Home >> Berkendara >> Tips cara mengemudi yang baik supaya irit BBM

Tips cara mengemudi yang baik supaya irit BBM

Cara mengemudi mobil. Siapapun anda ketika mengemudi sebuah mobil pasti menginginkan mobil yang anda kendarai menghabiskan BBM sedikit mungkin. Bagaimana cara agar kendaraan irit BBM. Pelajari tips berikut agar mobil anda irit BBM. Banyak cara dilakukan agar supaya kendaraan anda mengunakan BBM sedikit. Banyak orang melakukan berbagai cara untuk membuat mobil mereka irit bahan bakar. Namun apakah anda sudah menerapkan berbagai cara, sehingga kendaraan anda irit BBM?

Secara umum pabrikan mobil telah menerapkan berbagai teknologi canggih untuk menghasilkan produk mobil berkualitas, irit bahan bakar, dan ramah lingkungan. Namun upaya teknisi pabrikan mobil tersebut tidak akan memenuhi target ( berhasil ) jika pengendara ( pengemudi ) tidak berusaha untuk menjadi pengemudi yang baik.

Meskipun tidak ada aturan khusus tentang cara mengemudi ( kecuali mempunyai SIM dan STNK kendaraan ), namun pengemudi dapat dikatakan baik jika mempunyai beberapa kriteria berikut :

  • Mempunyai surat ijin mengemudi ( SIM ).
  • Memperhatikan dan menerapkan rambu rambu lalu lintas.
  • Tidak sedang terpengaruh oleh segala jenis minuman keras atau hal hal yang bersifat memabukkan.
  • Sabar ketika mengemudi dan mendahului kendaraan di depannya dengan memperhatikan kondisi jalan, rambu lalu lintas, dan memperhatikan keselamatan pengendara lain termasuk sepeda motor, sepeda, maupun becak( di daerah bebas becak ).
  • Tidak melakukan kegiatan lain selain mengemudi.
  • Bersifat santun dan tenang di perjalanan ( tidak ugal ugalan ).

Seorang pengemudi ( sopir ) disarankan untuk berusaha, sehingga mobil mereka irit bahan bakar. Bahan bakar ( BBM ) merupakan sarana penting untuk membuat kendaraan dapat melaju. Sehingga dengan irit bahan bakar berarti juga meminimalkan pengeluaran anggaran untuk mobil anda.

Apalagi jika isu kenaikan harga BBM menjadi kenyataan. Sehingga anda ( pemilik mobil ) harus dapat membuat rencana tentang kapan anda harus menggunakan mobil anda. Jika tidak terpaksa dan dapat ditempuh dengan kendaraan lain ( sepeda motor ), mengapa tidak anda lakukan.

pengisian BBM

Namun jika anda tetap menggunakan mobil pribadi untuk bisnis anda, tidak ada salahnya anda memperhatikan tentang cara cara berkendara yang baik, sehingga dapat membuat mobil anda irit bahan bakar.

Beberapa tips berikut dapat membantu anda meminimalkan penggunaan BBM :

  • Berusaha untuk mengemudi dengan tenang dan tidak terburu buru akan membantu pemakaian bahan bakar mobil anda lebih efisien. Menginjak gas terlalu dalam ketika start awal dan atau memainkan pedal gas, bukan saja membuat BBM boros, tetapi juga dapat memperpendek usia mobil anda. Sebaiknya sesuaikan injakan pedal gas mobil anda dengan kecepatan kendaraan.
  • Berusaha sedemikian rupa, sehingga anda sedikit mungkin menginjak pedal rem. Semakin banyak anda menginjak rem, berarti pemborosan bahan bakar. Anda dapat membayangkan berapa jauh mobil anda jika tidak di rem. Menginjak rem sedikit demi sedikit adalah lebih dianjurkan dari pada menginjak dengan cepat. Kurangi kecepatan kendaraan anda jika kendaraan di depan semakin dekat, sehingga penginjakan rem dapat maksimal.
  • Pemanasan mesin kendaraan sangat penting dilakukan sebelum mobil melaju. Hal ini untuk memaksimalkan performa kendaraan anda dan tentu saja kebutuhan BBM juga semakin irit.
  • Disarankan untuk mengganti atau membersihkan filter udara. Hal ini sangat penting untuk memaksimalkan kerja karburator atau sistem injeksi kendaraan anda. Campuran maksimal ( sempurna ) antara BBM dan angin sangat penting untuk laju kendaraan.
  • Jangan lupa cek kondisi ban kendaraan anda. Sesuaikan dengan rekomendasi pabrikan mobil. Ban terlalu lembek ( kempes/kurang angin ) dapat berakibat melonjaknya pemakaian bahan bakar. Karena mobil menjadi berat dan dampaknya anda lebih dalam menginjak pedal gas. Ban terlalu keras juga tidak nyaman dikendarai. Pelajari bagaimana cara memilih ban yang baik untuk mobil anda.
loading...

Leave a Reply