Home >> Berkendara >> Tips aman berkendara saat pulang kampung mudik lebaran

Tips aman berkendara saat pulang kampung mudik lebaran

Berkendara saat mudik lebaran memerlukan persiapan mental dan dana cukup. inilah tips cara aman mengemudi mobil ketika pulang kampung. Keselamatan saat berkendara jarak jauh merupakan prioritas paling utama. Aman saat berkendara jarak jauh terutama saat pulang kampung mudik lebaran menjadi hal yang sangat penting bagi pemudik.

Berikut tips aman berkendara jarak jauh. Saat lebaran kondisi jalan raya selama di perjalanan sangat padat. Dapat di pastikan hampir semua ruas jalan utama sangat ramai dan padat oleh kendaraan roda empat maupun roda dua. Keadaan demikian tentu sangat rawan terjadi kecelakaan lalu lintas.

Dalam keadaan jalan yang begitu padat tentu memerlukan tips dan trik tersendiri sehingga perjalanan mudik anda menjadi nyaman dan aman. Kenyamanan saat berkendara merupakan prioritas utama perjalanan anda. Untuk itu mempersiapkan segala sesuatunya tentu lebih berharga dari pada hal apapun, sebab persiapan anda sangat menentukan kenyamanan saat di perjalanan nantinya. Apa saja sih persiapan sebelum mudik lebaran. Yuk kita bahas lebih lanjut.

Beberapa persiapan mudik lebaran yang seharusnya anda perhatikan adalah :

  • Kelayakan kendaraan
  • Persiapan dana
  • Persiapan mental dan kesehatan

Kelayakan jalan

Kondisi mesin dan perlengkapan pendukung kendaraan anda merupakan hal yang sangat penting. Pastikan semua perlengkapan mobil anda dalam keadaan bekerja dengan baik. Mesin mobil harus prima dan tidak dalam kondisi sedang perawatan. Kelayakan jalan kendaraan anda dapat menciptakan kenyamanan saat pulang mudik nanti. Dapat anda bayangkan jika dalam perjalanan mobil anda mogok.

Perhatikan juga kembang ban dan pastikan masih layak pakai untuk perjalanan pulang pergi. Lebih baik ganti oli mesin sebelum menempuh perjalanan jauh, sebab saat mobil menempuh perjalanan jauh tentunya kondisi panas mesin akan meningkat.

perjalanan pulang kampung

Faktor kenyaman seperti shockbreaker sangat menunjang kenyamanan semua penumpang, sehingga ganti jika sudah tidak layak pakai ( shockbreaker mati ). Pastikan lampu sen, lampu rem, dan lampu semua indikator mobil bekerja dengan baik.

Pastikan anda mematuhi semua peraturan lalu lintas sebab itu modal utama anda. Ketenangan anda selama diperjalanan akan tercipta jika anda telah menjalankan semua peraturan lalu lintas. Jangan sekali kali memberikan kemudi pada mereka yang belum mempunyai SIM meskipun jalanan sedang sepi.

Persiapan dana

Besarnya dana yang anda bawa saat pulang mudik lebaran juga cukup penting. Sebab kita tidak tahu kelancaran dan halangan selama dalam perjalanan mudik. Namun demikian tidak disarankan untuk membawa seluruh uang anda, sebaiknya anda membawa secukupnya saja untuk sekali jalan, sedangkan sisanya ada baiknya dalam bentuk ATM. Dengan demikian jika ada sesuatu yang tidak di inginkan maka anda masih mempunyai sisa di ATM.

Persiapan mental dan kesehatan

Jaga kesehatan anda sebelum melakukan perjalanan jarak jauh seperti pulang mudik saat lebaran, sebab saat tiba waktunya membutuhkan tenaga dan kesehatan prima. Penting untuk diketahui bahwa perjalanan mudik lebaran pulang kampung khususnya dengan menggunakan kendaraan sendiri baik itu mobil atau motor sangat memerlukan persiapan mental dan kesehatan yang maksimal. Untuk itu persiapkan jauh jauh hari sebelumnya. Ada saran dan komentar silahkan bergabung disini.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *