Home >> Berkendara >> Tips cara belajar setir mobil sendiri tanpa kursus

Tips cara belajar setir mobil sendiri tanpa kursus

Mengapa belajar setir mobil sendiri dan anda tidak harus kursus, asalkan belajar dengan tekun dan dengan cara yang benar. Kepandaian anda tidak akan kalah dengan mereka yang kursus. Sebaiknya anda menggunakan median jalan dekat dengan rumah anda. Belajar siang hari tentu lebih baik dari pada malam hari. Anda hanya memerlukan satu hingga dua hari untuk memajukan dan memundurkan laju mobil. Pada hari berikutnya anda dapat mencoba pada jalan berbelok. Disarankan tetap pada median jalan sepi lalu lintas. Anda dapat melalui jalan di perkampungan anda. Jika anda bertempat tinggal di lingkungan perumahan, maka anda dapat mengitari lingkungan rumah anda dengan aman.

Pada tahap ini anda memerlukan waktu paling tidak dua hingga tiga hari. Pada tahap jalan berbelok ini sangat penting. Karena pada tahap ini anda belajar mengenal mobil anda lebih dekat. Anda juga belajar mengukur jarak mobil anda dengan dunia luar. Anda akan mempunyai keahlian kapan harus berbelok kanan atau kiri. Gunakan perasaan anda dan cobalah menyatukan perasaan dengan mobil anda. Gunakan insting dan naluri untuk membelokkan kendaraan anda.

Jika anda masih merasa belum mampu menyatukan perasaan dan naluri anda, maka sebaiknya teruslah belajar hingga tangan dan kaki anda dapat bergerak tanpa perintah otak anda. Hal ini sangat penting untuk anda kuasai. Karena jika anda telah memasuki jalan raya yang padat, bukan tidak mungkin memerlukan reflek tangan dan kaki anda, seperti ngerem mendadak.

Mengemudi di jalan raya

Meskipun anda belum mahir mengemudi mobil, ada baiknya anda mencoba menjalankan kendaraan anda di jalan raya. Namun pada tahap awal sebaiknya memilih jalan raya dengan lalu lintas lancar. Jika anda tidak menemukan, maka anda dapat mencoba pada waktu malam hari. Jangan lupa menyalakan lampu hazard sehingga kendaraan disekitar anda lebih berhati hati.

Kunci kesuksesan pengemudi adalah selalu tenang dan tidak gugup di jalan. Dalam situasi apapun usahakan tetap tenang. Hal ini wajar sebab pada tahap belajar kadang kendaraan anda dapat mati mendadak. Hal yang paling umum karena anda belum dapat mengatur kopling.

Untuk melihat bagian mesin (daihatsu xenia) yang berada di kap depan biasanya menggunakan tarikan yang berada di bawah dashboard sebelah kanan, persisnya di sebelah atas kanan kaki kanan. Namun untuk membuka tutup bensin dan pintu belakang terletak pada samping kanan jok ( kursi ) sopir. Tarikan sebelah depan untuk membuka pintu belakang dan yang sebelah belakang untuk membuka tutup bensin. Namun biasanya tiap jenis dan type kendaraan berbeda.

belajar setir mobil

Belajar mengemudi di tanjakan

Belum dapat dikatakan bisa mengemudi jika belum dapat menaklukkan tanjakan. Yang paling ditakutkan oleh mereka yang baru tahap belajar adalah berhenti ditanjakan. Berhenti ditanjakan tentu saja memerlukan keahlian kusus. Anda harus pandai membaca situasi ketika ditanjakan.

Jika jalan lancar tentu tidak berpengaruh meskipun melewati tanjakan. Namun bagaimana jika ketemu jalan macet. Ada beberapa trik khusus ketika berhenti di tanjakan.

Berhenti kurang dari satu menit : sebaiknya anda mengatur dalamnya injakan kopling dan pedal gas. Namun jika anda berhenti lebih dari satu menit atau bahkan lebih, maka sebaiknya anda menggunakan hand rem. Ketika anda akan mulai jalan sebaiknya anda bekerja dengan cepat antara mengurangi injakan kopling dan menekan pedal gas.

Kemudian lepas hand rem sedikit demi sedikit, sehingga kendaraan mulai bergerak. Usahakan kendaraan tidak bergetar ( atau kemungkinan mesin mati karena anda terlambat melepas hand rem ). Karena jika sampai laju mobil anda mundur tentu akan menabrak kendaraan di belakang anda.

Bagaimana ketika melewati tanjakan pada saat mengendarai sebuah truk dengan muatan penuh. Tentunya anda harus dapat membaca situasi dan kemiringan tanjakan. Yang kedua tentang kemampuan kendaraan anda. Tentu langkah paling aman dengan menggunakan gigi porsneling satu dengan laju kendaraan dibuat stabil.

Namun jika anda harus berhenti di tanjakan dengan muatan penuh, maka sebaiknya anda menggunakan hand rem dan dibantu dengan mengganjal ban. Dan ketika akan jalan, maka masuk gigi satu dan atur kopling dan gas. Ketika kendaraan sedikit bergetar kurangi hand rem pelan pelan sehingga kendaraan berjalan kembali.

Ada satu hal yang tidak dapat disembunyikan oleh mereka yang baru dapat mengemudi mobil yaitu grogi dan gugup. Ketika anda baru bisa mengemudi mobil sebaiknya hilangkan perasaan grogi maupun gugup. Sikap tenang adalah modal utama pengemudi. Meskipun anda sudah pandai mengemudi jika tetap gugup maka tidak ada gunanya kepandaian anda. Anda dapat mencontoh para sopir angkot yang cuek dan masa bodoh. Padahal mereka belum tentu mahir mengemudi.

Saran

  • Surat ijin mengemudi sangat penting dan harus anda miliki. Jangan mengemudi di jalan raya tanpa dibekali oleh surat ijin mengemudi ( SIM ) dan STNK kendaraan.
  • Hal lain yang harus anda perhatikan adalah rambu rambu lalu lintas. Pahami dan terjemahkan setiap perintah yang dituangkan dalam gambar di sepanjang jalan.
  • Ada baiknya anda juga memahami semua peraturan lalu lintas yang tertuang dalam undang undang nomor 22 tahun 2009 tentang berlalu lintas yang baik.
loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *