Home >> Berkendara >> Tips aman mengendarai mobil waktu mudik lebaran

Tips aman mengendarai mobil waktu mudik lebaran

Waspada saat mudik lebaran. Setiap menjelang lebaran dapat dipastikan terjadi peningkatan volume kendaraan. Berikut petunjuk lengkap cara mengemudi mobil waktu mudik lebaran. Setiap menjelang lebaran dapat dipastikan terjadi peningkatan volume kendaraan. Baik kendaraan pribadi, kendaraan angkutan seperti bus dan juga kendaraan untuk logistik. Peningkatan kendaraan didominasi oleh mobil pribadi dan sepeda motor.

Peningkatan jalur jalur khusus seperti jalan pantura biasa terjadi setiap tahun saat sebelum dan sesudah hari raya. Sehingga keadaan ini tentunya memerlukan kewaspadaan dari semua pihak khususnya seorang pengemudi. Selain peningkatan jumlah kendaraan yang melewati jalur mudik, tidak dapat dipungkiri bahwa setiap tahun terjadi kecelakaan lalu lintas yang memprihatinkan, sehingga hal ini memerlukan tingkat kesadaran dan kesabaran saat mengemudi.

Sebaiknya seorang pengemudi mendahulukan keselamatan semua pihak, baik keselamatan sendiri maupun keselamatan pengendara lain. Untuk itu cek semua bagian bagian mobil terutama mesin dan bagian pendukung lainnya seperti kembang ban. Dengan demikian dapat memberikan kenyamanan dijalan dan keselamatan sampai tujuan. yuk ikuti cara belajar mengemudi mobil dengan cepat.

Pengemudi juga harus membekali diri dengan berbagai keahlian tambahan, seperti mendeteksi kerusakan, mampu mengambil keputusan cepat jika terjadi halangan diperjalanan, cara mengganti ban di tengah jalan, dan mengerti dan memahami rambu rambu lalu lintas. Meskipun anda membawa mobil baru tentunya tidak ada salahnya untuk tetap belajar cara memperbaiki mobil secara cepat, seperti belajar mengganti ban diperjalanan.

Meskipun arus mudik merupakan kegiatan rutin setiap tahun, namun selalu terulang hal hal yang seharusnya tidak terjadi seperti kecelakaan lalu lintas yang tentunya dapat dihindari. Bagaimanapun semua pihak harus mampu bekerja sama demi terciptanya rasa aman dan nyaman dijalan. Sopir kendaraan umum, sopir truk maupun bus, pengendara sepeda motor dan maupun pihak kepolisian seharusnya mampu bekerja sama dengan baik demi terciptanya suasanya perjalanan yang aman.

saat mudik lebaran

Perjalanan jarak jauh ( mudik ) tentunya memerlukan persiapan persiapan khusus, sehingga perjalanan anda akan merupakan perjalanan yang nyaman dan anda tidak terpengaruh dengan suasana jalan yang padat dan ramai. Berikut beberapa tips tentang bagaimana mengendarai mobil saat mudik lebaran :

  • Pastikan kendaraan anda telah dipersiapkan untuk perjalanan jarak jauh. Cek semua navigasi kendaraan anda. Periksa accu, tekanan angin ban. air radiator, minyak rem, power stering, dalam keadaan baik. Tambah jika diperlukan. Jangan lupa bawa persediaan untuk air radiator yang kemungkinan perlu penambahan di tengah jalan.
  • Periksa STNK dan SIM jangan sampai ketinggalan. Periksa juga perlengkapan kendaran anda, seperti : ban serep,segitiga pengaman, alat dongkrak, kunci roda, dan PPPK. Jika STNK sudah habis cepat perpanjang, Berikut cara perpanjang STNK.
  • Perjalanan jarak jauh tentunya berbeda dengan perjalanan jarak dekat, sehingga kenyamanan dan keamanan diperjalanan merupakan prioritas pertama. Sebaiknya tidak ada target lamanya perjalanan hingga ke tempat tujuan. Sebab perjalanan mudik tentu erat hubungannya dengan kemacetan.
  • Jangan paksakan diri jika anda mengantuk atau lelah, sebaiknya istirahat secukupnya. Anda dapat beristirahat pada saat masuknya waktu sholat. Pada jaur mudik sangat banyak tempat tempat ibadah ( masjid ) yang nyaman untuk menunaikan ibadah sholat.
  • Ada baiknya jika anda mempunyai sopir cadangan, sehingga dapat bergantian jika merasa lelah.
  • Perhatikan jarum BBM anda. Sebaiknya pengisian sebelum jarum menunjukkan dibawah 30%. Pada kenyataanya setiap SPBU terjadi antrian panjang dan kemungkinan anda akan kehabisan BBM. Hal paling baik adalah menjaga stok BBM dalam tanki selalu lebih dari 50%.
  • Waspada ketika akan mendahului kendaraan lain, karena arus lalu lintas sangat padat. Kecelakaan sering terjadi karena sopir menyalip tanpa perhitungan yang matang. Jangan menyalip di tikungan , jalan menanjak atau jalan menurun.
  • Kondisi cuaca yang tidak menentu dengan intensitas hujan yang tinggi tentunya dapat merusak aspal jalan, sehingga kemungkinan anda banyak menemukan jalan berlobang lobang. Dengan demikian kewaspadaan anda sangat diperlukan.

Yang perlu diperhatikan bahwa pengemudi mempunyai tanggung jawab yang amat besar untuk mengantarkan penumpangnya selamat sampai tujuan. Pengemudi juga wajib membuat perjalanan aman dan nyaman. Baca juga daftar harga motor yamaha terbaru.

loading...

Leave a Reply