Home >> Bodi Mobil >> Bagaimana cara mencuci mobil supaya cat tidak pudar

Bagaimana cara mencuci mobil supaya cat tidak pudar

Saat musim hujan tiba maka perawatan kendaraan khususnya mobil harus ditingkatkan. Berikut cara mencuci mobil supaya cat tidak tergores dan tidak cepat pudar. Cara mencuci mobil yang benar tidak hanya sekedar membersihkan bodi mobil dari segala kotoran, jika tidak benar cara mencuci mobil, maka cat mobil akan timbul baret baret kecil yang tentunya tidak enak dipandang lagi.

Mencuci kendaraan khususnya mobil tidak hanya sekedar membersihkan bodi mobil. Ketika anda sedang melakukan pencucian mobil, maka anda harus memikirkan beberapa hal. Selain membersihkan bodi ( cat ) mobil anda juga harus memikirkan bagaimana supaya cat mobil tidak rusak dan pudar. Saat mencuci mobil juga tidak dibenarkan menggunakan zat zat yang dapat mempercepat rusaknya lapisan cat.

Sehingga mencuci mobil memerlukan trik trik khusus sehingga dapat menghilangkan kotoran yang menempel dan sekaligus menjaga cat mobil supaya tidak pudar. Tidak peduli mobil bekas maupun mobil baru. Meskipun kendaraan anda baru jika salah ketika mencuci tentu dapat mempercepat kerusakan cat kendaraan anda. Bagaimana cara mencuci mobil yang benar.

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika sedang membersihkan mobil. Pada banyak kasus setelah mencuci mobil justru terlihat baret baret pada cat mobil anda. Membersihkan mobil tidak harus ke tempat pencucian mobil.

Ada baiknya anda mencuci sendiri kendaraan anda. Bagian bawah mobil biasanya tidak dapat anda jangkau, sehingga diperlukan membawa mobil ke tempat pencucian langganan anda. Paling tidak sebulan sekali anda pergi ke tempat pencucian atau ketika kendaraan anda sangat kotor sekali.

mencuci mobil sendiri

Petunjuk cara mencuci mobil

Mencuci mobil harus dilakukan secara berurutan dan jangan tumpang tindih. Selain lebih cepat dan hemat air juga dapat memberikan hasil secara maksimal. Sebelumnya sebaiknya anda memperhatikan beberapa hal berikut, seperti :

cara mencuci mobil yang benar

  1. Memilih tempat parkir yang teduh. dan tidak langsung terkena sinar matahari. Sebaiknya memilih pagi atau sore hari.
  2. Usahakan tempat parkir datar dan tidak miring.
  3. Usahakan ada celah disekitar kendaraan anda. Paling tidak satu meter ruang kosong disekitar mobil anda. Hal ini untuk memudahkan anda kerja.
  4. Jangan mencuci kendaraan ketika mesin hidup, hal ini untuk menjaga arus pendek karena tersiram air waktu mencuci.
  5. Jangan mencuci kendaraan ketika mesin masih panas. Cat mobil akan cepat pudar karena perubahan suhu mendadak. Untuk memastikan sebaiknya anda raba bodi dekat mesin atau kap mesin. Jika masih panas lebih baik tunggu beberapa saat. Hal ini juga ketika anda mencuci mobil ditempat pencucian. Biasanya ketika mobil datang dan tempat pencucian kosong, maka petugasnya langsung mencuci mobil anda. Sebaiknya anda memberikan saran untuk menunggu beberapa saat.
  6. Siapkan peralatan yang dibutuhkan, seperti : kain lembut (wash mitt ), ember, shampo jika ada, selang air, kursi plastik.
  7. Lakukan dengan tertib dan cepat.

Setelah semua bahan dan peralatan yang anda butuhkan telah tersedia, maka siap menjalankan tugas. Secara umum mencuci mobil atau kendaraan melalui dua tahap. Pertama tahap pencucian dan berikutnya tahap pembilasan. Disarankan untuk mengerjakan secara berurutan dan tidak sepotong sepotong. Dan kerjakan hingga selesai.

Tahapan cara mencuci mobil

  • Siram seluruh bodi mobil tanpa kecuali dengan air bersih yang keluar dari selang. Jika ada anda dapat menggunakan Jet Wash dan setel dengan penyemprotan ringan.
  • Mulai membersihkan bagian bawah mobil yang terjangkau.
  • Bersihkan bagian bawah mobil, seperti : bemper, ban, pelek, dan lainnya. Pilih bagian bagian mobil yang kotor dan mengandung pasir halus. Jika diperlukan lakukan penyiraman kembali. Hal ini untuk memudahkan kotoran lepas dan melembekkan kotoran.
  • Usahakan sangat amat hati hati ketika menghilangkan kotoran dan pasir yang menempel. Bagian ini memerlukan kesabaran anda. Selagi anda menghilangkan kotoran barengi dengan kucuran air diatasnya. Jangan sekali kali melap mobil tanpa kucuran air, karena cat mobil anda akan tergores.
  • Lakukan penyiraman kembali keseluruh bodi kendaraan anda.
  • Lebih disarankan tidak langsung menggunakan lap, lebih baik membersihkan pasir pasir halus yang menempel dengan telapak tangan dan jangan di tekan, selalu barengi dengan siraman air.
  • Ambil lap ( wash mitt, jika nggak ada gunakan kanebo atau kain sangat lembut ) dan celupkan ke ember yang telah dicampur dengan shampo. Mulailah dengan bagian paling atas dan terus kebawah. Jika bodi sangat kotor, maka sering seringlah membilas lap untuk menghilangkan pasir yang menempel.
  • Lakukan dengan cepat dan teratur. Bagaimanapun juga shampo mobil dapat menjadi bumerang sehingga jangan terlalu lama menempel pada bodi mobil anda.

Tahap pembilasan

  1. Sebaiknya anda menggunakan lap yang berbeda ketika melakukan pembilasan. Lap untuk mencuci dikawatirkan masih mengandung shampo.
  2. Bilas mobil anda mulai dari bagian paling atas dan ketika melakukan pembilasan barengi dengan kucuran air bersih diatasnya.
  3. Lakukan hingga selesai dan usahakan tidak berhenti sebelum selesai. Pembilasan yang tidak bersih akan meninggalkan residu yang berbahaya untuk kesehatan cat bodi mobil.

Tahap pengeringan

  1. Tahap pengeringan merupakan tahap terakhir dan menentukan keberhasilan anda mencuci kendaraan. Sebaiknya gunakan bahan lembut atau kanebo.
  2. Lakukan langsung setelah selesai melakukan pembilasan.
  3. Jangan menggunakan lap kering, lap basah lebih disarankan.
  4. Setelah banyak menyerap air peras dan gunakan lagi.
  5. Ulangi hingga selesai dan anda yakin mobil anda telah kering semua. Genangan air yang tersisa dapat meninggalkan residu dan jamur.

Saran

Pilih shampo yang khusus untuk mobil dan gunakan shampo jika kendaraan anda benar benar kotor. Jangan menggunakan detergent, shampo rambut, cairan pencuci piring ( sunlight ), sabun colek karena dapat memudarkan cat mobil anda. Jika tidak ada shampo khusus mobil lebih baik menggunakan air biasa saja. Untuk info terbaru, baca juga harga mobil honda terbaru 2016

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *