contohnya : Dalam satu keluarga terdiri dari ayah, ibu, dan dua orang anak. Karena suatu kebutuhan maka tiap anggota keluarga harus mempunyai kendaraan sendiri, sehingga sang ayah memutuskan untuk membeli empat buah kendaraan. Tentunya semua kendaraan dibeli oleh sang ayah, sehingga seharusnya nama dan alamat pada BPKB adalah nama sang ayah semua. Jika demikian sang ayah akan dikenai pajak progresif. Untuk menghindari hal ini, maka sang ayah akan membuat empat kendaraan dengan empat pemilik yang berbeda ( ayah, ibu, dan dua orang anak ).

Kenaikan cukup besar juga akan terjadi pada penjualan mobil jenis premium 3000 cc karena mobil ini di impor secara built up ( impor barang jadi ). Dengan menguatnya nilai dolar amerika terhadap rupiah akan secara otomatis manaikkan harga mobil mewah. Namun pada tahun ini kemungkinan kenaikan akan bertambah cukup signifikan karena pemerintah juga berencana menaikkan biaya PPnBM hingga 100% lebih. Baca juga harga mobil honda terbaru.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *