Home >> Berkendara >> Yuk kita mengenal GPS tracking dan fungsinya

Yuk kita mengenal GPS tracking dan fungsinya

GPS tracking merupakan sistem pelacak paling canggih saat ini. Fungsi utama GPS tracking atau sering disebut sebagai GPS Tracker adalah untuk memantau keberadaan benda di suatu tempat. Pengguna utama GPS tracking di Indonesia yakni pemilik mobil terutama mereka yang menggeluti bisnis rental ( penyewaan ) mobil. Hal ini bertujuan untuk mengetahui keberadaan mobil mereka yang di sewa seseorang. Dengan GPS Tracker maka pemilik mobil akan lebih cepat mengetahui saat kendaraan mereka di curi atau digunakan untuk melakukan tindakan kejahatan lainnya. Yuk kita mengenal lebih dekat apa sebenarnya GPS tracking, cara kerjanya serta fungsi utama dari GPS tracking.

Saat ini kita mengenal dua jenis Global Positioning System yaitu GPS Tracker ( Tracking ) dan GPS navigasi. Keduanya berfungsi sebagai pemandu tempat atau posisi di bumi. Global Positioning System ini dikembangkan oleh dinas militer Amerika dengan menempatkan beberapa satelit sistem navigasi yang berfungsi sebagai pelacak benda di bumi, pelajari selengkapnya tentang cara kerja GPS ini. Pada kesempatan kali ini distributorbanradial.com akan menjelaskan bagaimana sebenarnya cara kerja dan fungsi dari GPS Tracker. Kalau tentang GPS navigasi sudah kami bahas pada artikel sebelumnya, silahkan baca cara memasang GPS navigasi yang benar. GPS tracking focus pada pelacakan benda diam maupun benda bergerak di bumi.

Kelebihan dari GPS Tracker selain dapat memberitahu posisi saat ini juga mampu tetap mendeteksi dan mengirimkan data wilayah meskipun sumber daya habis karena GPS tracker ini juga dilengkapi oleh bateray cadangan yang dapat bertahan 5 hingga 6 jam. Dengan demikian mobil mobil sewaan sangat dianjurkan dilengkapi dengan sistem GPS tracker ini, sehingga sang pemilik cepat dapat mendeteksi dan mengambil tindakan untuk langkah pengamanan aset miliknya. Harga GPS tracker berkisar antara 400 ribu hingga jutaan rupiah. Cek harga GPS tracking update terbaru.

Pada prinsipnya alat pengaman berbasis satelit ini dapat dipasangkan pada semua benda baik itu benda diam maupun benda bergerak. namun demikian pada umumnya pengguna utama GPS tracking yakni pemilik mobil rental yang mana sangat rawan terhadap tindak kejahatan atau pencurian mobil. Secara umum GPS tracking dapat di pasang pada mobil, motor, bus, truk, kontainer, kapal laut, dan lainnya.

gps tracking online

Saat benda yang anda pasangi GPS tracker ini bergerak kemanapun, maka anda sebagai pemiliknya dapat mengetahui dengan persis ada di mana dengan melihatnya di laptop, komputer ( PC ), atau bahkan hand phone. Yang pasti harus terhubung dengan internet. Sehingga kapan saja tetap dapat mengawasi barang milik anda. Ada satu kelebihan kendaraan yang dipasangi dengan GPS tracker ini yakni dapat dimatikan dari rumah anda.

Berikut hal hal yang berhubungan dengan GPS tracker / tracking

  • GPS tracking / GPS tracker dapat ditempatkan pada semua benda baik itu benda bergerak maupun benda diam dengan satu ketentuan dapat berhubungan dengan sumber daya untuk power.
  • Alat pemantau GPS tracking / GPS tracker dapat menggunakan laptop, PC ( komputer ), maupun hand phone. Khusus pemantau mengunakan HP harus yang berbasis GSM. HP modul CDMA tidak dapat digunakan atau terhubung dengan GPS tracker.
  • Untuk dapat menggunakan GPS tracker ini tentunya harus mempunyai pulsa internet ( pemantau dengan HP ) atau mempunyai jaringan internet yang terhubung pada perangkat laptop.

Namun demikian secanggih apapun Global Positioning System Tracker / Tracking anda tetap saja mempunyai titik kelemahan, sebab cara kerja GPS tracker ini sangat tergantung dari sinyal, sehingga jika sinyal terganggu tentunya alat pemantau anda tidak akan berfungsi dengan baik. Pelajari lebih lanjut apa saja penyebab gangguan sinyal GPS yang dapat menghambat fungsinya.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *