Home >> Berkendara >> Sebaiknya mobil anda menggunakan lampu kabut warna kuning

Sebaiknya mobil anda menggunakan lampu kabut warna kuning

Lampu kabut warna kuning sangat membantu penglihatan anda saat hujan maupun ketika jalanan berkabut. Lampu kabut mobil sebenarnya sudah terpasang pada mobil anda, namun mempunyai cahaya putih. Lampu cahaya putih hanya berfungsi saat jalanan kering saja. Harga lampu kabut mobil tergantung dari jenis kendaraan karena model dan typenya berbeda.

Lampu kabut atau sering disebut sebagai Fog lamp atau lampu Fog adalah lampu tambahan yang di pasang pada bagian depan kendaraan. Namun demikian pemasangan lampu kabut ini tidak boleh sembarang dan harus menjalankan peraturan pemerintah. Sebenarnya sih setiap mobil generasi sekarang sudah dilengkapi dengan lampu kabut ( Fog Lamp ) namun cahaya yang di hasilkan warna putih seperti mobil toyota avanza.

Cahaya lampu putih hanya bermanfaat saat jalanan kering saja. Namun saat jalanan berkabut, hujan dan jalanan basah lampu kabut bawaan kendaraan tidak berfungsi sama sekali. Untuk itulah sebaiknya lampu fog lamp cahaya putih tersebut dapat diganti dengan yang kuning.

Pemasangan lampu kabut atau Fog lamp telah diatur dalam peraturan pemerintah yang tertuang dalam “Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2012 Tentang Kendaraan” yang harus dijalankan dan dipatuhi oleh setiap pengendara. Pada prinsipnya¬† PP No 55 tahun 2012 yang berhubungan dengan pemasangan lampu kabut adalah :

  • Pemasangan lampu kabut dalam sebuah kendaraan tidak wajib
  • Tidak dibenarkan memasang lampu kabut lebih dari satu pasang pada sebuah kendaraan
  • Pemasangan lampu kabut hanya untuk bagian depan kendaraan
  • Cahaya yang dihasilkan hanya cahaya kuning dan putih
  • Hasil pencahayaan lampu Fog tidak melebihi lampu utama kendaraan
  • Lampu kabut sebaiknya dipasang pada bagian bawah atau tengah dan tidak melebihi 80 cm dari permukaan tanah.
  • Saat dinyalakan lampu kabut tidak mengaburkan pandangan kendaraan lain

Keberadaan lampu kabut ini bukan diwajibkan dipasang pada setiap kendaraan, namun disarankan setiap pemilik mobil memasangnya. Karena fungsi lampu kabut ini adalah sangat membantu pandangan pengemudi saat malam khususnya saat jalanan berkabut, saat hujan, dan setelah hujan. Seperti kita tahu bahwa saat jalanan basah saja lampu utama kendaraan tidak berfungsi sama sekali dan sepertinya mobil kita tidak menggunakan lampu. Dengan tambahan lampu kabut maka penglihatan anda akan banyak terbantu.

lampu kabut mobil

Cara pemasangan lampu fog lamp ini juga dapat dibilang mudah. Asal anda mau berusaha sedikit saja sudah terpasang itu lampu kabut. Di pedagang aksesoris mobil banyak di jual bentuk dan model lampu kabut yang sama dan sesuai untuk setiap type kendaraan, sehingga jika pemasangan lampu kabut ini tidak pas, maka berarti anda salah memilih lampu kabut.

Loading...

Harga lampu kabut lumayan mahal juga, untuk sepasang lampu kabut mobil xenia dapat dihargai sekitar 600 ribuan sepasang. Namun jika dibandingkan dengan fungsinya saat malam hari saya rasa tidak seberapa mahal. Dapat anda bayangkan saat hujan anda akan kelabakan mengemudi jika kendaraan tidak dilengkapi dengan lampu kabut kuning, bahkan saking parahnya jalanan jarak satu meter saja tidak kelihatan. Anda memiliki mobil mazda, ini alamat dealer resmi mazda di Indonesia.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *