Temukan saya di Google+GoogleTips cara belajar mengemudi mobil yang benar dan cepat tanpa kursus | Berita Otomotif

Berita Otomotif

Informasi tentang otomotif

SELAMAT DATANG DAN SEMOGA BERMANFAAT UNTUK ANDA

Tips cara belajar mengemudi mobil yang benar dan cepat tanpa kursus

Kepandaian menjalankan atau mengemudi mobil pada jaman sekarang merupakan suatu keharusan yang anda miliki. Kemanapun anda pergi tentu lebih nyaman jika dapat mengemudi mobil sendiri. Apalagi jika anda sudah mempunyai kendaraan sendiri. Alangkah mahalnya tips untuk dana sopir. Dapat anda bayangkan berapa dana yang harus dikeluarkan untuk membayar sopir jika anda pulang kampung pada waktu lebaran. Paling tidak anda harus menyiapkan dana jutaan hanya untuk biaya sopir.

Belajar cara mengemudi mobil tidak harus memiliki mobil sendiri. Namun jika menggunakan mobil sendiri akan mempermudah anda untuk belajar mobil. Hal ini tentunya berbeda jika anda menggunakan mobil teman atau bahkan dengan mobil saudara anda. Belajar dengan mobil sendiri akan memberikan ketenangan, hal ini tentunya berbeda jika anda menggunakan mobil bukan milik sendiri. Cara anda mengemudikan mobil mempunyai peranan sangat penting untuk menunjang keselamatan dan kenyamanan keluarga ( penumpang ) anda selama berada di jalan raya.

Belajar mengemudi mobil tidak membutuhkan persiapan khusus, yang terpenting adalah kemauan keras dan disiplin. Meskipun anda belajar mengemudi mobil dengan serius, namun pikiran tidak boleh tegang, rileks dan waspada terhadap keadaan jalan yang dilewati.

Namun saran saya jika anda tidak mempunyai mobil sendiri, demi keamanan anda sebaiknya anda kursus mobil. Dengan kursus mobil, maka anda akan didampingi oleh instruktur pengalaman. Sehingga kecil kemungkinannya terjadi hal hal yang tidak diinginkan. Karena kendaraan yang digunakan untuk kursus telah dimodifikasi sehingga instruktur juga dapat mengendalikan kendaraan, seperti : pengereman dan kopling.

Dalam kesempatan ini saya akan memberikan saran dan tips belajar mobil dengan cepat dan benar. Namun hal yang paling menentukan adalah kemauan keras anda, sebab tanpa didasari dengan keinginan yang kuat, maka anda tentu tidak akan mendapatkan hasil maksimal. Mengapa harus kursus setir mobil jika anda dapat belajar sendiri.

Pada dasarnya belajar mobil mempunyai beberapa tahap yang harus anda jalankan dengan tertib dan berurutan. Hal ini bertujuan demi keamanan dan kenyamanan anda di jalan raya.

Tips cara belajar mengemudi mobil

  1. Pengenalan mobil
  2. Belajar menjalankan mobil
  3. Mengemudi di jalan raya
  4. Belajar mengemudi di tanjakan

Pengenalan mobil

Secara umum mobil dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

  1. Mobil dengan transmisi manual
  2. Mobil dengan transmisi automatis ( mobil metic )

Mobil dengan transmisi manual

petunjuk gigi porsneling

Sangat mudah mengenali jenis mobil. Anda hanya tinggal melihat di depan kursi sopir bagian bawah depan. Pada mobil manual terdapat tiga injakan untuk kaki kanan dan kaki kiri.

pedal kaki mobil manual

  • Paling kiri disebut kopling ( terletak disebelah kiri pipa kemudi )(C)
  • Yang di tengah adalah rem ( terletak disebelah kanan pipa kemudi )(B)
  • Paling kanan berfungsi untuk gas ( sebagai pengatur kecepatan kendaraan )(A)

Mobil dengan transmisi automatis

perpindahan gigi transmisi mobil matic

Banyak yang bilang bahwa mengemudi mobil matic lebih gampang dan praktis. Pada mobil manual terdapat tiga pedal ( injakan ) yang harus anda kuasai seperti : kopling, rem, dan gas, sehingga kedua kaki anda nyaris tidak pernah istirahat. Terutama kaki kiri yang harus memainkan kopling terus menerus ketika jalan macet.

Sedangkan pada mobil jenis matic hanya ada dua injakan untuk kaki kanan yaitu gas dan rem, sedangkan kaki kiri tidak difungsikan, sehingga mobil matic lebih cocok untuk jalan macet.

  • Yang sebelah kiri disebut rem ( terletak disebelah kanan pipa kemudi )
  • Yang terletak di kanan adalah untuk gas ( sebagai pengatur kecepatan kendaraan )
  • Langkah paling aman sebaiknya letakkan tuas kopling pada sisi D untuk segala medan.

Anda hanya membutuhkan sekitar satu hingga dua menit untuk mengenali jenis mobil anda. Selain transmisi, secara umum setiap mobil mempunyai tombol tombol serupa. Hal ini merupakan standard internasional.

Belajar menjalankan mobil

Perlu diketahui bahwa cara mengemudi mobil manual maupun mobil matic pada dasarnya tidak jauh berbeda, karena secara garis besar semua sama dan hanya berbeda pada sistem transmisi saja.

Pada tahap awal belajar mengemudi mobil merupakan tahap permulaan sekaligus pengenalan mobil. Sebaiknya anda menggunakan atau melalui jalan paling sepi dan tidak ada lalu lintas. Pada tahap awal belajar cara menyetir mobil merupakan pengenalan dan menjalankan mobil pada jalan lurus.

Sebaiknya anda menggunakan median jalan dekat dengan rumah anda. Belajar siang hari tentu lebih baik dari pada malam hari. Anda hanya memerlukan satu hingga dua hari untuk memajukan dan memundurkan laju mobil.

Pada hari berikutnya anda dapat mencoba pada jalan berbelok. Disarankan tetap pada median jalan sepi lalu lintas. Anda dapat melalui jalan di perkampungan anda. Jika anda bertempat tinggal di lingkungan perumahan, maka anda dapat mengitari lingkungan rumah anda dengan aman.

Pada tahap ini anda memerlukan waktu paling tidak dua hingga tiga hari. Pada tahap jalan berbelok ini sangat penting. Karena pada tahap ini anda belajar mengenal mobil anda lebih dekat. Anda juga belajar mengukur jarak mobil anda dengan dunia luar. Anda akan mempunyai keahlian kapan harus berbelok kanan atau kiri. Gunakan perasaan anda dan cobalah menyatukan perasaan dengan mobil anda. Gunakan insting dan naluri untuk membelokkan kendaraan anda.

Jika anda masih merasa belum mampu menyatukan perasaan dan naluri anda, maka sebaiknya teruslah belajar hingga tangan dan kaki anda dapat bergerak tanpa perintah otak anda. Hal ini sangat penting untuk anda kuasai. Karena jika anda telah memasuki jalan raya yang padat, bukan tidak mungkin memerlukan reflek tangan dan kaki anda, seperti ngerem mendadak.

Mengemudi di jalan raya

Meskipun anda belum mahir mengemudi mobil, ada baiknya anda mencoba menjalankan kendaraan anda di jalan raya. Namun pada tahap awal sebaiknya memilih jalan raya dengan lalu lintas lancar. Jika anda tidak menemukan, maka anda dapat mencoba pada waktu malam hari. Jangan lupa menyalakan lampu hazard sehingga kendaraan disekitar anda lebih berhati hati.

Kunci kesuksesan pengemudi adalah selalu tenang dan tidak gugup di jalan. Dalam situasi apapun usahakan tetap tenang. Hal ini wajar sebab pada tahap belajar kadang kendaraan anda dapat mati mendadak. Hal yang paling umum karena anda belum dapat mengatur kopling.

Untuk melihat bagian mesin (daihatsu xenia) yang berada di kap depan biasanya menggunakan tarikan yang berada di bawah dashboard sebelah kanan, persisnya di sebelah atas kanan kaki kanan. Namun untuk membuka tutup bensin dan pintu belakang terletak pada samping kanan jok ( kursi ) sopir. Tarikan sebelah depan untuk membuka pintu belakang dan yang sebelah belakang untuk membuka tutup bensin. Namun biasanya tiap jenis dan type kendaraan berbeda.

Belajar mengemudi di tanjakan

Belum dapat dikatakan bisa mengemudi jika belum dapat menaklukkan tanjakan. Yang paling ditakutkan oleh mereka yang baru tahap belajar adalah berhenti ditanjakan. Berhenti ditanjakan tentu saja memerlukan keahlian kusus. Anda harus pandai membaca situasi ketika ditanjakan.

Jika jalan lancar tentu tidak berpengaruh meskipun melewati tanjakan. Namun bagaimana jika ketemu jalan macet. Ada beberapa trik khusus ketika berhenti di tanjakan.

Berhenti kurang dari satu menit : sebaiknya anda mengatur dalamnya injakan kopling dan pedal gas. Namun jika anda berhenti lebih dari satu menit atau bahkan lebih, maka sebaiknya anda menggunakan hand rem. Ketika anda akan mulai jalan sebaiknya anda bekerja dengan cepat antara mengurangi injakan kopling dan menekan pedal gas. Kemudian lepas hand rem sedikit demi sedikit, sehingga kendaraan mulai bergerak. Usahakan kendaraan tidak bergetar ( atau kemungkinan mesin mati karena anda terlambat melepas hand rem ). Karena jika sampai laju mobil anda mundur tentu akan menabrak kendaraan di belakang anda.

Bagai mana ketika melewati tanjakan pada saat mengendarai sebuah truk dengan muatan penuh. Tentunya anda harus dapat membaca situasi dan kemiringan tanjakan. Yang kedua tentang kemampuan kendaraan anda. Tentu langkah paling aman dengan menggunakan gigi porsneling satu dengan laju kendaraan dibuat stabil.

Namun jika anda harus berhenti di tanjakan dengan muatan penuh, maka sebaiknya anda menggunakan hand rem dan dibantu dengan mengganjal ban. Dan ketika akan jalan, maka masuk gigi satu dan atur kopling dan gas. Ketika kendaraan sedikit bergetar kurangi hand rem pelan pelan sehingga kendaraan berjalan kembali.

Ada satu hal yang tidak dapat disembunyikan oleh mereka yang baru dapat mengemudi mobil yaitu grogi dan gugup. Ketika anda baru bisa mengemudi mobil sebaiknya hilangkan perasaan grogi maupun gugup. Sikap tenang adalah modal utama pengemudi. Meskipun anda sudah pandai mengemudi jika tetap gugup maka tidak ada gunanya kepandaian anda. Anda dapat mencontoh para sopir angkot yang cuek dan masa bodoh. Padahal mereka belum tentu mahir mengemudi.

Saran

  • Surat ijin mengemudi sangat penting dan harus anda miliki. Jangan mengemudi di jalan raya tanpa dibekali oleh surat ijin mengemudi ( SIM ) dan STNK kendaraan.
  • Hal lain yang harus anda perhatikan adalah rambu rambu lalu lintas. Pahami dan terjemahkan setiap perintah yang dituangkan dalam gambar di sepanjang jalan.
  • Ada baiknya anda juga memahami semua peraturan lalu lintas yang tertuang dalam undang undang nomor 22 tahun 2009 tentang berlalu lintas yang baik.

Mungkin ini yang anda cari

sae

37 Comments

Add a Comment
  1. terima kasih atas ilmunya ,aku skrg mulai belajar walaupun aq tak punya mobil aq mulai belajar sama teman ,semoga kita semua selamat sampai tujuan yang pastinya.

  2. tks tips nya, tp kenapa ya kalau ketemu macet atau lampu merah koq bawaannnya gugup, ujung2nya mati mesin……tp mmg mengemudi memerlukan keberanian dan percaya diri…..

    1. Mempunyai SIM dan kelengkapan surat kendaraan dapat menambah ketenangan. Cuek aja mbak, toh pengemudi lain menganggap anda sudah mahir mengemudi.

  3. Alhamdulillah..mobil walaupun bekas sdh terbeli…tinggal thp kemahairan yg masih kurang,terutama pada saat tanjakan dan posisi macet…(trimakasih atas solusi ttg trik menaklukan medan yg tanjakan)

    1. Salam buat monic. Untuk menghindari mesin mati mendadak ketika mau jalan ( hal ini sering terjadi pada mobil jenis manual ), maka sebaiknya tambah sedikit injakan gas anda. Sebelum mati biasanya mobil bergetar, sehingga ketika anda merasakan mobil mulai bergetar ( waktu mau jalan ) secepatnya tambah injakan gas sedikit saja.

  4. Msih blum bs ngilangin rasa grogi dan gugup ktika brhenti di lampu merah dlm keadaan macet.apalagi kalau macet ditanjakan,rasanya gugup ßƞĞϱ† trutama kalau diklakson oleh mobil lain :D

    1. Beri ruang secukupnya di depan dan di belakang (jangan terlalu dekat), namun usahakan motor tidak dapat masuk. Kurangi rasa grogi sambil makan permen misalnya. Jangan gunakan hand rem jika macet di tanjakan karena mobil akan sedikit mundur ketika hand rem dilepas (kecuali sudah mahir).

  5. Awal nya belajar mobil,aku pake di lapangan aja.. Untuk menghafal pindah gigi tanpa melihat porsneling nya,dan mencoba menghindari mesin mati.

  6. Info yg sngt berguna. Udh 2 hari ini sy belajar nyetir, krn keinginan suami sy. Hari prtama d lapangan, hari k dua d jln raya yg agak sepi. Alhamdulillah, saya pun jadi ketagihan nyetir. Antar setir, kpoling, rem dan gas seperti nya sdh menyatu dgn insting saya. Untuk memperlancar keahlian menyetir saya, akhirnya suami saya rela bekerja pakai motor.. :D. S’kali lg trimakasih atas info ny y Mbak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

percobaan
Berita Otomotif © 2014 Frontier Theme