Home >> elektronik >> Mengapa anda tidak belajar mencuci ac rumah sendiri

Mengapa anda tidak belajar mencuci ac rumah sendiri

Membersihkan AC rumah bukan pekerjaan sulit, bahkan bisa dikatakan sangat mudah. Namun banyak diantara mereka yang takut membersihkan perangkat ac. Mengapa anda tidak belajar membersihkan ac sendiri. Cara membersihkan AC kamar anda tidak lama, hanya membutuhkan waktu kurang dari satu jam. Anda tidak perlu mempunyai pompa tekanan tinggi untuk membersihkan AC ruangan anda. Secara garis besar komponen ac rumah tangga hanya ada indoor dan outdoor, sehingga jika anda mau membersihkan hanyalah menyemprot keduanya dengan air tekanan tinggi. Mengingat semakin mahalnya jasa servis untuk mencuci ac, maka sebaiknya anda mulai belajar dan memberanikan diri untuk mencuci ac rumah anda sendiri. Sebenarnya gampang dan tidak ribet.

Membersihkan sistem ac rumah tangga berbeda dengan membersihkan ac mobil. Jika membersihkan ac mobil memerlukan sedikit kepandaian karena berhubungan dengan bongkar pasang sistem ac mobil. Namun saat anda membersihkan AC di rumah cukup dengan menyemprotkan air tekanan tinggi. Jika terpaksa dengan semprotan dari pompa air juga cukup kuat untuk menghilangkan kotoran atau debu.

Namun jika membersihkan AC rumah hanyalah memerlukan kemauan saja dan anda pasti dapat melakukannya. Tidak banyak peralatan yang diperlukan. Membersihkan atau menyemprot ac rumah tangga hanya memerlukan semprotan air bertekanan saja, bahkan tidak perlu dengan tekanan tinggi, yang penting bisa disemprotkan. Lumayan buat tambah pengalaman dan mengurangi biaya untuk pemeliharaan.

Kemungkinan lain adalah tidak mau ribet dengan plastik yang biasanya dimasukkan ke indoor ac ruangan saat disemprot air bertekanan. Padahal sebenarnya bagian indoor tidak harus disemprot air bertekanan. Memang sih yang paling ribet tentu yang bagian indoor sebab harus memindahkan barang barang yang ada di bawahnya.

Dengan membersihkan filter juga sudah cukup, karena filter ac sangat lembut dan rapat, maka debu tidak akan masuk ke kipas blower. Sehingga plastik panjang untuk menutup indoor nyaris tidak diperlukan. Namun demiian sekali waktu tentu harus membersihkan kisi kisi di bagian dalam indoor karena tempelan debu akibat udara lembab.

ac rumah indoor

Sebagian besar pemilik ac takut terjadi kerusakan saat menyemprotkan air ke aoudoor maupun indoor. Padahal sebenarnya outdoor di desain sedemikan rupa sehingga air tidak akan masuk ke sistem kelistrikan. Bahkan banyak diantara mereka menyemprotkan air bertekanan saat ac masih hidup.

ac outdoor

 

Sebelum anda membersihkan filter udara indoor, maka anda buka dahulu tutup indoor sebelah atas. Tutup indoor ini dapat dibuka dengan menarik sedikit karena hanya dikunci dengan sistem klem.

filter ac indoor

Ambil filter udara indoor dan bersihkan dengan air. Saat membersihkan filter udara indoor disarankan jangan di sikat karena terbuat dari bahan plastik lembut yang mudah robek.

Sekarang giliran membersihkan bagian outdoor. Namun untuk berjaga jaga sebaiknya matikan AC dan cabut stop kontak biar aman. Langkah selanjutnya semprot dengan air bertekanan ( tidak perlu tinggi ) hingga bersih.

semprot outdoor ac

Membersihkan ac rumah tangga tidak perlu terlalu sering, cukup dua hingga tiga bulan sekali sudah cukup. Kecuali jika rumah anda dipinggir jalan yang ramai.

Dengan membersihkan ac rumah anda sendiri, paling tidak anda dapat menghemat biaya dan tentu saja anda tambah pengalaman.

Jika anda memerlukan daftar harga ac rumah tangga. Harga ac rumah tidak mahal hanya sekitar dua hingga empat jutaan rupiah untuk 1/2 pk hingga 1 pk. Kunjungi juga harga kompresor ac untuk mobil anda.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *