Home >> Berkendara >> Petunjuk konsumsi bahan bakar mobil maupun motor lebih efisien

Petunjuk konsumsi bahan bakar mobil maupun motor lebih efisien

advertisements

Bagaimana cara membuat konsumsi bahan bakar kendaraan khususnya mobil dan motor lebih efisien. Berbagai cara dilakukan supaya pemakaian bahan bakar mobil lebih irit. Bahkan sebagian besar masyarakat memilih jenis sepeda motor irit BBM. Hal ini cukup beralasan sebab harga bahan bakar terus mengalami kenaikan harga.

Boros tidaknya konsumsi bahan bakar kendaraan juga dapat ditentukan olehbagaimana cara anda mengemudi kendaraan. Kondisi jalan yang macet sudah dapat dipastikan akan menambah pemakaian bahan bakar secara signifikan. Untuk itu pertimbangkan untuk melalui jalan bebas hambatan ( jalan tol ) dari pada lewat jalan biasa yang cenderung macet.

Meskipun demikian pada saat saat tertentu jalan bebas hambatan juga kadang mengalami kemacetan, seperti saat lebaran, pada jam jam sibuk yang biasanya saat berangkat dan pulang jam kantor. Dengan demikian tentu anda dapat memperhitungkan kapan sebaiknya melewati jalan jalan tertentu termasuk melalui jalan tol.

Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat membantu anda untuk menghemat penggunaan bahan bakar mobil maupun motor. Berikut tips cara mengurangi konsumsi bahan bakar kendaraan :

1. Pertimbangkan hanya menggunakan mobil atau motor anda hanya untuk perjalanan jauh, paling tidak untuk perjalanan 30 menit ke atas. Untuk perjalanan dekat seperti sekitar lingkungan anda sebaiknya dengan bersepeda yang justru dapat meningkatkan kesehatan anda. Pemakaian bahan bakar untuk perjalanan singkat ( 5 hingga 10 menit ) justru menunjukkan konsumsi bahan bakar paling boros, sebab kondisi mesin masih dingin.

konsumsi bahan bakar

2. Mengemudi kendaraan baik itu mobil maupun sepeda motor dengan menyesuaikan gigi transmisi sesuai dengan tingkat kecepatan akan membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien dan tentu saja irit BBM. Gigi transmisi rendah pada kecepatan tinggi atau sebaliknya akan menambah penggunaan bahan bakar kendaraan meningkat.

3. Saat menggunakan mobil transmisi matic sebaiknya injak gas secara perlahan seiring dengan laju mobil. Injakan gas langsung dalam tidak serta merta menambah kecepatan mobil sejajar dengan konsumsi bahanĀ  bakar. Justru pemborosan yang anda dapatkan.

4. Mengemudi dengan terburu buru akan berakibat pada semakin sering anda menginjak gas dan juga menginjak rem. Cara mengemudi yang baik dan irit bahan bakar adalah seminimal mungkin menginjak rem. Sehingga saat berada pada jalan macet sebaiknya anda memperhitungkan sejauh mana injakan gas menjalankan mobil anda. Pada kebanyakan kasus saat berada di jalan macet sering kali menginjak gas dalam dalam dan diikuti oleh injakan rem karena jarak tempuh yang pendek.

5. Saat anda akan bepergian maka tidak perlu melakukan pemanasan kendaraan cukup lama. Pemanasan kendaraan berarti membuang bahan bakar. Pada mobil generasi baru tidak perlu melakukan pemanasan kendaraan berlama lama, cukup 2 hingga 3 menit saja. Pada beberapa lampu merah kadang anda menunggu cukup lama sehingga anda sebenarnya dapat mematikan kendaraan anda.

6. Penggunaan bahan bakar kendaraan paling irit adalah saat gigi transmisi terakhir ( paling besar ) dan kecepatan 70 km/jam hingga 80 km/jam. Kecepatan mobil lebih dari 90 km/jam akan meningkatkan pemakaian bahan bakar 25% lebih banyak.

7. Sesuaikan penumpang dan barang bawaan dengan kemampuan mobil anda. Kelebihan beban dapat meningkatkan penggunaan bahan bakar dan.

8. Perhatikan tekanan angin mobil atau motor anda. Berkendara dengan tekanan angin kurang dari rekomendasi akan membuat peningkatan bahan bakar karena laju kendaraan lebih berat.

9. Gunakan AC mobil anda pada saat saat tertentu saja. Saat mobil parkir di bawah terik matahari, maka sebaiknya jangan langsung menghidupkan AC karena justru tidak bermanfaat. Tindakan paling baik adalah membuka seluruh jendela saat mulai berjalan. AC mobil akan cepat rusak jika udara di dalam ruangan dalam kondisi panas.

10. Jangan remehkan perawatan mobil secara berkala. Dengan perawatan secara teratur dapat menjaga performa mesin tetap prima dan tentu pemakaian bahan bakar lebih efisien dengan mobil yang sehat.

Demikian petunjuk dan tips supaya konsumsi bahan bakar mobil maupun motor anda lebih hemat dan efisien serta irit bahan bakar, semoga bermanfaat.

loading...

Leave a Reply