Visit us on Google+ Google Beberapa cara mudah menurunkan penggunaan BBM - Berita Otomotif

Beberapa cara mudah menurunkan penggunaan BBM

 

Pada pertengahan bulan juni 2013 harga BBM resmi dinaikkan oleh pemerintah Indonesia. Premium naik Rp 2000,- dari Rp 4500,= menjadi Rp 6500,- sedangkan BBM jenis solar naik Rp 1000,- dari Rp 4500,- menjadi Rp 550,- . Dengan demikian dana untuk membeli BBM juga semakin bertambah.

Kenaikan harga BBM disebabkan oleh melonjaknya penggunaan BBM oleh kendaraan dan industri, sehingga mengharuskan pemerintah menambah kuota impor. Dengan demikian akan menambah beban biaya pembelian yang tinggi oleh pemerintah.

Seperti diketahui bahwa selama ini kita menikmati pembelian BBM dibawah standar harga internasional. Sehingga biaya subsidi pemerintah untuk BBM akan semakin tinggi dan jika dipaksakan tentu saja keuangan negara akan semakin minus. Untuk itulah kenaikan harga BBM harus diambil.

penggunaan BBM

Dengan adanya harga baru BBM tersebut tentu saja kita harus mengambil beberapa langkah praktis di semua bidang. Hal paling nyata adalah dengan membuat kendaraan kita khususnya mobil menjadi lebih irit. Atau anda beralih ke mobil hemat bahan bakar keluaran toyota yakni toyota agya. Namun jika anda menginginkan jenis yang lebih besar, anda dapat mencoba keluaran suzuki yakni suzuki ertiga yang terkenal irit dan mesin bersuara halus.

Dengan demikian pengeluaran biaya untuk pembelian BBM tidak akan merogok kocek lebih dalam. Namun bagaimana langkah nyata supaya kendaraan menjadi irit bahan bakar, ikuti tips berikut!

Pada dasarnya penggunaan bahan bakar solar maupun premium hampir sama, hanya berbeda teknologinya saja, sehingga cara membuat irit BBM juga tidak berbeda jauh. Beberapa tips berikut dapat anda gunakan untuk meminimalkan pemakaian bahan bakar kendaraan anda :

1. Gunakan mobil anda ( minibus, bus, truk, dan lainnya ) hanya untuk kebutuhan mendesak. Jika dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua, maka lebih baik tidak menggunakan mobil.

2. Selalu gunakan mobil ( pribadi dan angkutan ) dengan muatan penuh dan tidak melebihi kapasitas yang dianjurkan.

3. Pikirkan jalan paling mudah dan paling dekat. Hal lain yang harus anda pikirkan adalah kondisi jalan, sebaiknya hindari kemacetan panjang dan parah. Kalau harus memilih sebaiknya anda memilih jalan sedikit lebih memutar namun lancar dari pada jarak dekat namun dengan resiko kemacetan parah.

4. Sesuaikan gigi transmisi anda dengan kecepatan kendaraan anda, sebagai contoh bahwa gigi 3 untuk kendaraan dengan kecepatan sekitar 40km/jam. Jangan paksakan gas jika kondisi kendaraan sudah bergetar ( gas penuh ), sebaiknya cepat ganti dengan gigi lebih besar.

5. Hindari pengereman mendadak. Pengereman secara perlahan lebih dianjurkan. Jika kebetulan kondisi jalan sedang macet, sebaiknya jangan mempermainkan gas, cukup dengan injakan perlahan, sehingga kendaraan berjalan langsam.

6. Perhatikan kondisi ban anda. Penggantian ban sangat penting karena dapat mempengaruhi performa dan kecepatan kendaraan anda. Ban gundul membuat pemakaian bahan bakar lebih boros. Jangan dilupakan tekanan angin ban kendaraan anda. Pastikan tekanan angin sesuai dengan yang dianjurkan. Kendaraan dengan kondisi ban dengan tekanan angin kurang akan sangat memberatkan laju kendaraan dan pada akhirnya boros bahan bakar.

7. Mengemudi dengan sabar dan tertip, tidak jalan zigzag. Hindari mengemudi mobil dengan tergesa gesa dan ngebut. Belilah bahan bakar pada stasiun pengisian BBM resmi. Dan amati SPBU nakal. Meskipun anda sudah menerapkan tips untuk menghemat bahan bakar dengan benar, tetapi anda membeli BBM pada SPBU nakal dengan takaran kurang tentu saja akan tidak membuahkan hasil yang diharapkan. Isilah kendaraan anda pada SPBU dengan tanda Pasti Pas!

Pengalaman anda tentu saja sangat bermanfaat dan pelajari segala sesuatu di medan, sehingga usaha anda akan berhasil dan anda dapat mengurangi biaya pembelian bahan bakar kendaraan anda. Semoga bermanfaat.

 
Beberapa cara mudah menurunkan penggunaan BBM | Reni Resiani | 4.5