Home >> Berkendara >> Tips cara berkendara sepeda motor selamat sampai tujuan

Tips cara berkendara sepeda motor selamat sampai tujuan

Pelajari tips cara berkendara sepeda motor hingga selamat sampai tujuan. Berkendara hingga selamat sampai tujuan menjadi hal wajib bagi semua pengendara baik itu si pengemudi maupun penumpangnya. Namun demikian masih saja sering terjadi kecelakaan lalu lintas di sana sini. Dari banyak kasus kecelakaan sepeda motor saat ini, justru lebih banyak disebabkan oleh kesalahan pengendara sepeda motor sendiri. Untuk itulah admin berbagi pengalaman tentang cara berkendara khususnya sepeda motor sehingga anda selamat sampai tujuan

Diantara kendaraan yang melewati jalan raya, seperti : mobil pribadi, angkutan umum, truk, bus, kontainer, trailer dan sepeda motor, maka kendaraan sejenis sepeda motor yang paling lemah dan rawan terjadi kecelakaan lalu lintas. Sehingga pengendara sepeda motor harus lebih berhati hati dan waspada saat melaju di jalan raya. Sepeda motor juga merupakan kendaraan yang paling mudah terguling jika dibandingkan dengan jenis kendaraan lain.

Dengan demikian sudah saatnya pengendara sepeda motor lebih memahami dan mengerti bahwa maut ( kecelakaan ) selalu mengintai setiap saat dan mempunyai porsi lebih besar untuk mengalami kecelakaan dari pada pengendara lainnya. Untuk itu sangat disarankan untuk selalu melengkapi semua kewajiban saat berkendara dengan sepeda motor. Apa saja kewajiban anda sebagai pengendara sepeda motor yang melalui jalan umum.

Untuk sekedar mengingatkan kembali apa saja kewajiban anda saat melaju dengan sepeda motor, seperti :

  • Semua perlengkapan sepeda motor seperti : rem, lampu sen, lampu besar, dan lainnya dan pastikan semua dalam keadaan berfungsi.
  • Pengendara yang berada di depan telah memenuhi syarat untuk mendapatkan SIM dan membawa SIM yang masih berlaku.
  • Menggunakan / memakai helm yang memenuhi syarat ( standar SNI ).
  • Pastikan anda melengkapi kendaraan anda dengan STNK yang masih berlaku.

Semua perlengkapan di atas wajib anda miliki dan anda bawa saat melaju di jalan raya. Jika anda melupakan salah satu kewajiban maka sudah barang tentu anda dapat dikenakan surat tilang oleh pihak yang berwajib dalam hal ini bapak petugas kepolisian.

menyalip kendaraan

Di samping perlengkapan dan kewajiban saat berkendara di jalan raya dengan kendaraan bermotor, maka anda juga masih mempunyai satu kewajiban sehingga perjalanan anda akan aman dan nyaman. Ada satu hal penting selain kewajiban dalam berlalu lintas di atas yaitu anda wajib membuat suasana aman dan nyaman di perjalanan khususnya untuk anda sendiri dan keamanan serta kenyamanan untuk pengendara lainnya.

Loading...

Meskipun tidak ada peraturan tentang membuat nyaman saat berkendara atau saat melaju di jalan raya, namun dengan mengabaikan peraturan tidak tertulis ini tentu dapat mengakibatkan terjadinya kecelakaan lalu lintas seperti yang sering terjadi sekarang ini. Dan kenyataan membuktikan bahwa sebagian besar masalah yang terjadi di jalan raya merupakan kesalahan pihak pengendara sendiri.

Beberapa hal berikut sebaiknya anda perhatikan dan anda pahami, sehingga akan tercipta keamanan dan kenyamanan saat berkendara, seperti :

  • Pastikan anda mematuhi semua rambu rambu lalu lintas di jalan yang anda lewati.
  • Berfikir seribu kali saat akan mendahului kendaraan lain khususnya menyalip kendaraan besar seperti bus, truk, kontainer, maupun trailer.
  • Berfikirlah untuk selalu melaju di sebelah kiri kecuali akan mendahului kendaraan lain.
  • Beri kesempatan jika ada orang menyeberang atau kendaraan akan berbelok.
  • Lebih baik membuka tutup kaca helm jika berkendara pada malam hari atau saat hujan supaya pandangan ke depan lebih jelas.

Kecelakaan lalu lintas selalu merugikan semua pihak, sehingga berusaha menciptakan kenyamanan di jalan raya merupakan sesuatu hal yang sangat di sarankan. Terjadinya kecelakaan lalin wajib diminimalkan.

loading...

Leave a Reply