Home >> Bodi Mobil >> Bagaimana cara memoles bodi mobil secara sempurna dan mengkilap

Bagaimana cara memoles bodi mobil secara sempurna dan mengkilap

Memoles bodi mobil merupakan pekerjaan yang memerlukan ketelitian dan kesabaran. Meskipun kelihatan gampang, namun memoles mobil memerlukan trik khusus dan sedikit pengetahuan tentang cat mobil. Pada dasarnya memoles mobil bertujuan untuk menjaga lapisan cat mobil sehingga tidak tergores maupun cacat.

Jika sampai cat mobil kesayangan anda tergores disana sini tentu anda harus melakukan pengecatan kembali, pelajari bagaimana teknik cara mengecat mobil dengan hasil sempurna. Memoles bodi mobil dapat membuat cat mobil anda terlihat kilap dan kinclong. Paling tidak sebulan sekali mobil anda memerlukan pemolesan. Anda dapat memoles mobil anda sendiri, di samping lebih murah juga menimbulkan kebanggaan tersendiri.

Namun jika anda adalah seorang yang sibuk dan mempunyai dana cukup dapat pergi ke salon mobil atau dengan dana lebih besar dengan lapisan teflon dengan biaya antara dua hingga tiga juta rupiah.

Percaya atau tidak sebenarnya cat bodi mobil sangat mudah tergores, sehingga cat mobil memerlukan perlakuan sangat istimewa. Lapisan cat mobil tidak sekeras yang anda bayangkan. Tidak percaya? silahkan mencoba pada mobil sendiri. Gores cat mobil anda dengan kuku pasti hasilnya mobil anda akan tergores.

Pemoles mobil banyak dijual dipasaran, mulai dari harga puluhan ribu hingga harga ratusan ribu. Secara umum semakin mahal harganya akan semakin bagus mutunya dan lebih tahan lama. Meskipun hal ini tidak selamanya benar. Anda dapat memilih pemoles cair atau yang pasta.

Bagaimana sebenarnya cara memoles mobil yang benar. Dengan polesan bagus tentu akan membuat mobil anda semakin kilap. Berikut tips cara memoles mobil dengan benar :

memoles bodi mobil

Sebelum anda melakukan pemolesan, maka pastikan bodi mobil anda sudah dalam keadaan bersih ( bebas debu dan kotoran ), sebaiknya dan disarankan untuk mencuci mobil terlebih dahulu. Menggunakan shampo mobil lebih disarankan.

Jika kendaraan anda berada di ruang terbuka, maka pastikan tidak kejatuhan kotoran apapun. Namun sebaiknya melakukan pemolesan pada tempat tertutup ( garasi dengan penerangan cukup ) hal ini untuk menjaga segala kemungkinan yang terjadi, seperti hujan maupun debu yang beterbangan.

Pilih waktu yang tepat untuk melakukan pemolesan, sebaiknya pilih pagi hari sekitar jam 7 pagi atau sore hari pada sekitar jam empat sore. Waktu pemolesan biasanya sekitar dua hingga tiga jam. Sehingga sebaiknya mencari hari libur atau anda sedang off.

Jangan memoles semua bodi kendaraan sekaligus, sebaiknya secara bertahap seperti dashboard, pintu, dan lainnya. Kerjakan setiap bagian hingga selesai baru pindah kebagian lain.

Hal lain yang perlu anda perhatikan adalah jangan berhenti ketika anda sedang memoles. Kerjakan secara berurutan dan santai tidak terburu buru. Pemolesan yang tergesa gesa biasanya menghasilkan tampilan belang belang dan tidak rata.

Sebelum anda mulai bekerja sediakan peralatan dan bahan yang diperlukan, seperti : kain lap lembut atau yang berbahan katun, lebih disarankan menggunakan lap microfiber, bahan pemoles yang lumayan bagus, kursi untuk menjangkau bagian atas. Setelah semua tersedia, anda dapat memulai bekerja memoles mobil kesayangan anda. Baca info harga mobil honda terbaru hari ini.

Langkah langkah memoles mobil :

  1. Geser mobil anda sedemikan rupa sehingga cukup ruang disekitar kendaraan anda. Pilih tempat datar dan teduh.
  2. Mulai pemolesan secara berurutan, bagian pintu misalnya. Atau dari atas ke bawah, atau dari depan ke belakang. Terserah anda.
  3. Sebelumnya teliti kembali bodi mobil anda dan pastikan seluruh permukaan cat mobil bersih dan kering.
  4. Terapkan pemoles dengan tipis tipis saja dan pastikan polesan rata dengan gerakan melingkar. Penerapan yang tebal selain membuang bahan juga tidak menghasilkan yang lebih baik, bahkan sulit ketika dilap.
  5. Pikirkan tenaga dan pengalaman anda. Jika anda baru pertama kali, disarankan perbagian saja. Jangan memoles seluruh bodi sekaligus karena akan menghabiskan tenaga anda.
  6. Tidak disarankan memoles mobil ditinggal tinggal, ketika anda memulai harus menyelesaikan dalam waktu yang sama.
  7. Sebelum melap hasil polesan, lakukan tes colek dahulu. Hasil yang bagus adalah setelah anda colek akan terlihat cat bodi yang kilap dan tidak garis garis. Tanda garis garis berarti polesan belum kering benar.
  8. Untuk hasil terbaik adalah melap dengan gerakan memutar setelah baru kering, bukan melap setelah kering terlalu lama.
loading...

Leave a Reply