Visit us on Google+

Google

Tips mudah cara parkir mobil mundur | Berita Otomotif

Tips mudah cara parkir mobil mundur

   

Menanggapi berbagai keluhan tentang cara parkir mobil, maka pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips cara parkir mobil yang mudah dan aman. Bagi para pemula tentu mengalami sedikit kesulitan jika akan parkir kendaraan, terutama di pertokoan atau di tempat tempat parkir khusus. Bahkan ketika parkir di garasi atau rumah sendiri.

Bagian mobil penyok kadang bukan karena kecelakaan, namun justru disebabkan oleh masalah sepele dan seharusnya tidak terjadi. Salah memperkirakan jarak dan ruang bisa mengakibatkan bodi mobil anda penyok maupun tergores, sehingga anda harus melakukan perbaikan seperti mendempul dan pengecatan ulang. Sehingga pada akhirnya anda juga harus memoles ulang kendaraan anda.

Pada kenyataannya memajukan mobil lebih mudah dari pada mundur. Padahal setiap kali kita memarkir kendaraan tentu dibarengi dengan memundurkan mobil. Padahal pada hakekatnya parkir mobil mundur lebih mudah dan sesuai dengan kemauan kita. Kita tidak akan mampu menempatkan mobil sesuai dengan posisi yang dikehendaki jika tidak mundur. Hal ini karena putaran roda depan dapat berbelok ke kanan maupun ke kiri.

Namun jalan mundur tentu menyulitkan, karena anda tidak dapat langsung melihat benda yang berada di belakang mobil anda. Untuk hal ini penglihatan anda dapat dibantu dengan adanya kaca spion kanan, kaca spion kiri, dan kaca dalam mobil. Bahkan kendaraan anda dapat dipasang aksesoris / kamera mundur yang banyak di jual di pasaran. Dengan adanya kaca spion maupun kamera mundur tentu anda dapat parkir mobil dengan mudah dan aman meski tanpa bantuan tukang parkir.

Pada setiap tempat atau area tentu memerlukan cara parkir yang berbeda, sehingga anda sebagai pengemudi harus mampu melakukan parkir mobil sendiri. Untuk membantu anda khususnya para pemula, maka pada alinea berikut saya tunjukkan cara parkir mobil pada setiap tempat parkir.

Cara parkir mobil di pinggir jalan

Kadang kala anda pergi ke pertokoan atau tempat keramaian sehingga mengharuskan anda parkir di pinggir jalan. Namun yang menjadi kendala adalah anda harus parkir diantara kendaraan yang sudah ada dan parkir lebih dahulu. Untuk memudahkan andaparkir dengan aman, ikuti langkah aman berikut:

1. Posisi kendaraan anda sejajar dengan mobil yang nantinya berada di depan mobil anda. Jaga jarak kendaraan anda sekitar 30cm.

cara parkir mobil

2. Pindah gigi porsneleng ke mundur.

3. Jalankan mobil secara perlahan sambil putar stir ke kiri (tergantung posisi parkir) sambil perhatikan jarak antara kendaraan di sebelah anda melalui bantuan kaca spion kiri dan kanan, jangan lupa perhatikan juga daerah di belakang mobil dengan bantuan kaca dalam.

cara parkir kendaraan

4. Terus mundur secara perlahan hingga posisi belakang mobil sejajar dengan sisi sebelah dalam kendaraan lain. Perhatikan juga posisi depan kendaraan anda hingga sedikit melewati belakang mobil di depan anda.

cara memarkir mobil

5. Sekarang putar stir ke kanan hingga penuh hingga posisi mobil anda berada lurus dan sederet dengan mobil di depan dan di belakang anda.

Cara parkir di pinggir jalan

6. Langkah terakhir majukan mobil anda sedikit hingga mencapai jarak aman antara kedua mobil depan dan belakang.

parkir di pinggir jalan

Memang parkir mobil tidak semudah teori. Sehingga anda memerlukan praktek hingga beberapa kali. Dengan demikian anda akan mempunyai pengalaman seberapa banyak putaran stir sehingga memenuhi harapan anda.

   
Tips mudah cara parkir mobil mundur | Reni Resiani | 4.5