Home >> Berkendara >> Tips aman mengemudi saat jalan macet

Tips aman mengemudi saat jalan macet

Kepiawaian pengemudi akan di uji saat melewati jalan macet. Ada beberapa tips sehingga anda aman saat melewati jalan macet. keamanan dijalan menjadi prioritas utama pengemudi. Mengemudi mobil di jalanan macet bersama Harga Mobil dan Motor. Bagi penduduk Jakarta dan sekitarnya jalanan macet merupakan pemandangan sehari hari. Keadaan demikian tentu sangat rawan terjadi kecelakaan lalu lintas terutama dengan mobil disekitar anda. Untuk menghindari jalan macet ada baiknya memasang GPS navigasi untuk menemukan rute jalan lain yang lebih aman. Bagaimana mengemudi mobil paling aman saat jalanan macet.

Kalau anda perhatikan dengan teliti sebagian besar mobil di JABODETABEK ada saja yang penyok, bahkan ada yang penyok cukup parah dan anehnya pemiliknya cuek saja. Bagian mobil yang paling sering tersenggol dan penyok adalah bagian belakang sedikit di atas bemper, atau kadang juga di bagian samping belakang. Seharusnya hal demikian dapat dihindarkan atau paling tidak anda mendapat sedikit penggantian meskipun tidak 100%. Namun yang terjadi justru hal hal yang sangat mengecewakan.

Sebenarnya sih namanya musibah tidak bisa dihindari namun paling tidak anda dapat meminimalisir. Itulah yang mendorong penulis untuk menulis artikel ini. Dengan antisipasi sebeumnya jika sampai benar benar mobil anda tersenggol maka paling tidak masih dapat penggantian dari penabraknya.

Sebenarnya agak aneh memang, lha kecelakaan kok dapat diminimalisir. Sesungguhnya musibah tidak dapat ditolak namun jika anda telah berusaha untuk menghindarinya maka mudah mudahan tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan selama dalam perjalanan. Dengan tidak berlama lama yuk kita lihat tips apa saja supaya aman mengemudi dijalan raya khususnya saat jalan macet.

Tips aman berkendara saat jalan macet

posisi aman saat berkendara

  • Jika tidak terpaksa dan dapat melewati jalur perjalanan yang lain maka disarankan untuk menghindari ruas jalan yang memang langganan macet.
  • Atur jarak aman mobil anda terutama dengan mobil bagian belakang dan samping.
  • Saat jalanan macet di jalur umum tentunya banyak pula kendaraan roda dua. Sepeda motor sering memasuki jalanan sempit di antara mobil. Usahakan celah mobil anda dengan mobil lainnya tidak dapat dimasuki sepeda motor, namun jarak mobil anda dengan mobil lainnya juga dalam jarak aman, paling tidak berjarak 40 cm.
  • Hindari bermacet ria dengan angkot ( angkutan umum ). Saat jalanan macet perhatikan sekeliling mobil anda dan hindari jika ada angkutan umum yang berada di sebelah belakang dan samping mobil anda.
  • Jauhkan mobil anda dari kontainer, truk, bus, dan kendaraan besar lainnya. Seperti kita tahu bahwa mobil mobil ukuran besar tersebut sangat rawan terjadi rem blong.
  • Jika perlu keluarlah ( suruh orang di samping anda )  untuk memperingatkan mobil di belakang yang sangat mepet, hal ini sangat mudah terjadi senggolan.
  • Jangan mengikuti irama mobil didepan anda dengan sangat sering maju stop maju stop. Paling tidak anda maju setelah mobil didepan anda berjarak 1 m atau lebih.

Tips aman berkendara saat jalan lancar

perjalanan di jalur tol
perjalanan aman di jalur tol

Kecelakaan justru sangat sering terjadi saat jalanan sedang lancar. Penyebab utama kecelakaan adalah rem blong, sopir mengantuk, sopir meleng, kendaraan putar arah, orang menyeberang, angkot berhenti semaunya, dan lain lain. Untuk itu antisipasi perjalanan anda dengan memperhatikan tips aman mengemudi berikut :

  • Atur jarak aman dengan mobil di depan anda. Sesuaikan jarak mobil anda dengan kendaraan didepan yang disesuaikan dengan kecepatan kendaraan anda. Jarak paling aman misalnya kecepatan mobil 60km/jam maka jarak amannya adalah 60m.
  • Hindari kendaraan besar seperti truk, bus, kontainer, dan lainnya berada di belakang anda, karena rawan rem blong dan sopir mengantuk.
  • Jangan sekali kali laju mobil anda zig zag karena akan membingungkan kendaraan lain.
  • Pastikan anda mendahului kendaraan lain dari sebelah kanan meskipun itu di jalan bebas hambatan.
  • Jangan parkir di bahu jalan terutama di jalan bebas hambatan, seperti kita tahu banyak pengemudi yang menyalip kendaraan lain dengan melalui bahu jalan.
  • Kasih kesempatan kendaraan lain untuk menyalip mobil anda.

Mengapa admin selalu memberikan petunjuk untuk menghindari angkutan umum, bus, truk, kontainer, dan kendaraan umum lainnya. Hal ini berdasarkan pengalaman bahwa sopir kendaraan umum sebagian besar dalam kondisi capek dan mengantuk sehingga mempunyai prosentase lebih besar jika dibandingkan dengan kendaraan pribadi. Dan jika sampai terjadi senggolan dengan mereka maka besar kemungkinan tidak ada penggantian meskipun anda benar. Pelajari juga cara parkir mobil yang cepat dan aman.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *