Home >> Berkendara >> Pilih mana antara ban tubeless atau ban tube type pada sepeda motor

Pilih mana antara ban tubeless atau ban tube type pada sepeda motor

Bagi pemilik sepeda motor tentunya akan sedikit kebingungan untuk menggunakan ban model tubeless atau lebih baik dengan ban tube type atau sering disebut sebagai ban biasa atau juga ban konvensional. Ada perbedaan yang cukup signifikan dan anda tentunya juga sangat paham, bahwa ban tubeless tanpa ban dalam, sedangkan pada ban tube type menggunakan ban dalam. Namun ban jenis mana yang sebaiknya anda terapkan pada sepeda motor kesayangan anda. Harga mobil dan motor akan membahas secara lengkap dan jelas agar supaya anda tidak ragu lagi dalam memilih jenis ban untuk sepeda motor.

Sebagaimana diketahui bahwa penggunaan jenis ban ini harus tepat bagi setiap pemilik sepeda motor. Untuk itulah pabrik ban kendaraan ini memproduksi dua jenis ban agar supaya konsumen seperti anda mempunyai pilihan yang disesuaikan dengan kepentingan penggunanya masing masing, sehingga bisa jadi setiap pemilik sepeda motor mempunyai pendapat yang berbeda dan bahkan mungkin saling berlawanan.

Seperti diketahui bahwa kedua sifat dan prosedur pembuatan antara ban jenis tubeless dengan ban jenis tube type ini berlainan dan pabrikan ban kendaraan tahu akan hal ini. Toh pada nantinya keputusan akhir tentu terletak pada anda sebagai konsumen. Namun demikian sebelum anda memutuskan untuk memilih salah satu jenis ban tersebut, tentu akan lebih jika paling tidak melakukan uji kelayakan terlebih dahulu, sehingga perjalanan anda dengan sepeda motor menjadi lebih mantap.

Kalau berpatokan pada harga, tentunya kurang tepat sebab secara umum harga ban tubeless tidak terpaut terlalu jauh bahkan hanya selisih beberapa ribu saja dari pada harga ban tube type, sehingga tidak bisa dijadikan alasan yang cukup kuat. Namun demikian bisa juga biaya keseluruhan masih dapat dijadikan pertimbangan terutama bagi kita yang mempunyai penghasilan pas pasan ini, sehingga kenyamanan menjadi nomor kesekian.

Sebelum melangkah lebih jauh ada baiknya anda memahami apa itu ban tubeless, sehingga dapat membayangkan keuntungan maupun kerugiannya saat anda gunakan. Dari segi bahan pendukungnya tentunya ban jenis tubeless lebih padat dan keras, sedangkan ban jenis tube type lebih elastis, sehingga tingkat kenyamanan dalam berkendara tentu akan lebih terasa.  Untuk lebih lengkapnya anda bisa membaca kembali perbedaan antara ban tubeless VS ban tube type.

tubeless VS tube type

Lantas bagaimana sebaiknya jenis ban yang harus anda gunakan. Dan ada juga pendapat yang mengatakan bahwa untung apa rugi jika anda menggunakan ban tubeless, tentunya hal ini harus dilihat dari sudut pandang yang mana, sebab nantinya kesimpulannya jelas akan berbeda dan saling berlawanan. Untuk itu marilah kita pahami dari segi penggunaannya saja.

Nah sesuai dengan tingkat perekonomian masyarakat kita yang cenderung ekonomi menengah ke bawah, maka faktor biaya tentunya menjadi prioritas utama dan mengesampingkan sedikit faktor kenyamanan. Namun demikian tentunya anda akan berfikir lain jika rute jalan yang sering anda lewati memang cukup signifikan, seperti jalanan perkotaan dibandingkan dengan jalanan perkampungan tentu sangat berbeda.

Nah tabel berikut bisa anda jadikan pertimbangan untuk memakai ban tubeless atau justru lebih baik dengan ban biasa dengan ban dalam.

Total biaya yang anda keluarkan hingga kepenggantian berikutnya

ban tubeless Secara umum hanya mengeluarkan biaya sekali yakni saat penggantian ban
Ban biasa Selain biaya saat penggantian ban, juga terkadang di tambah dengan biaya tambal ban maupun biaya penggantian ban dalam

Jalanan perkotaan yang cenderung rata dan mulus

Ban tubeless Nyaman digunakan namun tetap waspada saat digunakan untuk meliuk liuk
Ban biasa Sangat nyaman dan tidak mudah tergelincir, bahkan cukup aman saat menikung

Jalanan pedesaan yang cenderung rusak

Ban tubeless sangat tidak nyaman karena kondisi ban cenderung keras
Ban biasa cukup nyaman karena sisi luar ban cukup lembut

Faktor keselamatan di jalan raya

Ban tubeless Cenderung lebih aman karena sangat kecil terjadi ban kempes
Ban biasa Tetap waspada karena setiap saat bisa saja terjadi kempes ban yang mengakibatkan laju kendaraan oleng

Meskipun ban tubeless cenderung lebih keras namun jika anda menggunakan isi angin nitrogen tentunya akan sedikit lebih nyaman dan tidak mudah terjadi panas saat digunakan untuk jarak jauh. Semoga bermanfaat.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *