Home >> Berkendara >> Tips cara memasang GPS navigasi

Tips cara memasang GPS navigasi

Mobil tanpa GPS navigasi seperti melaju di tengah hutan rimba. Berikut tips cara memasang GPS navigasi sehingga mempunyai kinerja lebih baik. Seperti diketahui bahwa GPS mempunyai fungsi sangat penting terutama saat anda melakukan perjalanan jauh atau saat menuju daerah tujuan baru. Dengan panduan GPS navigasi maka perjalanan anda akan terjamin hingga sampai ke tempat tujuan.

Secara umum pemasangan GPS navigasi ada dua yakni di dalam dashboard ( pada mobil mobil type terbaru ) dan secara portable ( pada jenis kendaraan model lama ). Jika mobil anda keluaran terbaru lebih baik karena biasanya tempat untuk GPS navigasi telah disediakan oleh pabrikan mobil. Akan tetapi pada jenis mobil mobil tertentu tidak tersedia lobang atau tempat khusus untuk menaruh GPS navigasi ini, sehingga anda harus dapat memasangnya sedemikian rupa sehingga GPS navigasi mobil anda dapat berfungsi secara optimal.

Pada hakekatnya saat memasang GPS navigasi pada mobil kesayangan, tentunya anda juga harus memikirkan fungsi dari GPS navigasi itu sendiri. Fungsi GPS navigasi memang sangat penting dan supaya bekerja secara optimal, maka sudah seharusnya anda dapat memasangnya dengan benar. Banyak masukan kenapa GPS navigasi mobil tidak berfungsi dengan baik, hal ini biasanya cara pemasangannya kurang optimal.

Cara memasang GPS mobil navigasi ini memang harus benar supaya dapat berfungsi secara sempurna. Seperti diketahui bahwa hal paling penting dari GPS mobil navigasi anda adalah mendapatkan signal dari satelit secara sempurna tanpa ada gangguan sedikitpun. Cara pemasangan yang bukan pada tempatnya justru dapat menghambat pengiriman dan penerimaan dari signal satelit. Sehingga pihat penerima signal ( GPS navigasi ) tidak mampu memberikan informasi sesuai dengan keinginan anda ( peta navigasi ngaco ). Alangkah baiknya anda juga memahami sistem signal GPS navigasi.

memasang GPS navigasi

Ada beberapa hal yang semestinya anda perhatikan saat memasang Global Positioning System. Letakkan GPS di tempat tempat yang nantinya tidak mengganggu pandangan anda sebagai pengemudi. Sebab bagaimanapun juga keselamatan saat berkendara harus tetap didahulukan. Penempatan GPS navigasi yang terlalu dekat dengan sopir juga kurang sempurna, sebab pandangan sopir akan terpecah karena gangguan sinar dari layar GPS.

Dimana sebaiknya penempatan GPS navigasi pada mobil. Menurut distributorbanradial.com tempat GPS navigasi pada mobil yang paling sempurna yakni di atas dashboard sebelah kiri pas di kerangka kiri depan ( antara pintu dan kaca depan ) dan sejajar dengan pandangan anda sebagai pengemudi. Letak GPS ini tidak akan mengganggu pandangan pengemudi saat melihat ke depan maupun ke samping kiri. Pandangan ke kaca spion kiri juga sempurna.

Sering kali kita melihat bahwa penempatan GPS mobil navigasi ini paling banyak justru persis di tengah dasboard dan diletakkan di atasnya. Hal demikian sudah tentu mengganggu pandangan ke depan maupun kesamping. Jika anda adalah seorang yang sibuk dan setiap hari berkeliling dengan mobil, maka sudah barang tentu mata anda akan cepat lelah dan kemungkinan besar juga terganggu akibat secara terus menerus menatap cahaya / sinar yang keluar dari layar GPS navigasi.

Hal lainnya yang tidak kalah penting yakni memilih merk GPS navigasi untuk membantu perjalanan anda. Saat ini banyak dijual GPS navigasi dengan berbagai macam merk. Harga GPS navigasi lumayan murah harganya berkisar antara 400 ribu hingga 4 jutaan. Saran saya jangan membeli yang terlalu murah, Harga GPS 1 juta hingga 1,5 jutaan sudah cukup bagus. Sebaiknya memilih GPS yang di desain untuk indonesia dan lengkap dengan panduan bahasa indonesia. Anda dapat memperoleh informasi secara lengkap dengan pihak penjualnya. Dan jangan lupa untuk sekalian pasang dan test navigasinya.

Cara setting GPS navigasi sebenarnya cukup mudah apalagi yang menggunakan bahasa indonesia ( bukan bahasa malaysia ). Secara umum cara mencari peta dan arah tujuan pada GPS navigasi sebagai berikut :

  • Tekan tombol “ON” untuk menyalakan.
  • Untuk mengaktifkan fungsi GPS navigasi biasanya dengan menekan “tanda lingkaran” di monitor. Hal ini untuk menyelaraskan signal antara satelit dan GPS anda.
  • Selanjutnya cari tombol search atau tulisan sejenisnya kemudian isikan daerah, nama jalan, nama kota yang menjadi tujuan perjalanan anda, lalu tekan enter / yes. Dalam hitungan detik maka akan terpampang di layar daerah tujuan anda. Biasanya monitor akan konfirmasi apakah tujuan anda sudah benar. tekan “ya / yes” jika benar.
  • Pada tahap akhir GPS akan membuat rute perjalanan yang paling dekat.
  • Langkah terakhir silahkan tekan “mulai / start

Demikian uraian singkat tentang tips dan cara memasang GPS navigasi pada mobil pribadi serta cara mudah membuat rute perjalanan dengan Global Positioning System, semoga bermanfaat.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *